Contoh Biografi dari Sosok-Sosok yang Menginspirasi

Contoh Biografi – Kenangan tidak hanya bisa diabadikan dalam bentuk gambar seperti foto saja. Kenangan juga bisa diabadikan dalam bentuk tulisan. Inilah fungsi dibuatnya sebuah biografi.

Contoh biografi yang sering ditemui memang biasanya menceritakan tentang tokoh-tokoh berpengaruh. Namun, Kamu juga bisa membuat biografimu sendiri lho..

Sebelum mengenal tentang contoh biografi, akan lebih baik jika Kamu mengetahui lebih dulu apa itu biografi.

Biografi sendiri merupakan satu bentuk tulisan yang menceritakan kisah dari seorang tokoh mulai dari lahir hingga meninggal. Tujuannya adalah untuk memberikan teladan yang baik untuk pembacanya.

Jika biasanya contoh biografi yang sering dijumpai adalah tokoh-tokoh yang berpengaruh, seperti pahlawan atau tokoh terkenal lainnya.

Namun Kamu juga bisa membuat biografi lain selain tokoh-tokoh tersebut lho. Asalkan orang tersebut adalah orang yang menginspirasi.

Beberapa Contoh Biografi dan Penjelasannya

1. Contoh Biografi Diri Sendiri

Biografi diri sendiri adalah biografi yang ditulis sendiri dengan tujuan untuk memperkenalkan diri.

Biografi ini biasa juga disebut dengan autobiografi. Karena ditulis sendiri oleh tokoh yang akan diceritakan, maka sudut pandang yang digunakan pada biografi ini adalah sudut pandang orang pertama.

Berikut ini adalah contoh biografi diri sendiri.


Aku, Daniel lahir di Yogyakarta 10 Desember 1996. Aku anak tunggal dari pasangan Karjo dan Siti Ngatiyem.

Orang tuaku berpisah saat usiaku 10 tahun dan sejak saat itu aku dirawat oleh ibuku seorang diri.

Setelah lulus sekolah menengah atas, aku tidak melanjutkan pendidikan tinggi karena tidak adanya biaya.

Untuk membantu ibu, aku bekerja sampingan di beberapa tempat sampai aku memutuskan untuk berlatih tari dengan tabungan hasil bekerjaku. Menari adalah hobiku sejak kecil.

Dengan berlatih dan berjuang keras, akhirnya aku kini bisa mewujudkan mimpiku untuk menjadi penari profesional.

Meskipun awalnya aku hanya tampil sebagai penari latar artis terkenal lain, namun kini aku sudah bisa tampil di atas panggungku sendiri.


2. Contoh Biografi Orang Tua

Biografi tidak hanya menceritakan tokoh terkenal saja lho. Kamu juga bisa membuat biografi dari orang yang menginspirasimu, seperti orang tua misalnya.

Seperti berikut ini adalah contoh biografi orang tua yang bisa menjadi contoh untuk Kamu menulis sendiri.


Orang tua adalah lingkungan dan pendidikan pertama yang dikenal oleh setiap anak. Begitupun dengan ku.

Ibuku bernama Khoirunnisa dan ayahku yang bernama Danuri yang menikah pada 11 Februari 1990 hingga saat ini sudah dikaruniai 3 orang anak.

Anak pertamanya bernama Annisa, anak keduanya bernama Rahma dan anak ketiganya bernama Alfian.

Meskipun mereka memiliki pendidikan yang tidak begitu tinggi, namun mereka menerapkan hal berbeda pada ketiga anaknya. Hingga akhirnya ketiga anaknya kini bisa menempuh pendidikan tinggi.

Dengan penghasilan yang tak seberapa sebagai seorang petani dan pedagang sayur.

Pasangan Khoirunnisa dan Danuri hingga kini sudah bisa menyekolahkan anak pertamanya hingga pendidikan S2, anak kedua yang masih menempuh pendidikan S1 dan yang terakhir masih berstatus pelajar SMA.


3. Contoh Biografi Ibu

Jika sebelumnya adalah contoh dari biografi kedua orang tua, untuk Kamu yang ingin membuat biografi dari seorang ibu tak perlu bingung.

Berikut adalah contoh biografi ibu untuk Kamu yang ingin membuat biografi ibumu.

Jika ditanya siapa sosok yang harus dihormati pertama kali oleh seorang anak? Nabi berkata ibu, ibu dan ibu.

Bukan tanpa sebab, karena ibu adalah sosok yang sangat berjasa bagi seorang anak sepertiku.

Lahir dari rahim seorang ibu luar biasa bernama Linawati yang lahir 4 April 1975, aku merasa sangat bersyukur.

Meskipun dibesarkan dalam kondisi yang tidak mewah, namun ibu selalu berusaha mencukupi kebutuhan sehari-hariku. Pendidikan dan agama adalah prioritas baginya.

Memiliki hobi memasak dan berkebun, ternyata hobinya itu diturunkan padaku. Hobi memasaknya ini jugalah yang pernah membawa ibu menjadi juara lomba memasak antar sekolah saat ia muda dulu.

Meskipun hanya tingkat sekolah,namun ini adalah penghargaan yang tak pernah dilupakan oleh ibu.

4. Contoh Biografi Ayah

Selain biografi ibu, Kamu juga harus bisa membuat biografi untuk ayah lho. Hampir sama dengan biografi untuk ibu, ada beberapa poin yang harus ada di dalamnya. seperti informasi hari lahir, pekerjaan ataupun keahliannya.

Nah, berikut adalah contoh biografi singkat ayah.

Bagi setiap anak laki-laki, ayah adalah panutan dan teladan. Sanusi, ayahku yang lahir pada 1 Januari 1965 adalah sosok paling gagah dan tangguh.

Di masa mudanya, ia harus berjuang keras untuk bisa menempuh pendidikan setara SMK yang mengajarkan pendidikan keahlian khusus.

Tidak semua orang bisa bersekolah di sekolah ini. Karena ayah termasuk anak yang berbakat, iapun mendapat kesempatan bersekolah disini.

Setelah lulus ayahku pun langsung mendapatkan pekerjaan yang cukup baik di kota.

Karena pengalamannya inilah, hingga kini ayah menerapkan pendidikan serupa pada anaknya.

Setiap anaknya diberi kebebasan untuk memilih pendidikan sesuai bakat dan kemampuannya. Dengan begitu kelak anak-anaknya bisa menjadi sukses di jalan yang dikuasainya.

5. Contoh Biografi Pahlawan

Contoh paling umum dalam teks biografi adalah biografi pahlawan. Ada banyak biografi pahlawan di Indonesia yang sudah dibuat dan dicetak dalam bentuk buku.

Biografi-biografi itu biasanya adalah biografi pahlawan nasional yang berjasa bagi kemerdekaan Indonesia. Salah satunya adalah contoh biografi Pahlawan berikut.

Salah seorang pahlawan yang berjasa bagi kemerdekaan bangsa Indonesia adalah Ir. Soekarno.

Pahlawan yang lebih dikenal dengan nama Bung Karno ini lahir di Blitar, 6 Juni 1901. Masa kecil Soekarno dihabiskan tidak bersama dengan orang tuanya.

Setelah menamatkan pendidikan setingkat Sekolah Dasar, HBS di Surabaya, Soekarno kemudian tinggal di kediaman HOS Tjokroaminoto pada tahun 1915.

Dari sinilah Soekarno mulai dikenalkan dengan kebangsaan dan juga memulai perjuangannya untuk tanah air yang dicintainya.

Selama masa hidupnya dan bahkan setelah meninggalpun Soekarno terkenal sebagai tokoh yang paling berpengaruh dan disegani.

Bukan tanpa sebab, karena berkat perjuangannya bersama para pahlawan lainnya, Indonesia bisa memperoleh kemerdekaannya.

6. Contoh Biografi Guru

Sosok yang menginspirasi dan berjasa tidak hanya pahlawan atau orang tua saja. Guru, pengganti orang tua di sekolah, juga merupakan sosok yang sangat berjasa.

Kamu yang menganggap guru sebagai sosok inspiratif mungkin bisa mencontoh contoh biografi guru berikut sebagai bentuk penghargaan.

Siapa bilang guru yang paling keren adalah guru Matematika atau Guru Bahasa Inggris. Menjadi guru seni juga menjadi hal yang keren bagi sosok satu ini.

Beliau adalah Pak Dimas . Lulus dari salah satu institut seni kenamaan di Indonesia pada tahun 2014 lalu, Pak Dimas langsung memulai karirnya sebagai seorang pendidik.

Pandai melukis dan memainkan beberapa alat musik seperti gitar membuat Pak Dimas begitu dicintai murid-muridnya.

Salah satu hal yang membuatnya begitu difavoritkan adalah metode mengajarnya yang menyenangkan.

Di kelas seni para siswa tidak akan dibebani tugas. Pak Dimas berprinsip jika kelas Seni adalah kelas refreshing dari pelajaran yang sulit.

Karena metode inilah Pak Dimas menjadi guru favorit siswa-siswa di SMA Safir.

7. Contoh Biografi Siswa

Sosok selanjutnya yang bisa Kamu tulis biografinya adalah seorang siswa. Kamu bisa memilih siswa berprestasi di sekolahmu dan ceritakan kisah inspiratifnya hingga menjadi siswa berprestasi. Seperti misalnya contoh biografi siswa berikut.

Aulia Rahmadani, siswa teladan kelahiran 15 Oktober ini biasanya dipanggil dengan nama Aul.

Anak terakhir dari 2 bersaudara dari pasangan Ahmad Dian dan Rohmawati ini sudah memiliki prestasi gemilang bahkan sejak masih duduk di bangku sekolah dasar.

Saat bersekolah di TK Pertiwi 2 Jakarta, ia sudah menunjukkan kecerdasannya. Ketika mulai masuk SD di SD Pertiwi Jakarta, ia tetap mempertahankan prestasinya menjadi peringkat pertama selama 6 tahun berturut-turut.

Hingga kini ia bersekolah di SMA Brawijaya, ia berhasil membawa pulang trophy juara olimpiade Sains Nasional.

Dibalik prestasi gemilangnya ada sikap disiplin yang selalu diterapkan saat di rumah. Karena kedisiplinannya inilah Aul bisa membagi waktu belajar dan bermainnya.

Setelah lulus SMA ia berencana melanjutkan pendidikan tingginya di salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia.

8. Contoh Biografi Teman

Kalau Kamu ingin memberikan hadiah yang berkesan untuk temanmu, menuliskan biografinya sebagai sebuah memori perjalanan pertemanan kalian mungkin bisa menjadi hadiah yang tak biasa. Cobalah menulis biografi temanmu seperti contoh di bawah ini.

Seorang teman yang ceria, penuh energi dan memiliki banyak teman karena sifatnya yang ramah ini adalah teman yang kukenal sejak kecil.

Alvi Ramadanti, tapi lebih sering dipanggil “Mimi” karena tingginya yang sangat mini ini sudah kukenal sejak duduk di bangku SD.

Dia lahir di Blitar, 30 Mei 1995 namun besar di Malang. Orang tuanya yang dipindah tugaskan dan akhirnya tinggal di kawasan yang sama dengan tempat tinggalku, membuat aku dan Mimi bertetangga.

Saat kecil Mimi suka bermain ayunan yang ada di taman kompleks perumahan tempatnya tinggal.

Sejak kecil Mimi tidak pandai Matematika namun sebaliknya ia sangat gemulai saat menari.

Karena kemampuan menarinya inilah kini Mimi bisa terpilih sebagai salah satu Duta Pariwisata Jawa Timur yang mewakili di ajang nasional saat umurnya masih begitu muda, 17 tahun.

9. Contoh Biografi Penulis

Terakhir adalah sosok inspiratif yang sering memberikan inspirasi melalui tulisan-tulisannya. Jika Kamu punya sosok penulis favorit dan ingin membuat biografinya, Kamu bisa memperhatikan contoh biografi penulis berikut.

Seorang penulis banyak novel best seler ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi pembaca Indonesia.

Asma Nadia yang memiliki nama lengkap Asmarani Rosalba ini lahir di Jakarta pada 26 Maret 1972.

Ayahnya bernama Amin Usman dan ibunya Maria Eri Susanti. Ia memiliki 2 orang saudara, 1 kakak bernama Helvy Tiana Rosa dan 1 adik bernama Aeron Tomiono.

Tumbuh dalam keluarga mualaf, kisah-kisah yang ditulis Asma pun kebanyakan mengambil tema keislaman.

Keluarganya yang mencintai dunia tulis membuat darah penulis seakan mengalir padanya.

Berawal dari tulisan yang rajin ia kirimkan ke majalah-majalah, kini Asma bahkan sudah dikenal sebagai penulis best seller di Indonesia.

Akhir Kata

Itu tadi hanya beberapa contoh biografi singkat untuk beberapa sosok yang menginspirasi. Kamu juga bisa menulis biografi sendiri untuk orang yang Kamu anggap menginspirasi seperti contoh yang disebutkan di atas.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.