Cara Menghilangkan Bekas Koreng

Cara Menghilangkan Bekas Koreng – Memiliki koreng di bagian kulit yang mudah terlihat orang rasanya sangat menyebalkan. Meskipun sudah dilakukan berbagai cara menghilangkan bekas koreng, nyatanya banyak yang susah hilang.

Sejatinya koreng merupakan reaksi alami penyembuhan untuk melindungi kulit dari infeksi. Bekas koreng dapat bertahan dalam waktu lama. Kabar baiknya, kamu bisa mencoba cara alami berikut.

Cara Menghilangkan Bekas Koreng

1. Balur koreng dengan kencur

cara menghilangkan bekas koreng dengan kencur
tribunnews.com

Kencur adalah bumbu dapur yang mudah ditemui. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, banyak manfaat lain yang bisa digunakan salah satunya untuk kesehatan.

Kencur dapat dijadikan alternatif cara menghilangkan bekas koreng secara alami. Cara ini tidak menimbulkan iritasi kulit sehingga aman digunakan dalam jangka waktu lama.

Kandungan kencur salah satunya adalah zat antiinflamasi dan antioksidan. Kedua zat inilah yang berperan dalam mengatasi bekas koreng.

Kombinasi keduanya membantu mempercepat proses pergantian kulit. Hasilnya, bekas koreng akan lebih cepat hilang dibandingkan jika bekas koreng dibiarkan.

Menggunakan kencur untuk mengatasi bekas koreng tidak rumit. Kamu cukup menumbuk kencur dan campur sedikit dengan beras sampai menjadi pasta.

Oleskan pasta kencur ke kulit yang memiliki bekas koreng. Oleskan secara merata dan lakukan setiap hari paling tidak sehari 2 kali. Perubahan akan mulai terlihat pada hari ketiga.

2. Mentimun untuk koreng luka bakar

Cara menghilangkan bekas koreng dengan mentimun
health.detik.com

Luka bakar yang disebabkan baik air panas maupun api dapat menimbulkan bekas luka yang terlihat jelas. Bekas luka ini akan sangat mengganggu penampilan.

Jika kamu mendapatkan luka bakar, hal pertama yang perlu kamu lakukan terlebih dulu adalah mengatasi luka baka tersebut.

Terdapat beberapa tingkatan luka bakar. Luka bakar sedang dan berat adalah luka bakar yang harus ditangani secara profesional. Jenis luka bakar ini ditandai dengan rusaknya permukaan kulit.

Jika jenis luka bakar yang kamu alami tergolong ringan, kamu cukup mendinginkannya dengan air mengalir. Mentimun juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa panas akibat luka bakar.

Mentimun tidak hanya berguna untuk mengurangi rasa panas, tetapi juga bisa menjadi alternatif cara menghilangkan bekas koreng akibat luka bakar.

Mentimun mengandung zat silika yang dapat mengikis koreng di kulit dengan optimal. Penggunaan mentimun juga meningkatkan kolagen sehingga jaringan kulit rusak dapat diperbaiki.

Cara pengaplikasian mentimun untuk mengatasi koreng sangat mudah. Iris tipis-tipis mentimun yang telah dicuci dan letakkan di atas koreng secara merata sebelum tidur.

Kamu juga bisa menumbuk mentimun sampai membentuk pasta. Balurkan pasta mentimun secara merata setiap hari sebelum tidur.

3. Daun jarak

cara menghilangkan bekas koreng dengan daun jarak

Indonesia kaya dengan bahan alamnya. Daun jarak adalah salah satu bahan alam yang memiliki banyak manfaat, salah satunya digunakan dalam cara menghilangkan bekas koreng.

Daun jarak sangat mudah didapatkan di alam liar atau perkebunan. Kamu juga bisa mendapatkannya dari pasar.

Untuk menghilangkan bekas koreng, kamu cukup menyiapkan 6 sampai 7 lembar daun jarak segar. Rebus semua lembaran daun jarak tersebut sampai mendidih.

Gunakan air rebusan untuk mengkompres bekas koreng yang ada di kulitmu. Lakukan cara menghilangkan bekas koreng ini paling tidak sehari sekali dan rutin.

Kamu perlu memperhatikan lama perebusan daun jarak. Jangan biarkan air mendidih dalam waktu lama karena dapat merusak senyawa yang ada dalam daun jarak tersebut.

4. Putih telur

Telur merupakan bahan yang sangat mudah ditemui di dapur. Telur bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk bahan makanan, tetapi juga untuk perawatan kulit.

Bagian telur yang memiliki khasiat mengurangi koreng adalah putih telur. Putih telur mengandung berbagai mikronutrien dan protein yang berfungsi mengurangi bekas koreng di kulit.

Kedua zat tersebut dapat membuat warna kulit lebih merata. Selain itu, penggunaan rutin juga bisa membuat tekstur kulit lebih merata dan lebih halus.

Cara menghilangkan bekas koreng dengan putih telur sangat sederhana. Kamu perlu menyiapkan sebuah telur ayam ukuran sedang. Pisahkan kuning telur dari putih telur.

Pindahkan ke wadah lain yang dapat menampung putih telur. Oleskan putih telur ke bagian kulit yang terdapat koreng. Kamu dapat menggunakan kuas masker wajah atau jari.

Tunggu beberapa saat sampai putih telur mengering. Jika sudah kering, bilas sampai bersih menggunakan air mengalir. Keringkan dengan handuk secara perlahan.

Menggunakan putih telur dapat menimbulkan bau amis. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat menambahkan beberapa tetes perasan air lemon atau jeruk nipis.

Perawatan dengan putih telur agar mendapatkan hasil optimal harus dilakukan secara rutin. Lakukan minimal sehari 2 kali setiap hari.

5. Perban tekan untuk bekas luka

Perban tekan umum digunakan untuk mengembalikan posisi sendi atau otot yang mengalami keseleo. Alat kesehatan ini biasanya digunakan oleh atlet-atlet yang mengalami cedera.

Perban tekan berfungsi meratakan dan melembutkan bekas luka. Melihat fungsi ini, perban tekan dapat digunakan untuk cara menghilangkan bekas koreng yang menutupi kulit secara luas.

Bahan yang digunakan perban tekan adalah bahan elastis dan lembut. Kamu dapat menggunakan perban tekan bersamaan dengan pelapis gel silikon untuk mempercepat penyembuhan.

Agar koreng hilang, kamu perlu menggunakan perban tekan setiap hari selama 6 sampai 12 bulan. Kamu bisa mengkonsultasikan dengan dokter spesialis terkait penggunaan spesifiknya.

Perban tekan dapat diperoleh di apotek terdekat. Terdapat berbagai jenis ukuran perban tekan yang dapat kamu sesuaikan dengan luas koreng di kulit.

Jika kamu memilih menggunakan perban tekan untuk koreng, jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan kulit. Gantilah perban tekan baru secara rutin agar tidak membuat kulit gatal.

6. Madu untuk menghaluskan kulit

Madu merupakan hasil olahan dari lebah yang terkenal memiliki banyak manfaat terkait kesehatan. Tidak hanya bisa diminum, madu juga dapat digunakan untuk merawat kulit.

Madu mengandung antiinflamasi dan antiradang yang dapat membuat kulit koreng menjadi lebih halus. Manfaat ini tentunya sangat cocok menjadi cara menghilangkan bekas koreng.

Kamu cukup menyiapkan sedikit madu. Oleskan madu tersebut ke bekas koreng di kulit secara merata. Tunggu sekitar 15 menit sampai madu sedikit kering.

Bersihkan dengan air mengalir dan keringkan dengan handuk lembut. Lakukan minimal sehari 2 kali. Penggunaan secara rutin akan memberikan efek yang signifikan.

Menggunakan madu akan membuat kulit lebih cepat sembuh. Selain itu, bekas koreng akan segera pecah dan cepat hilang. Kamu dapat melihat efek setelah 3 hari penggunaan rutin.

Tidak hanya mempercepat penyembuhan bekas koreng, madu juga berfungsi membuat kulit lebih lembut. Setelah koreng hilang, kamu tetap bisa menggunakan madu untuk perawatan kulit.

7. Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Keduanya dapat membantu proses regenerasi kulit berlangsung lebih cepat.

Dengan mempercepat regenerasi kulit, maka bekas koreng di kulit akan lebih cepat terangkat. Bekas koreng dapat perlahan berkurang dan menghilang.

Cara menghilangkan bekas koreng dengan menggunakan jeruk nipis dapat dilakukan di rumah dengan mudah. Terlebih dulu siapkan 1 sampai 2 buah jeruk nipis.

Bagi jeruk nipis menjadi 2 bagian. Peras jeruk nipis dan tempatkan air perasan tersebut di wadah lain. Oleskan perasan air jeruk nipis di bagian kulit yang koreng secara merata.

Kamu bisa menggunakan kapas atau tisu untuk mengoleskan perasan air jeruk nipis. Biarkan selama beberapa menit sampai air jeruk nipis benar-benar meresap.

Jumlah jeruk nipis dapat ditambah jika bekas koreng di kulitmu cukup luas. Hal yang perlu diperhatikan adalah kamu harus mengoleskan secara merata sampai semua koreng tertutupi.

Setelah perasan jeruk nipis meresap, bilas kulit untuk menghilangkan residu jeruk nipis. Keringkan secara perlahan dengan menggunakan tisu atau handuk lembut.

Lakukan cara ini sehari 2 kali. Ulangi proses ini selama beberapa hari agar mendapatkan hasil kulit yang optimal.

8. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman dengan beragam manfaat. Lidah buaya terkenal sebagai bahan untuk perawatan rambut dan kulit.

Ternyata kamu juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai cara menghilangkan bekas koreng secara alami dan praktis. Kamu cukup memanfaatkan gelnya untuk mengatasi bekas koreng.

Lidah buaya mengandung zat antiinflamasi yang tinggi dalam gelnya. Bersihkan daun dan ambil gelnya. Oleskan gel tersebut ke bagian kulit yang memiliki bekas koreng dan tunggu kering.

Gel yang dioleskan akan mengeras. Sedikit demi sedikit gel akan pecah bersamaan dengan koreng di kulit. Bersihkan dengan air mengalir. Hasilnya, koreng akan menghilang.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu melakukan perawatan dengan lidah buaya secara rutin setiap harinya. Minimal lakukan saat pagi dan sore hari setelah mandi.

Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya saja. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih, kamu bisa menambahkan minyak zaitun atau madu dalam campuran gel lidah buaya.

9. Buah mengkudu

Banyak orang mengabaikan buah mengkudu karena rasanya yang pahit. Nyatanya, buah mengkudu adalah bahan alam yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Salah satunya menghilangkan bekas koreng di kulit. Mengkudu mengandung antioksidan yang tinggi. Selain sebagai penangkal radikal bebas, antioksidan juga berkhasiat merawat kulit.

Memanfaatkan mengkudu yang digunakan sebagai cara menghilangkan bekas koreng alami dan cepat tidak susah. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah berikut.

Carilah buah mengkudu yang telah masak. Buah mengkudu sering ditemui di pohon-pohon mengkudu yang tumbuh berkeliaran di pinggir jalan. Kamu juga bisa membelinya di pasar.

Gunakan beberapa buah mengkudu sesuai dengan kebutuhan dan luas koreng di kulit. Kupas buah mengkudu, lalu cuci bersih. Haluskan buahnya sampai membentuk pasta.

Setelah membentuk pasta, oleskan pasta buah mengkudu ke bagian bekas koreng. Diamkan selama lebih kurang 15 menit sampai sedikit mengering.

Bilas sampai bersih dengan menggunakan air mengalir. Penggunaan buah mengkudu secara rutin dapat membuat koreng pecah dan perlahan hilang.

10. Teh hijau

Teh hijau sering digunakan untuk minuman berkhasiat. Tidak hanya bisa diminum, teh hijau bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan bekas koreng.

Bahan yang diperlukan adalah ampas teh hijau. Lebih baik gunakan teh hijau yang baru dan belum diminum agar senyawa yang diperlukan lebih maksimal.

Larutkan dalam air dan balurkan di bagian koreng kulit. Lakukan secara rutin setiap hari agar bekas koreng dapat hilang dalam waktu yang cepat.

Itulah cara menghilangkan bekas koreng secara alami dan praktis dilakukan di rumah. Cara yang telah disebutkan di atas harus dilakukan secara rutin agar hasil yang diperoleh dapat maksimal.

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, kamu juga bisa menggunakan beberapa obat herbal untuk menghilangkan koreng.

Salah satunya yang terbukti ampuh dan telah dibuktikan oleh banyak orang adalah minyak kutus kutus.

Semoga artikel ini membantu, dan jangan lupa share jika kamu rasa artikel ini bermanfaat. Terima kasih

1 thought on “Cara Menghilangkan Bekas Koreng”

  1. makasih admin artikelnya sangat membantu

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.