Ide Bisnis Online

Bisnis online – Berbisnis memang membutuhkan berbagai trik untuk menunjang keberhasilan bisnis tersebut. Salah satunya ialah bisnis online yang sekarang ini banyak digandrungi oleh pebisnis muda.

Tak hanya mereka yang muda saja tergiur dengan besarnya laba yang didapat dari bisnis online, tapi banyak orang tua yang ikut terjun didalamnya.

Jika kamu salah satu penggemar bisnis online dan ingin tahu bagaimana cara menjalankan bisnis tersebut, maka simak saja beberapa bisnis online dibawah ini.

1. Bisnis Di Website Sendiri

Agar bisnis anda lebih maju dan bertambah pesat, sebaiknya gunakan sebagian penghasilan untuk membuat bisnis di website sendiri.

Cara ini bisa memperkuat branding produk kamu yang selama ini kamu jual. Keuntungan yang akan kamu dapat dari membangun website sendiri juga sangat banyak.

Website yang dibangun dengan maksimal akan membuat bisnis yang dijalankan tampak lebih profesional.

Dengan begitu, konsumen yang melihatnya akan lebih percaya dan tertarik untuk membeli produk kamu.

Namun, bila kamu tak punya keahlian membangun website, maka serahkan saja pada orang yang ahli dalam bidang ini.

Tetapi jika kamu sudah ahli dalam bidang website, kemudian ingin tahu bagaimana cara pembuatan toko online, maka kamu bisa menggunakan beberapa platform misalnya:

Shopify.co.id
Sirclo.com
webraktis.com.

2. Jual Produk Di Marketplace

Setelah kamu menguasai penjualan dalam bidang online, sekarang saatnya jual produk di marketplace.

Disinilah dimana banyak orang berkumpul dan melakukan transaksi jual beli. Disini juga bisa dijadikan untuk penjualan barang maupun pencarian barang.

Marketplace juga sering disebut sebagai pasar online yang punya konsep seperti pasar tradisional.

Yang membedakan hanyalah kamu harus menggunakan koneksi internet untuk mengakses marketplace ini.

Ada banyak sekali marketplace yang ada di Indonesia. Kamu juga bisa membuatnya sebagai pengenalan produk. Jika sudah stabil, maka kamu baru bisa membuat toko online.

Bagi marketplace yang punya reputasi baik serta dikenal luaspara pebisnis online, tentu transaksinya semakin hari semakin meningkat seperti Tokopedia, Bukalapak, OLX, Kaskus FJB, eBay (internasional), serta lainnya.

3. Jual Beli Di Media Sosial

Para pebisnis saat ini banyak yang menggunakan media sosial untuk memasarkan produknya. Pasalnya media social adalah media yang sangat bagus untuk memasarkan produk.

Jika kamu belum memiliki toko, kamu juga bisa ikut memasarkan produk orang lain disini.

Dengan begitu, kamu akan memperoleh laba dari penjualan yang kamu lakukan.

Ada banyak media yang bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan produk kamu, diantaranya ialah facebook, instagram, ataupun twitter.

Berbagai produk bisa kamu jual disini mulai dari produk sehari hari hingga jasa pun bisa ditawarkan disini.

Tak perlu ada stok barang dirumah kamu pun sudah bisa berjualan menawarkan produk milik orang lain yang menjadi supplier kamu.

4. Sistem Dropship Jual Beli Di Media Sosial

Sistem dropship ini sudah tidak asing lagi didunia jual beli online. Disini kamu akan menjualkan produk orang lain dan mengatasnamakan toko online kamu. Sehingga dirumah tidak ada barang yang distok ataupun toko.

Inilah kemudahan yang bisa kamu ambil dari system dropship ini. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal hanya butuh ponsel android dan koneksi internet.

Kamu bebas menawarkan produk supplier melalui akun media social yang kamu miliki. Misalnya akun facebook, akun instagram, BBM ataupun lainnya.

Kamu juga bisa menaikan harga sesuai dengan keinginan namun jangan terlalu tinggi. Supaya barang yang kamu tawarkan bisa laku dengan keras. Pilihlah supplier tangan pertama supaya laba yang didapat lebih besar.

5. Bisnis Afiliasi

Untuk kamu yang punya website dan memiliki pengunjung sangat tinggi, silahkan coba menggunakan afiliasi untuk mendapat penghasilan tambahan.

Konsep bisnis ini juga dikenal sebagai istilah affiliate marketing. Artinya memasarkan atau mempromosikan prosuk punya orang lain.

Ini berarti jika ada konsumen membeli produk lewat kamu ataupun karena saran yang kamu berikan, dengan begitu, komisi akan kamu dapatkan dari sini. Konsep kerja bisnis ini ada 3 tahap.

Pertama, jika kamu selaku pemilik website akan melakukan registrasi pada penyedia program afiliasi.

Selain itu, bagi penyedia program afiliasi juga juga punya website yang menjual produk via online.

Yang kedua, bila pengajuan yang kamu lakukan disetujui, pemilik website memperoleh kode afiliasi, yang kemudian kode tersebut akan dipasang pada website yang memunculkan iklan.

Yang ketiga, bila ada pembeli dari referensi web kamu, maka komisi akan kamu dapatkan dari penyedia afiliasi tersebut.

Keuntungan program afiliasi ini ialah member komisi yang sangat besar daripada menayangkan iklan di website.

Meskipun begitu, kadang menggiring pengunjung agar mau beli produk juga lebih sulit daripada membuat pengunjung mengakses ataupun meng-klik iklan tersebut.

Sedangkan untuk kekurangannya ialah minimnya penyedia konsep afiliasi web lokal tepercaya.

Sehingga jika website kamu menggunakan bahasa inggris untuk bahasa pengantarnya, maka kesempatan akan terbuka lebar bagi kamu.

Meskipun kendala yang akan kamu hadapi juga lebih sulit yakni membujuk konsumen berbahasa inggris.

Jika kamu punya kemampuan bahasa inggris yang bagus, maka kendala tersebut akan teratasi.

6. Jasa Pembuatan Konten Website

Terdapat survey yang sangat menarik menunjukkan sangat pentingnya mengelola artikel ataupun content dengan professional.

Survey tersebut menghasilkan Sekarang ini, mencapai 89% bisnis startup memakai content marketing.

Selanjutnya ada 71% tidak membuat content marketing dengan alasan tak ada waktu membuat content.

Ini berarti bisnis jasa pembuatan content website sangat terbuka lebar.

Dari survey diatas, kamu bisa melihat potensi yang penghasilan dan imbal balik dalam bisnis ini.

Untuk para pebisnis yang kreatif serta jeli melihat peluang, maka content marketing adalah metode pemasaran online terbaik.

7. Penulis Lepas

Sekarang ini bisnis penulis lepas sangat populer dan banyak yang memilih bisnis ini sebagai salah satu bisnis sampingan mereka.

Dari sekian banyak situs yang ada, tentu semuanya memerlukan tulisan ataupun artikel yang akan membuat gemuk website yang dijalankannya. Artikel tersebut dibuat agar mudah ditemukan search engine.

Reputasi website juga ditentukan oleh adanya informasi produk serta tulisan yang berkualitas.

Menariknya lagi, tak semua penulis dapat menulis artikel yang berkualitas.

Dimulai dari sini kamu bisa melihat peluang bisnis yang menjanjikan untuk dijalankan. Apalagi jika kamu adalah seorang penulis.

Pilihlah tingkatan penulis berdasarkan keahlian atau pengalaman kamu dibidang ini.

Untuk pemula, biasanya harga yang ditawarkan agak murah dengan tujuan untuk menarik pelanggan sebanyak banyaknya.

Selanjutnya ialah penulis tingkat lanjut yakni penulis yang sudah banyak pengalamannya disertai keahlian yang tinggi dalam bidang tertentu.

Biasanya tarif yang diberikan dari penulis ini lebih tinggi dibandingkan penulis pemula.

Untuk media promosi jasa yang kamu tawarkan, sebaiknya milikilah blog yang bisa kamu isi dengan tulisan tulisan kamu. Tujuannya supaya calon klien menilai tulisan kamu.

itulah beberapa jenis bisnis online yang sangat menguntungkan dan bisa dijalankan tanpa modal besar atau bahkan tanpa modal.

Segeralah mulai memulai bisnis online yang sesuai dengan minatmu. Semoga sukses

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.