Cara Mengatasi Wajah Berminyak Alami

Cara Mengatasi Wajah Berminyak Alami – Wajah berminyak dapat menjadi sumber dari bermacam-macam masalah.

Oleh sebab itu, kamu perlu tahu cara mengatasi wajah berminyak untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat.

Wajah berminyak dapat menyebabkan munculnya jerawat dan membuat kulit kusam. Hal tersebut dapat mengganggu penampilan. Berikut cara mengurangi minyak di wajah.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

1. Gunakan make up seperlunya saja

cara mengatasi wajah berminyak secara alami

Make up adalah hal yang tidak bisa diabaikan. Dalam berbagai acara penting atau sekadar hang out, wanita khususnya tidak pernah lepas dari make up.

Namun, pernahkah terpikir bahwa make up tebal dapat memperparah kondisi wajah berminyak? Hati-hatilah jika kamu menggunakan make up setiap harinya.

Make up tebal untuk setiap acara dapat menyebabkan kulit berminyak semakin banyak memproduksi minyak. Parahnya, hal tersebut dapat membuat kulit menjadi kusam dan berjerawat.

Cara mengatasi wajah berminyak pertama adalah menggunakan make up seperlunya.

Apabila kamu akan menghadiri acara penting, kamu bisa menggunakan make up yang sedikit tebal.

Namun, apabila kamu sekadar jalan-jalan atau pergi ke kantor, lebih baik gunakan make up ringan. Hal ini dapat membuat kulitmu bisa lebih bernapas.

Selain itu, menggunakan make up seperlunya akan membuatmu lebih mudah dalam membersihkan wajah.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir wajah masih kotor sebelum kamu tidur.

2. Gunakan krim pembersih yang tepat

Cara menghilangkan wajag berminyak

Selain make up, kamu juga perlu mempertimbangkan penggunaan skin care.

Penggunaan skin care yang tidak tepat dapat membuat kulitmu tidak terjaga dengan baik atau malah memperparah.

Skin care yang pasti digunakan setiap orang adalah krim pembersih. Pilihlah krim pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Jika berminyak, gunakan krim pembersih khusus wajah berminyak.

Cara mengatasi wajah berminyak satu orang bisa berbeda dengan orang lain.

Apabila kerabatmu cocok menggunakan suatu krim pembersih, belum tentu kamu akan bisa menggunakannya.

Bahkan beberapa individu tidak cocok saat menggunakan krim pembersih khusus wajah berminyak.

Kamu perlu mencoba beberapa krim pembersih sebelum menemukan krim yang tepat.

Tanda bahwa kamu berhasil menggunakan krim pembersih yang tepat adalah kondisi wajahmu menjadi lebih sedikit berminyak. Tidak hanya itu, kulit wajahmu akan terlihat lebih bersinar.

Apabila sudah menemukan krim pembersih yang tepat, maka lebih baik gunakan krim pembersih tersebut terus. Jangan sering mengganti suatu produk agar tidak terjadi breakout.

3. Jangan menggunakan sunscreen yang mengandung minyak

Sunscreen sangat diperlukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sunscreen harus digunakan dan diaplikasikan kembali jika kamu banyak berkegiatan di luar ruangan.

Efek penggunaan sunscreen adalah membuat kulit wajah menjadi tidak kusam.

Selain itu, sunscreen dapat menjaga kulit dari efek negatif paparan sinar matahari seperti kanker kulit.

Memilih sunscreen merupakan hal penting sebab beberapa kandungan di dalamnya mungkin tidak akan cocok dengan wajah berminyak. Kamu perlu berhati-hati saat memilih sebuah produk.

Kandungan yang pasti kamu hindari adalah minyak. Apabila wajahmu termasuk wajah berminyak, maka jangan gunakan sunscreen yang mengandung minyak.

Hal tersebut dapat membuat jumlah minyak di wajahmu bertambah. Inilah cara mengatasi wajah berminyak yang terkadang diabaikan oleh banyak orang.

Kamu bisa mencari informasi mengenai sunscreen yang tidak mengandung minyak di situs resmi produk sunscreen atau berdasarkan testimoni pengguna lain.

Sama seperti mencari krim pembersih yang tepat, mencari sunscreen yang sesuai untuk wajah berminyak membutuhkan waktu dan ketelatenan. Perhatikan dengan baik kandungan sunscreen.

4. Gunakan strawberry dan madu

Strawberry merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Mengkonsumsi buah strawberry secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu menutrisi kulit. Konsumsi strawberry secara rutin dapat membuat wajah terlihat lebih cerah dan produksi minyak berkurang.

Kandungan lain dalam strawberry adalah antioksidan. Antioksidan berfungsi menangkap radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Berkurangnya radikal bebas dapat mengurangi minyak di wajah.

Tidak hanya strawberry, kamu juga bisa mengkonsumsi madu. Madu mengandung berbagai senyawa yang membantu merawat kulit dari dalam.

Cara mengatasi wajah berminyak dapat dilakukan dengan mengkombinasikan strawberry dan madu dan dibuat jus. Keduanya dapat bekerja sama membantu menghasilkan kulit yang sehat.

Pertama, pilihlah buah strawberry segar. Kamu bisa menggunakan 1 pak strawberry segar yang berisi sekitar 15 sampai 20 buah. Cucilah terlebih dulu sampai bersih dengan air mengalir.

Bersihkan buah strawberry dari daunnya. Masukkan buah strawberry tersebut ke dalam blender. Kamu bisa menambahkan sekitar 5 sendok makan madu ke dalam blender.

Mulailah mencampur dan tunggu sampai jus jadi. Kamu bisa mengkonsumsi jus strawberry madu ini seminggu sekali untuk mendapatkan kulit bebas minyak.

5. Masker dari putih telur dan bubuk coklat

Putih telur dan bubuk coklat merupakan kombinasi bahan alami yang cocok digunakan sebagai cara mengatasi wajah berminyak. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah kapan saja.

Putih telur mengandung protein dan berbagai mikronutrien yang berfungsi menekan produksi minyak di kulit.

Bubuk coklat juga dapat mengurangi minyak karena mengandung antioksidan.

Untuk membuat masker putih telur dan bubuk coklat, kamu perlu menyiapkan kedua bahan tersebut. Pisahkan putih telur dan tempatkan di wadah bersih.

Kocok putih telur sampai rata. Setelah itu, tambahkan 2 sendok makan bubuk coklat.

Kamu bisa menggunakan bubuk coklat merk apa saja. Kocok lagi sampai mengental dan membentuk pasta.

Sebelum mengaplikasikan masker, lebih baik cuci wajah terlebih dulu agar mendapatkan hasil maksimal. Oles masker secara merata ke wajah. Diamkan selama 15 menit atau sampai kering.

Bilas masker menggunakan air hangat. Keringkan dengan perlahan menggunakan handuk bersih. Kamu akan merasakan kulitmu terasa lebih kasar dan halus.

Lakukan hal ini secara rutin, minimal seminggu sekali. Kamu bisa melakukannya saat malam hari sebelum tidur.

6. Gosok dengan irisan mentimun

Mentimun sering ditemui sebagai pelengkap hidangan. Rupanya mentimun dapat dimanfaatkan untuk hal lain. Mentimun memiliki khasiat menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, mentimun dapat membantumu mengurangi produksi minyak di wajah. Cara mengatasi wajah berminyak dengan mentimun sangat mudah dilakukan dan praktis.

Mentimun memiliki kandungan air tinggi yang dapat membantu membuat wajah terlihat lebih segar. Kamu perlu menyiapkan sebuah mentimun dan menyimpannya di kulkas.

Setelah mentimun menjadi dingin, iris mentimun menjadi tipis-tipis. Gosokkan irisan mentimun tersebut ke wajah, khususnya area yang berminyak misalnya area sekitar dahi dan hidung.

Irisan timun dingin dapat mengurangi minyak dengan menutup pori-pori di wajah. Selain itu, wajah akan terlihat segar dan tidak kusam jika kamu menggunakan irisan mentimun.

Kamu bisa melakukan kegiatan ini rutin setiap malam sesaat sebelum tidur. Hasilnya dapat kamu rasakan saat bangun keesokan harinya.

7. Gunakan masker strawberry dan madu

Siapa yang tidak menyukai strawberry? Buah beri merah ini dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus buah yang segar. Kamu dapat merasakan manfaat strawberry untuk kulit.

Cara mengatasi wajah berminyak dengan strawberry dilakukan dengan mengkombinasinya bersama madu. Keduanya dapat diolah menjadi masker wajah berminyak.

Strawberry mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi yang sangat baik untuk wajah berminyak.

Madu membantu mengecilkan pori-pori di wajah sehingga meminimalisasi minyak.

Pertama, siapkan buah strawberry segar. Kamu bisa menggunakan 3 sampai 5 buah.

Cuci bersih strawberry dengan air mengalir. Tumbuk strawberry sampai halus dan membentuk pasta.

Tambahkan 1 sendok makan madu di pasta strawberry dan aduk sampai tercampur rata. Aplikasikan masker ke wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.

Penggunaan masker strawberry dan madu dapat dilakukan sebagai cara mengatasi wajah berminyak seminggu 2 sampai 3 kali untuk mendapatkan hasil maksimal.

Efek lain yang dapat kamu rasakan saat menggunakan masker strawberry dan madu adalah kulit menjadi lebih cerah dan terhidrasi dengan baik. Hal tersebut dapat membuat wajah tampak sehat.

8. Lakukan facial steam sendiri dengan rutin

Facial steam adalah cara mengatasi wajah berminyak yang praktis dan dapat dilakukan kapan saja. Kamu bisa melakukannya saat memiliki waktu luang.

Facial steam dapat membuat wajahmu menjadi lebih rileks. Perasaan nyaman juga akan membuat pikiran dan hati lebih tenang. Cara ini sangat cocok dilakukan ketika kamu bersantai.

Fungsi facial steam adalah mengeluarkan kotoran atau zat lain yang menyumbat pori-pori di kulit.

Selain itu, facial steam dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

Persiapan yang perlu dilakukan sangat mudah. Siapkan air hangat yang ditempatkan di wadah besar. Kamu bisa menggunakan baskom agar lebih mudah.

Posisikan wajahmu beberapa cm di atas baskom agar merasakan uapnya. Sesekali jauhkan wajahmu dari baskom ketika kamu merasa terlalu panas.

Lakukan proses ini selama 2 sampai 4 menit setiap harinya. Setelah selesai facial steam, bilas wajahmu dengan air dingin agar pori-pori di wajah kembali menutup.

Kamu bisa menambahkan aromaterapi ke dalam air hangat untuk meningkatkan kenyamanan selama facial steam. Pilihan lainnya kamu bisa menggunakan rempah-rempah yang beraroma.

Jika kamu melakukan cara mengatasi wajah berminyak ini secara rutin, wajahmu akan terlihat lebih segar dan produksi minyak di wajah menjadi berkurang.

8. Membersihkan wajah dengan air hangat

Wajah berminyak sangat berpotensial menyebabkan jerawat tumbuh apalagi jika kamu memiliki pori-pori wajah yang cukup besar. Kotoran dapat menutup pori-pori tersebut.

Saat membersihkan wajah, gunakanlah air hangat. Tujuan cara mengatasi wajah berminyak dengan air hangat ini adalah untuk membuka pori-pori lebih besar.

Apabila pori-pori kulit sudah terbuka lebar, sabun akan lebih mudah membersihkan kotoran dan mengurangi minyak di wajah. Kamu perlu melakukan cara ini rutin agar mendapat hasil maksimal.

Setelah membersihkan wajah dengan air hangat, jangan lupa untuk mengeringkan wajah dengan handuk bersih. Keringkan wajah secara perlahan agar tidak membuat kulit iritasi.

Cara lain yang harus dilakukan untuk mengimbangi cara ini adalah menutup pori-pori dengan es batu. Kamu bisa menggosokkan es batu ke wajah setiap harinya agar pori-pori mengecil.

Itulah macam-macam cara mengatasi wajah berminyak yang dapat dilakukan di rumah dan kapan saja. Kamu bisa memilih salah satu dari pilihan di atas. Selamat mencoba.

1 thought on “Cara Mengatasi Wajah Berminyak Alami”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.