Contoh Cerpen Singkat

Contoh Cerpen – Karya sastra memiliki banyak bentuk dan jenis. Salah satu yang paling banyak digemari adalah cerpen. Karena itulah tidak heran jika Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai contoh cerpen singkat di internet.

Jika mencari contoh cerpen singkat di internet atau membaca di buku, Kamu akan mendapatkan beraneka macam cerita pendek dengan berbagai genre. Seperti beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Contoh Cerpen Singkat Berbagai Genre

Berikut ini beberapa contoh cerpen singkat yang menarik yang bisa menjadi penghibur kamu dari kesibukan kuliah atau kerja. 

Contoh Cerpen Lucu

cerpen lucu
makassar.tribunnews.com

Ada banyak contoh cerpen singkat yang bisa Kamu baca dengan alur yang menarik walaupun singkat. Inilah yang menjadi daya tarik dari cerita pendek.

Misalnya saja contoh cerpen singkat dengan genre komedi. Genre ini memang banyak diminati karena sangat menghibur dan tak jarang membuat terbahak.

Seperti ini nih, contoh cerpen singkat dengan genre komedi yang akan membuat Kamu terbahak-bahak dibuatnya.

Siang itu, Amanda dan Alya tengah mengobrol santai di taman kampus. Tidak lama kemudian, Rama, cowok yang ditaksir Amanda lewat di hadapan mereka.

“Menurutmu, Kak Rama suka sama cewek yang kayak gimana Yak?” tanya Manda pada Alya.

“Entahlah. Tapi setauku kata teman-temannya sih dia itu suka sama cewek yang tampil apa adanya gitu. Gak neko-neko.” Jawab Alya sambil mengetuk-ngetukkan jari ke bibirnya.

“Berarti dia gak suka sama cewek yang suka make lipstick trus suka dandan gitu dong Yak?”

“Iya, gitu deh. Makanya kalo mau deketin Kak Rama, gak usah pake gincu berlebihan kayak bibirmu sekarang ini. Kayak habis makan ular aja Kamu ini.” ledek Alya pada sahabatnya ini.

“Trus gimana dong biar bibirku bisa kelihatan merah kalo gak pake lipstick?”

“Emmm… coba deh Kamu coba resep scrub bibir alami. Kalau aku baca sih itu ampuh buat bikin bibir merah secara alami,” saran Alya pada sahabatnya ini.

“Selasa besok kan ada acara tuh. Kamu coba aja, mumpung ini masih Jumat. Mulai nanti malam pakai scrub. Nanti pas ketemu Kak Rama pasti bibirmu udah merah alami,” tambah Alya.

“Oke baiklah akan kucoba mulai nanti malam.”

3 hari kemudian, sebelum acara. Alya bertemu Amanda di gerbang kampus. Begitu kagetnya Alya karena melihat Amanda memakai masker.

“Kenapa dengan bibirmu? Kenapa pake masker segala? Scrub bibirnya berhasil?”

“Berhasil. Berhasil membuat bibirku dower karena digigit semut tiap malam Alya,” Jawab Amanda sambil teriak marah.

“Oh God, Manda hahahahaha,”

Contoh Cerpen Persahabatan

cerpen persahabatan
magazine.job-like.com

Cerita pendek (cerpen) juga memiliki struktur yang hampir sama seperti unsur prosa lainnya.

Jika Anda membaca contoh cerpen singkat, Anda akan bisa menemukan kesamaan itu.

Kesamaan antara contoh cerpen singkat dengan jenis karya sastra prosa lainnya ada pada strukturnya.

Di dalamnya juga mengandung struktur mulai dari pengenalan hingga penyelesaian masalah.

Namun diantara kesamaan itu, ada juga yang membedakan cerpen dengan karya prosa lainnya.

Bisa dilihat dari banyaknya contoh cerpen singkat yang ada, perbedaan itu ada pada panjang karyanya.

Sama seperti namanya, cerpen tidaklah sepanjang karya prosa lainnya seperti novel atau novela.

Panjang minimal cerpen biasanya adalah 1000 kata dan maksimal biasanya 10.000 kata.

Salah satu genre cerpen yang banyak diminati pembaca adalah cerpen yang menceritakan tentang persahabatan. Seperti misalnya contoh cerpen singkat berikut.

Jika mendengar kata persahabatan, apa yang ada di pikiranmu? Memiliki banyak teman untuk berbagi suka duka? Melakukan hal yang disukai bersama?

Itu jugalah yang awalnya ada dalam benakku tentang persahabatan. Namun tidak setelah aku harus mengalami kejadian mengecewakan.

Inilah yang juga membuatku sulit percaya pada orang baru hingga menyebutnya sebagai sahabat. Kecuali orang yang sudah lama kukenal, aku tak akan pernah melakukannya.

Semua berawal dari pertemanan biasa antara aku dengan Jeni, Dina dan Ana. 3 orang yang baru aku kenal semenjak aku mulai menyandang status sebagai mahasiswa.

Kami cukup dekat selama 2 tahun lebih. Menghabiskan waktu bersama, berbagi hobi, kesukaan dan segala hal. Hingga suatu hal yang membuat kepercayaanku hilang.

“Besok Dina sidang San, Kamu mau kasih hadiah apa?” tanya Meli pada Sandra. Meli adalah teman Sandra sejak menjadi mahasiswa baru, sekaligus teman sekamarnya.

“Entahlah Mel, aku nggak tau apa akan datang di sidangnya Dina apa enggak,” jawab Sandra dengan wajah sendu.

“Kamu masih marah sama dia?” lanjut Meli sambil terus memainkan ponselnya. Inilah yang mereka lakukan untuk mengisi waktu luang di malam hari. Curhat.

“Aku nggak marah Mel, aku hanya kecewa sama mereka. Jeni, Dina dan Ana. Mereka orang yang sangat aku percaya tapi tega melakukan hal buruk di belakangku.”

“Kamu tahu sendiri bagaimana ceritanya kan Mel. Jadi aku masih sangat kecewa sama mereka. Menjual kisahku hanya demi sebuah eksistensi? Apa itu yang dinamakan sahabat?”

Meli tahu itu. Meli ada disana saat Sandra menangis hingga tengah malam karena sahabat-sahabatnya menceritakan semua kisah yang tidak orang ketahui tentangnya.

Kisah itu jugalah yang membuat Sandra dijauhi semua orang di kampusnya, kecuali Meli tentunya.

Mengetahui itu, Meli pun menghampiri Sandra. Menepuk pelan punggungnya. “Kalau Kamu gak mau datang, titipkan saja hadiahnya ke aku. Bagaimanapun kalian pernah dekat, eoh?”

“Iya, seperti itu mungkin lebih baik. Jadi aku tak perlu melukai hatiku maupun hatinya”.

Dan begitulah kisah persahabatan Sandra. Tidak harus menjual kisah sahabatmu hanya demi sebuah eksistensi atau mendapat teman baru.

Contoh Cerpen Pengalaman Pribadi

contoh cerpen pengalaman pribadi
sumbercenel.com

Satu lagi contoh cerpen singkat yang akan Kamu temukan dengan mudah adalah cerpen pengalaman pribadi. Cerpen ini juga lebih menarik untuk dibaca.

Hal ini karena cerpen yang berdasarkan pengalaman pribadi setiap orang pasti berbeda satu sama lainnya. Karena itu contohnya akan lebih mudah ditemukan.

Cerpen berdasarkan pengalaman pribadi juga lebih menarik karena ceritanya lebih beragam bergantung pada pengalaman masing-masing penulisnya.

Seperti misalnya contoh cerpen singkat pengalaman pribadi berikut ini.

Teet teet teet…

“Astaga. Aku terlambat ke sekolah,” gumamku sambil bangkit dari tempat tidurnya dan bergegas ke kamar mandi.

“Ibu… aku sudah terlambat ke sekolah. Kenapa tidak bangunkan aku?” teriaknya sambil berlari ke kamar mandi.

Ibu yang mendengar teriakanku dari dapur hanya bisa tersenyum melihat kelakuan anak gadisnya.

“Elsa sarapan dulu baru berangkat,” Teriak ibuku beberapa saat setelah melihat aku berlarian keluar rumah.

“Tidak usah Bu, sarapan di sekolah saja. Elsa udah telat nih bu,” jawabku sambil masih berlari.

Ketika berlari keluar rumah, aku melihat motor Ayah masih ada di depan rumah.

“Apa Ayah libur hari ini?” Tanyaku dalam hati sambil meneruskan langkah.

Tak lama kemudian, Aku berpapasan dengan Rian, teman sekelas sekaligus sahabatku sedang lari pagi mengelilingi kompleks perumahan kami.

“Kamu gak sekolah Yan?” Tanyaku bingung karena melihatnya masih berpakaian santai.

“Kamu nglindur Sa? Ini masih jam 5 pagi. Ngapain buru-buru ke sekolah. Sekolah juga belum buka kali Sa,” Jawab Rian sambil tertawa mengejekku.

Dengan tampang bingung aku melihat jam tangan. Dan benar, masih jam 5 pagi lebih 10 menit.

“Ibuuu….” Teriakku dari luar rumah.

Ibu keluar sambil tertawa. Makanya jadi anak gadis jangan suka bangun kesiangan.

Contoh Cerpen Cinta

contoh cerpen cinta
papasemar.com

Satu lagi jenis cerpen yang paling disukai oleh pembaca, yaitu cerpen bergenre romantis yang menceritakan kisah cinta.

Karya sastra apapun dengan genre romance akan selalu mendapat tempat tersendiri bagi penikmat karya sastra, terutama pecinta romance.

Cerita yang berkaitan dengan kisah romansa ini akan membuat pembaca merasa berbunga-bunga bahkan menangis terharu karena kisahnya. Seperti contoh cerpen singkat tentang cinta berikut ini.

Cinta, tidak akan ada yang tahu pada siapa dia akan berlabuh. Hati mana yang akan menjadi tempatnya bernaung. Begitu pula kisah yang terjadi pada sepasang sahabat ini.

Andrew dan Hani, sahabat dari kecil yang sudah saling mengenal baik satu sama lain.

Namun siapa sangka dibalik eratnya persahabatan itu, Andrew diam-diam menyimpan perasaan pada Hani.

Rasa ingin memiliki dan melindungi Hani seutuhnya, sebagai seorang pria, bukan hanya sahabatnya.

Sayangnya Andrew harus puas melihat Hani ternyata lebih bahagia bersama orang lain.

“Hari ini anniversary ku dengan Thomas yang ke 3. Menurutmu aku harus kasih hadiah apa buat dia?:” tanyanya penuh antusias.

Dengan perasaan yang sangat berat, Andrew harus menjawab pertanyaan yang sama tiga tahun ini. Ya, sudah selama itu Ia hanya bisa melihat sahabatnya bahagia dari jauh.

“Tidak perlu kasih apa. Dia juga sudah senang dengan ada Kamu disisinya selama 3 tahun ini,” Jawabnya dengan senyum yang sedikit dipaksakan.

“Benarkan? Eh tapi kenapa dia belum menelponku sama sekali hari ini? Apa mungkin dia sedang menyiapkan kejutan untukku?”

“Ah, kalau begitu, Kamu harus temani aku bikin kejutan untuknya. Bagaimana kalau kita beli kue? Kue di cafe langgangan kita sepertinya cocok,” masih sambil tersenyum sumringah.

Mereka pun berangkat ke cafe tempat biasa mereka nongkrong. Saat tiba di cafe, pemandangan yang sungguh bukan hal yang ingin dilihat oleh Hani, dilihat oleh Andrew.

Sebelum Andrew sempat mengalihkan perhatiannya, Hani sudah terlebih dahulu melihat. Ya, Thomas, kekasih yang selama ini dicintainya, sedang berpegangan tangan dengan seorang gadis.

Terlalu hancur hatinya, Hani memilih keluar dari cafe itu diikuti oleh Andrew. Tak tahu berapa lama mereka mengemudi dalam diam hingga akhirnya Andrew memilih berhenti.

“Kenapa aku tidak tahu kalau selama ini dia seperti itu? kenapa aku tidak pernah tahu semua yang dilakukan di belakangku,” racau Hani sambil menatap kosong ke depan.

Setelah berpikir sedikit lebih lama, Andrew memberanikan diri menggenggam tangannya. “Ijinkan aku menyembuhkan lukamu. Ijinkan aku menjadi bahu yang siap menjadi tempatmu bersandar.”

Terkejut dengan pengakuan tiba-tiba itu, Hani pun tak bisa berkata apa-apa.

Semenjak kejadian itu, hubungan mereka semakin dekat. Bukan sebagai sahabat, tapi sebagai sebagai sepasang kekasih.

Akhir Kata

Cerpen sebagai salah satu jenis karya sastra juga memiliki penggemar tersendiri. Memiliki karakteristik lebih cepat dibaca membuat cerpen semakin banyak diminati.

Belum lagi banyak genre yang juga bisa dinikmati dari prosa ini. Seperti beberapa contoh cerpen singkat di atas yang mungkin bisa menjadi referensi bacaan di waktu luang Anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.