Cara Menghilangkan Panu

Cara Menghilangkan Panu – Panu menjadi permasalahan kulit yang membuat tidak nyaman dan mengganggu penampilan.

Jika kamu sedang bermasalah dengan panu, maka kamu perlu tahu cara menghilangkan panu.

Panu merupakan salah satu infeksi kulit akibat jamur. Pemicu munculnya panu sangat beragam mulai dari higiene yang buruk, kondisi cuaca yang panas dan lembab, atau kekebalan tubuh yang menurun.

Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat

1. Hindari sinar matahari langsung

Matahari memang dapat membantu membentuk vitamin D yang bermanfaat untuk kulit.

Namun, kamu perlu menghindari paparan sinar matahari secara langsung jika terinfeksi panu.

Matahari dapat memperparah kondisi kulitmu yang terkena panu. Paparan sinar matahari langsung yang berlebih dapat membuat warna kulitmu menjadi tidak rata.

Kulit di sekitar panu akan berubah menjadi lebih gelap. Hal tersebut dapat membuat panu di kulit semakin terlihat apalagi jika posisinya berada di bagian yang tidak tertutup pakaian.

Selain itu, paparan sinar matahari langsung dapat membuat produksi keringat menjadi meningkat.

Keringat berlebih dapat membuat jamur penyebab panu lebih cepat tumbuh.

Cara menghilangkan panu yang paling sederhana adalah menghindari paparan sinar matahari langsung. Hal ini perlu dilakukan sampai panu di kulit sembuh total.

2. Gunakan pakaian yang menyerap keringat

Kondisi lembab merupakan kondisi yang paling disenangi oleh jamur penyebab panu. Kamu perlu menghindari kondisi tersebut agar jamur tidak terus tumbuh.

Lembab di kulit dapat disebabkan adanya keringat saat kamu beraktivitas berlebih atau saat suhu tinggi.

Ketika kamu terjebak dalam situasi tersebut, gunakanlah pakaian yang menyerap keringat.

Pakaian yang menyerap keringat akan membuat keringat yang terjebak dapat keluar menembus pakaian.

Cara menghilangkan panu ini dapat memperlambat pertumbuhan jamur panu.

Contoh pakaian yang sebaiknya kamu gunakan adalah bahan katun. Hindari pakaian-pakaian yang menggunakan bahan poliester atau sintesis karena susah menyerap keringat.

Selain itu, kamu juga harus sering mengganti pakaian yang kamu gunakan.

Paling tidak, sehari berganti 2 pakaian jika kamu banyak berkeringat. Pastikan kamu menggunakan pakaian bersih.

3. Jangan pakai pakaian ketat

Jika panu yang tumbuh di kulitmu ada di bagian tubuh yang tertutup pakaian seperti punggung, kaki, atau perut, maka kamu perlu menyeleksi pakaian yang akan kamu gunakan.

Hal tersebut dapat berpengaruh terhadap penyembuhan panu. Pakaian ketat dapat membuat jamur tumbuh dengan cepat sehingga gunakanlah pakaian-pakaian yang longgar.

Jamur penyebab panu dapat tumbuh dengan baik jika berada dalam kondisi sangat lembab. Sebaiknya, kamu menghindari pakaian ketat sampai panu hilang.

Apabila cara menghilangkan panu ini tidak dilakukan, maka pakaian yang ketat akan menggesek kulit terinfeksi panu. Akibatnya, kulit akan semakin meradang dan iritasi.

Kamu harus memberi ruang pada kulitmu akan tidak lembab dan bebas bernapas.

Menggunakan pakaian longgar dapat mempercepat penyembuhan panu di kulit.

4. Sabunan pakai sampo antiketombe

Sabunan dengan sampo? Kamu tidak salah baca. Kamu dapat memanfaatkan sampo antiketombe untuk mengatasi panu yang ada di kulit tubuh.

Sampo antiketombe memiliki kandungan yang berfungsi menurunkan pertumbuhan jamur yang tumbuh di kepala. Cara ini juga dapat diterapkan di cara menghilangkan panu.

Kandungan dalam sampo antiketombe antara lain ketokonazol, pirition zink, dan selenium sulfida.

Ketiga senyawa tersebut secara signifikan berhasil menghambat pertumbuhan jamur ketombe.

Kamu bisa memilih berbagai merk sampo antiketombe, asalkan memiliki salah satu kandungan di atas agar mendapatkan hasil optimal. Sampo antiketombe dapat dicari di swalayan atau apotek.

Kamu dapat menggunakan sampo antiketombe untuk dijadikan sabun di area yang terserang panu. Cara yang perlu kamu lakukan cukup mudah dan cepat.

Ambil sedikit sampo antiketombe dan campur dengan sedikit air. Usap sampai sedikit berbusa dan gosokkan di bagian kulit yang terkena panu dan sekitarnya.

Biarkan selama sekitar 10 menit sebelum membilasnya. Jangan lupa untuk membilas sampai bersih.

Cara ini dapat dilakukan rutin setiap kamu mandi agar panu cepat hilang.

5. Pakai krim tabir surya

Jika kamu harus beraktivitas di luar ruangan dan berhadapan langsung dengan sinar matahari, kamu bisa menggunakan tabir surya.

Tabir surya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan panu karena berfungsi melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari yang memiliki radiasi UVA dna UVB.

Kamu bisa memilih tabir surya yang memiliki SPF 30. Aplikasikan di seluruh bagian kulit secara merata. Sebaiknya kamu juga memilih tabir surya broad spectrum.

Tabir surya tidak melidungi kulitmu seharian penuh. Kamu perlu mengaplikasikan ulang tabir surya ke kulit minimal setiap 2 jam sekali agar mendapatkan efek yang optimal.

6. Gunakan lengkuas

Lengkuas banyak dikenal sebagai bumbu dapur dan pelengkap cita rasa makanan.

Nyatanya, lengkuas memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Salah satunya sebagai cara menghilangkan panu.

Kandungan dalam lengkuas sangat beragam seperti vitamin, galangin, dan sebagainya.

Senyawa-senyawa tersebut dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan panu yang mengganggu.

Gunakan lengkuas segar yang telah terpotong-potong. Usapkan di bagian kulit yag terkena panu selama 5 menit secara terus menerus. Lakukan cara ini secara rutin sehari 2 kali.

Cara lain yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan lengkuas adalah membuat pasta lengkuas. Siapkan 2 ruas jari lengkuas segar dan tumbuk sampai halus.

Tambahkan 1 sendok teh garam di tumbukan lengkuas. Kamu bisa menggunakan air atau tidak.

Oleskan di bagian kulit yang terserang panu dan biarkan selama 30 menit.

Bilas dengan air hangat sampai bersih. Jangan lupa untuk melakukan setiap hari agar panu dapat hilang dengan cepat dan tidak mengganggu lagi.

7. Jeruk nipis

Jeruk nipis sangat sering digunakan sebagai pelengkap bumbu makanan. Kamu bisa menemukan jeruk nipis di pasar terdekat dengan harga yang sangat terjangkau.

Jeruk nipis mengandung flavonoid dan vitamin C tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan serta asam sitrat yang berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur.

Kombinasi tersebut dapat bekerja sebagai cara menghilangkan panu di kulit.

Kamu bisa mengusap-usapkan jeruk nipis yang telah dibagi 2 ke bagian kulit yang terinfeksi panu.

Kamu juga bisa mencampurkan sulfur ke perasan jeruk nipis agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Sulfur dapat diperoleh di apotek. Tumbuklah sulfur terlebih dahulu agar mudah dicampur.

Sulfur merupakan senyawa yang dapat membunuh berbagai jenis mikroorganisme penyebab jerawat, panu, dan lainnya. Sulfur juga memiliki sifat antikeratolitik.

Caranya adalah mencampur masing-masing 1 sendok makan jeruk nipis dan sulfur.

Aduk rata sampai membentuk krim. Oleskan di tempat panu. Diamkan sampai krim tersebut mengering.

Setelah selesai, bersihkan dengan air hangat sampai benar-benar bersih. Keringkan dengan handuk lembut dan bersih. Lakukan secara rutin agar panu cepat hilang.

8. Kunyit

Panu pasti sangat mengganggu. Panu tidak hanya menyebabkan rasa gatal di kulit, tetapi juga membuat penderita merasa tidak percaya diri apalagi jika panu ada di kulit yang mudah dilihat.

Untuk mengurangi panu di kulit, kamu bisa menggunakan kunyit sebagai cara menghilangkan panu di kulit. Penggunaan rutin dapat mempercepat proses penyembuhan panu.

Kunyit mengandung banyak senyawa bermanfaat untuk kesehatan kulit. Dalam kunyit terdpat minyak atsiri yang berperan sebagai antiinflamasi. Selain itu ada kurkumin sebagai antioksidan.

Baik minyak atsiri dan kurkumin dapat membantu proses penyembuhan panu di kulit. Sehingga membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat dibandingkan hanya didiamkan saja.

Ada 2 macam alternatif yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan panu dengan kunyit.

Kedua cara ini dapat dilakukan di rumah dan tidak memerlukan proses persiapan rumit.

Cara pertama adalah menggunakan 1 ruas kunyit yang telah dikupas. Usapkan kunyit tersebut ke kulit yang terkena panu selama 5 menit. Diamkan selama beberapa saat agar senyawa meresap.

Cara kedua adalah menumbuk 2 ruas kunyit terlebih dulu. Setelah tertumbuk halus, tempelkan di bagian kulit yang memiliki panu. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Penerapan cara kedua dapat dilakukan dengan menambahkan air sehingga kamu akan mendapatkan masker kunyit. Masker kunyit dibiarkan di kulit sampai mengering baru dibilas air.

9. Belimbing wuluh

Bahan alami lain yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan panu adalah belimbing wuluh.

Belimbing wuluh merupakan buah yang sangat mudah dicari dan didapatkan.

Khasiat belimbing wuluh untuk kesehatan sangat besar. Hal tersebut disebabkan kandungan dalam belimbing wuluh yang beragam seperti tanin, sulfur, kalsium oksalat, tanin, dan sebagainya.

Meskipun lebih sering digunakan untuk konsumsi, belimbing wuluh dapat mengatasi permasalahan panu di kulit yang membandel. Kandungan sulfurlah yang berperan penting.

Kamu membutuhkan sebuah belimbing wuluh untuk memulai rutinitas. Potong buah menjadi 4 bagian sama besar.

Usapkan belimbing wuluh di bagian kulit yang terinfeksi jamur selama 5 menit.

Diamkan sampai mengering. Setelah selesai, bilas bagian kulit tersebut.

Keringkan secara perlahan dengan handuk bersih. Rutinitas ini dapat dilakukan setiap hari agar hasil maksimal.

Kamu bisa melakukan rutinitas ini setelah mandi atau minimal kulit terinfeksi panu sudah dibersihkan sebelum menggunakan belimbing wuluh.

10. Bawang putih

Jika kamu sering menggunakan bawang putih hanya untuk bahan dapur, maka kamu perlu eksplorasi lebih jauh. Bawang putih memiliki banyak khasiat yang sangat baik di tubuh.

Bawang putih mengandung allicin dan sulfur yang berkhasiat mengatasi panu di kulit.

Kedua senyawa tersebut berperan penting dalam mengatasi jamur penyebab panu.

Penggunaan bawang putih dapat mengurangi permasalahan panu yang mengganggu penampilan.

Cara menghilangkan panu dengan bawang putih sangat mudah dilakukan.

Kamu cukup menyiapkan 1 siung bawang putih. Potong bawang putih tersebut menjadi 2 bagian sama besar.

Bersihkan kulit terinfeksi panu terlebih dahulu. Setelah itu, gosokkan potongan bawang putih selama 5 menit. Diamkan selama beberapa saat agar zat yang diinginkan dapat meresap.

Lakukan cara ini sehari 2 kali setiap hari sampai panu berkurang. Kamu bisa melakukan cara ini setelah mandi atau setelah membersihkan kakimu.

Bawang putih sangat aman digunakan sebagai cara menghilangkan panu.

Cara ini tidak hanya bisa dilakukan pada orang dewasa, tetapi juga pada bayi dan anak-anak.

Penggunaan bawang putih di kulit dapat menyebabkan kulit sedikit bau akibat sulfur dalam bawang putih.

Kamu bisa mengurangi bau tersebut dengan menggunakan lotion secara tipis.

Itulah tips dan cara menghilangkan panu dengan cepat dan praktis. Lakukan cara di atas secara rutin supaya panu bisa cepat sembuh.

Tinggalkan komentar