Bacaan Sholat

Bacaan Sholat – Sholat merupakan salah satu dari rukun islam yang lima, yang bila salah satunya ditinggalkan maka batallah keislaman seseorang.

Mengingat begitu pentingnya sholat ini, maka setiap muslim wajib memahami dengan baik hal-hal terkait dengan sholat ini.

Salah satu hal yang wajib menjadi perhatian besar bagi setiap muslim ialah bacaan sholat, karena sangat erat kaitannya dengan kesempurnaan sholat, bahkan sah atau tidaknya sholat.

Bacaan Sholat Lengkap

Bacaan sholat ini merupakan salah satu bagian sholat yang sangat penting untuk diperhatikan.

Hal itu, karena dengan meninggalkan beberapa bacaan dalam sholat, kesempurnaan sholat akan berkurang, bahkan sholat bisa batal.

Misalnya bila seseorang sholat dan meninggalkan bacaan surat Al-Fatihah, maka sholatnya batal sebab membaca surat Al-Fatihah merupakan salah satu rukun sholat.

Sedangkan meninggalkan rukun sholat, akan membatalkan sholat, baik sengaja ataupun tidak sengaja meninggalkannya.

Berikut pembahasan mengenai bacaan-bacaan sholat:

1. Hukum Takbir

Dalam buku Bidayatul Mujtahid Ibnu Rusyd berkata, “Kalangan ulama berbeda pendapat dalam hal takbir menjadi tiga kelompok.

Kelompok pertama berpendapat bahwa semua takbir dalam sholat itu wajib. Kelompok kedua berpendapat bahwa tidak semua takbir dalam sholat itu wajib.

Kelompok yang ketiga berpendapat bahwa hanya takbiratul ihram saja yang wajib. Pendapat yang ketiga ini adalah pendapat jumhur ulama.

Penyebab perbedaan pendapat ini antara fuqaha yang mewajibkan seluruh takbir dengan fuqaha yang hanya mewajibkan takbiratul ihram adalah kontradiksi antara sabda Nabi Shallallahu alihi wa sallam dan perbuatan beliau.

2. Bacaan Takbir

Bacaan takbir harus diucapkan dengan bahasa Arab sebab Nabi shallallahu alihi wa sallam mengucapkannya dengan bahasa Arab, karena Nabi Shallallahu alaihi wasallam mengatakan bahwa sholatlah kalian sebagimana kalian melihatku sholat.

3. Doa Iftitah

Menurut pendapat yang kuat, membaca doa iftitah dalam sholat hukumnya wajib, baik dalam sholat wajib maupun dalam sholat sunnah.

Ketika seseorang mengerjakan sholat, ia diharuskan membuka sholatnya dengan doa ifttah detelah ia mengucapkan takbir sebelum membaca Surat Al-Fatihah.

Adapun dalam sholat jenazah maka sebagian ulama mengatakan tidak disyari’atkan membaca doa iftitah dan sebagian yang lain mengatakan bahwa disyari’atkan doa iftitah dalam sholat jenazah.

Mengenai kedua pendapat ini, Abu Malik dalam bukunya Shahih Fiqhussunnah mengatakan bahwa pendapat yang rajih adalah yang pertama (tidak disyari’atkan doa iftitah dalam sholat jenazah).

Baca Juga:
• Bacaan Sholat Tahajud

4. Membaca Isti’adzah

Memabaca isti’adzah ialah membaca audzubillahi minasy-syaithanirrajim. Mengenai hukum membaca isti’adzah ini, para fuqaha terbagi dua pendapat.

Pendapat pertama mengatakan bahwa isti’adzah adalah wajib, dan ini adalah pendapat yang rajih (kuat) menurut Abu Malik dalam buku Shahih Fiqhussunnah.

Yang berpendapat wajibnya isti’adzah adalah Atha’, Ats-Tsur, Al-Auza’i, Daud dan Ibnu Hazm dari riwayat Ahmad. (Al-Muhalla: 3/247)

Sedangkan jumhur ulama berpendapat bahwa isti’adzah adalah sunnah, namun tidak demikian dengan Imam Malik. (Ibnu Abidin: 1/328)

Beberapa redaksi Isti’adzah

Disyari’atkan membaca isti’adzah sebelum membaca ayat Al-Qur’an dan sighatnya adalah sebagai berikut:

1. أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَيْطَانِ الرَجِيْمِ

“Aku berlindung kepada Allah dari syaithan yang terkutuk”

2. أَعُوْذُ بِاللهِ السَّمِيْعِ العَلِيْمِ مِنَ الشَيْطَانِ الرَجِيْمِ

“Aku berlindung kepada Allah yang maha mendengar lagi maha mengetahui dari syaithan yang terkutuk”

3. أَعُوْذُ بِاللهِ السَّمِيْعِ العَلِيْمِ مِنَ الشَيْطَانِ الرَجِيْمِ مِنْ هَمْزِهِ وَنَفْشِهِ

“Aku berlindung kepada Allah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari syaithan yang terkutuk dari godaannya, hembusannya dan bisikannya” Lihat Al-Irwa’ (342)

Ibnu Qudamah berkata dalam Al-Mugni (2/146), “Lingkup bacaan ini beragam, dan manapun yang dibaca adalah baik.”

5. Membaca Basmalah

6. Membaca Surat Al-Fatihah

Baca Juga:
• Bacaan Sholat Witir

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.