Ciri Ciri Janin Sehat

Ciri Ciri Janin Sehat – Kehamilan merupakan anugerah bagi setiap wanita yang sudah menikah. Janin berkembang di dalam rahim selama 9 bulan hingga siap untuk dilahirkan.

Selama masa kehamilan ini terjadi proses yang luar biasa mulai dari pembentukan janin hingga perkembangannya.

Ibu wajib memperhatikan proses kehamilan dengan baik agar janin tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Menjaga pola makan dan pola hidup merupakan salah satu hal mutlak yang wajib dilakukan para ibu hamil.

Tidak hanya itu, bekal ilmu dan wawasan mengenai kehamilan pun menjadi hal yang penting untuk diketahui, tak hanya oleh ibu hamil saja tapi juga keluarga di sekitarnya.

Pengetahuan ini meliputi banyak aspek, mulai dari larangan, apa yang harus dilakukan sampai tahapan perkembangan janin.

Ciri-Ciri Janin Sehat dari Bulan ke Bulan

Tanda tanda janin sehat

Calon ibu yang cerdas wajib paham dan mengerti tahapan-tahapan perkembangan janin supaya dapat mengetahui jika terjadi suatu hal yang tidak sesuai dengan kondisi normalnya.

Janin mengalami perkembangan yang signifikan setiap bulannya yang dicirikan sebagai berikut:

Ciri janin sehat kehamilan 1 bulan

Pada usia kandungan 1 bulan ukuran janin masih sangat kecil, yaitu hanya seukuran sebutir beras atau kurang lebih 6 hingga 7 mm. Pada tahapan ini janin mengalami perkembangan khususnya di bagian mulut, rahang bagian bawah serta tenggorokan.

Secara fisik, janin usia 1 bulan ini belum berbentuk seperti bayi. Bagian mata janin pun masih hanya berupa titik hitam. Pada usia 1 bulan janin pun mulai mengalami pembentukan sel darah merah.

Ciri janin sehat kehamilan 2 bulan

Di usia kehamilan 2 bulan ini perkembangan janin sudah terjadi lebih pesat. Ukuran janin pun membesar hingga 12 sampai 20 mm.

Janin di usia kandungan ini sudah mulai mengalami pembentukan dan perkembangan otak, jantung serta tulang.

Janin yang sehat juga sudah mulai mengalami pembentukan plasenta di usia kandungan 2 bulan.

Memang ukuran janin pada masa ini belum begitu besar sehingga mungkin belum terlihat secara jelas pada perubahan bentuk dan ukuran perut ibu.

Ciri janin sehat kehamilan 3 bulan

Memasuki bulan ke-3 kehamilan, atau akhir trimester pertama ini janin sudah berukuran sebesar buah jeruk nipis. Ukurannya bisa mencapai 3,5 inchi dengan berat bisa mencapai 1,5 ons.

Pada tahapan ini bagian kepala dari janin yang sehat terlihat membesar karena terjadi perkembangan otak di dalamnya.

Selain itu bagian pembuluh darah vena juga mulai terbentuk dan dapat dilihat melalui kulit yang masih transparan.

Satu hal lain yang tak kalah pentingnya adalah detak jantung bayi sudah mulai bisa terdengar pada usia kehamilan 3 bulan.

Ciri janin sehat kehamilan 4 bulan

Memasuki trimester kedua kehamilan, perut ibu sudah terlihat semakin membesar. Artinya perkembangan janin pun terjadi kian cepat.

Ukuran janin di usia 4 bulan sudah mencapai 13 cm. Beratnya pun bisa mencapai 140 gram.

Tulang di tubuh janin semakin mengeras dan menguat. Tidak hanya itu, bagian saraf tulang belakang janin juga sudah mulai membentuk lapisan mielin.

Bagian tali pusat pun sudah makin berkembang dan semakin kuat sebagai jalan untuk aliran makanan bayi.

Ciri janin sehat kehamilan 5 bulan

Pada bulan kelima ibu sudah bisa mulai merasakan gerakan janin di dalam perut. Pada usia kehamilan ini memang selurh organ janin sudah terbentuk, tinggal melanjutkan proses perkembangannya hingga semua dapat berfungsi sempurna.

Janin sudah terlihat bentuknya lengkap dengan rambut, bulu mata serta alis. Janin 5 bulan pun sudah bisa melakukan banyak hal seperti menguap, menghisap jari, mengedipkan mata hingga merenggangkan tubuhnya.

Ciri janin sehat kehamilan 6 bulan

Ukuran janin berusia 6 bulan bisa mencapai 660 gram. Bagian tubuh bayi semakin berkembang dengan sempurna. Bentuk tubuhnya pun sudah terlihat semakin baik dengan adanya pembentukan lemak.

Bagian wajah bayi di usia kehamilan ini pun sudah mulai terlihat. Anda bisa melihat wajah bayi ini melalui pencitraan USG.

Pada tahapan ini bayi bisa mengalami cegukan sewaktu-waktu. Anda tak perlu khawatir karena itu adalah hal yang normal terjadi.

Ciri janin sehat kehamilan 7 bulan

Janin yang sehat sudah mengalami perkembangan organ yang kian sempurna di trimester akhir.

Ukuran janin pun sudah kian besar, bisa melebihi 1 kilogram. Bagian tengkorak kepala sudah semakin mengeras untuk mempersiapkan saat kelahiran.

Di usia ini sistem pernapasan janin sudah bisa berfungsi denga sempurna dan siap menghadapi dunia luar.

Di trimester akhir ini janin akan semakin sering bergerak aktif. Pergerakan aktif ini menandakan bahwa janin tumbuh sehat.

Bagian kepala bayi juga telah semakin membesar, tentunya dengan kondisi otak yang makin berkembang sempurna.

Ciri janin sehat kehamilan 8 bulan

Semakin mendekati waktu kelahiran janin semakin berukuran besar. Di usia 8 bulan janin bisa berbobot kuran glebih 2,4 kilogram dengan ukuran panjang tubuh sekitar 45 cm.

Ukuran yang besar ini membuat Anda akan merasakan sesuai ketika janin bergerak.

Organ-organ vital pada janin di masa 8 bulan ini sudah terbentuk sempurna seperti hati dan ginjal.

Usia kehamilan yang makin tua membuat posisi janin akan semakin turun ke bawah sebagai persiapan menuju kelahiran.

Ciri janin sehat kehamilan 9 bulan

Di usia kandungan 9 bulan Anda sudah harus mempersiapkan diri menjelang kelahiran.

Janin yang sehat dan siap untuk lahir di usia 9 bulan sudah memiliki organ-organ vital yang sempurna dan berfungsi dengan baik, mulai dari paru-paru, ,jantung dan lainnya.

Ukuran tubuh janin bisa mencapai panjang lebih dari 50 cm dengan bobot lebih dari 3 kg.

Kecukupan nutrisi selama kehamilan sangat mempengaruhi ukuran janin ini. Tubuh janin juga sudah semakin halus dengan posisi kepala sudah berada di bawah.

Pertumbuhan janin di akhir masa kehamilan ini terjadi semakin lambat, berbeda dengan masa-masa sebelumnya.

Proses yang masih terjadi di dalam rahim adalah penyempurnaan fisik dan organ bayi sehingga siap untuk bertahan hidup setelah dilahirkan nantinya.

Anda sebagai calon ibu dan keluarga wajib paham dengan ciri-ciri janin sehat tersebut. Anda perlu rutin memeriksakan kondisi kehamilan kepada dokter atau bidan yang kompeten.

Selalu ikuti perkembangan janin pada kehamilan agar pertumbuhan dan perkembangannya terjadi sempurna.

Jangan lupa untuk selalu menjaga asupan nutrisi. Masa kehamilan adalah masa yang penting untuk pembentukan potensi anak di masa depan.

Penuhi kebutuhan gizi janin dan hindari mengkonsumsi makanan-makanan berpengawet atau berbahan kimia.

Tak lupa, jangan sampai melewatkan nutrisi-nutrisi yang baik untuk perkembangan otak anak. Ibu yang cerdas akan melahirkan bayi-bayi yang cerdas.

Ibu yang cerdas akan paham betul dengan setiap kebutuhan janin mulai sejak dalam kandungan dan bagaimana menjalani kehamilan yang tepat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.