Contoh Surat Pribadi

Contoh surat pribadi – Sebelum adanya teknologi seperti yang trend saat ini, surat sudah lebih dulu menjadi sarana komunikasi yang sangat populer pada masanya lho.. Apalagi surat pribadi.

Ada banyak sekali jenis dan contoh surat pribadi yang bisa menjadi panduan untuk Kamu membuatnya sendiri.

Jika jaman sekarang kalau mau pedekate bisa dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram atau aplikasi chat seperti whatsapp, maka beda lagi dengan jaman dulu.

Jaman dulu, kalau ingin berkomunikasi, apalagi pedekate dengan gebetan, surat adalah media utama yang digunakan.

Dengan menggunakan surat, pesan yang disampaikan jadi terkesan lebih romantis.

Hal ini bisa Kamu lihat dari banyaknya contoh surat pribadi yang mungkin ditulis oleh ibu atau ayah Kamu saat masih muda dulu.

Perlu Kamu ketahui, jenis surat pribadi tidak hanya untuk gebetan saja lho, ada beberapa jenis surat pribadi lainnya seperti beberapa di bawah ini.

Contoh Surat Pribadi Untuk Berbagai Keperluan

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu

Jangan kira kalau mau menulis contoh surat pribadi itu bisa seenaknya.

Meskipun bersifat pribadi, penulisannya juga harus memperhatikan kaidah yang baik dan benar.

Yang paling utama, bahasa yang digunakan harus sopan tak lupa etikanya juga harus baik.

Bagi Kamu yang ingin menulis surat pribadi untuk ibu, berikut ini adalah contoh surat pribadi untuk ibu yang mungkin bisa menginspirasi Kamu.

Untuk Ibu yang Selalu Kurindukan

Bagaimana kabar ibu? Semoga ibu selalu diberi kesehatan meskipun dalam cuaca yang sedang tidak menentu ini.

Surat ini aku kirimkan sebagai pengobat rindu untuk ibu di rumah serta penyampai pesan keadaanku di sini.

Tinggal jauh dari ibu memang sulit. Tidak bisa merasakan masakan ibu dan mendengar omelan ibu ternyata begitu berat.

Tapi aku sudah berjanji untuk bertahan demi meraih cita-citaku.

Doakan selalu anakmu yang sedang berjuang di tanah rantau ini ya bu.

2. Contoh Surat Pribadi Untuk Ayah

Tak hanya untuk ibu, Kamu juga bisa menulis surat pribadi untuk ayah.

Apalagi bagi Kamu yang merupakan tipe anak yang dekat dengan ayahnya.

Contoh surat pribadi untuk ayah berikut bisa menjadi contoh jika Kamu mau membuat surat untuk ayah.

Assalamualaikum,

Bapak yang Kusayang

Bagaimana keadaan bapak di kampung? Alhamdulillah kabarku disini baik-baik saja.

Apakah pekerjaan bapak di rumah lancar? Jangan terlalu lelah bekerja ya pak.

Istirahat yang cukup dan jaga kesehatan bapak.

Sebentar lagi ujian akhirku selesai dan saat liburan aku bisa pulang.

Doakan semoga ujianku lancar sampai akhir supaya aku bisa pulang dengan membawa kabar baik untuk bapak.

Kiranya sekian dulu selayang kabar dari ananda. Lain waktu kita sambung.

3. Contoh Surat Pribadi Untuk Kakek Dan Nenek

Tidak hanya untuk orang tua seperti ayah atau ibu, surat pribadi juga bisa diberikan kepada orang tua ayah dan ibu.

Bagi Kamu yang tinggal jauh dengan kakek atau nenek, contoh surat pribadi untuk kakek berikut mungkin bisa menginspirasi Kamu kalau mau berkirim kabar untuk kakek di desa.

Salam rindu untuk kakek dan nenek di desa

Assalamualaikum

Bagaimana kabar kakek dan nenek di desa? Semoga kakek dan nenek selalu dalam keadaan sehat.

Aku, ayah, ibu dan adek disini juga dalam keadaan sehat.

Apalagi adek saat ini tambah pintar karena kemarin saat terima rapor dapat peringkat pertama.

Oh ya kek, sebentar lagi liburan sekolah tiba. Rencananya kita sekeluarga akan menghabiskan liburan sekolah di desa.

Karena itu ananda mengirim surat untuk mengabari kakek dan nenek

Satu lagi kek, ayah berpesan supaya kakek dan nenek tidak perlu repot-repot menyiapkan apapun untuk menyambut kami.

Pesan ayah, kakek jangan terlalu lelah, kalau ke ladang jangan sampai kelelahan.

Sekian dulu selayang kabar dari ananda dan keluarga. Titip salam buat nenek.

Jangan lupa jaga kesehatan ya kek. Tunggu kami sekeluarga saat liburan nanti.

4. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Kalau menulis surat untuk guru biasanya adalah surat ijin untuk tidak masuk sekolah.

Nah, bagaimana kalau menulis surat pribadi selain surat ijin?

Tentu saja ada sedikit perbedaan dengan ketika menulis surat ijin untuk tidak masuk sekolah.

Surat pribadi untuk guru bisa dikirimkan ketika ada momen-momen tertentu. Seperti misalnya ketika merayakan hari guru.

Yang lebih umum sih biasanya surat pribadi untuk guru diberikan ketika ada guru yang akan pindah tugas.

Saat momen ini biasanya murid-murid bisa mengungkapkan perasaan sayang atau bangga karena sudah dididik selama beberapa waktu.

Nah, kalau misalnya ada guru Kamu yang akan pindah tugas, coba beri surat seperti contoh surat pribadi untuk guru berikut.

Ibu Yayuk yang Kami Sayangi

Assalamualaikum

Ibu Yayuk, bagaimana kabarnya? Kami selalu berdoa agar ibu selalu dilimpahi kesehatan dan kebahagiaan selalu dalam mengajar.

Ibu, bagaimana lingkungan sekolah ibu yang baru disana? Apakah lebih nyaman dan menyenangkan?

Saya dan teman-teman kelas XI IPA sekarang sudah masuk kelas 3 dan sebentar lagi akan menghadapi ujian.

Kami memohon restu pada ibu agar selalu diberi kelancaran baik dalam mempersiapkan ujian ataupun saat ujian nanti.

Ibu Yayuk yang kami rindukan. Doakan hingga ujian selesai kami selalu diberi kelancaran dan kesehatan.

Saya dan teman-teman berencana untuk berkunjung ke tempat ibu mengajar yang baru hitung-hitung untuk melepas rindu.

Sekian dulu surat dari saya dan teman-teman. Surat ini kami buat bersama sebagai bentuk rasa rindu dan rasa sayang kami untuk ibu.

Lain waktu kami pasti akan mengirimkan surat lagi untuk ibu.

5. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Atau Teman

Nah, kalau yang satu ini pasti sudah sering Kamu tulis kan?

Surat untuk teman merupakan salah satu jenis surat pribadi yang paling sering ditulis.

Apalagi jika termasuk teman yang sangat dekat, atau bahkan sahabat.

Nih, ada contoh surat pribadi untuk teman yang bisa Kamu contoh kalau mau berkabar melalui surat.

Lina yang cerewet,

Hei, bagaimana kabarmu? Bagaimana kabar bude dan pakde di rumah? Apa Lisa sekarang sudah tumbuh besar?

Terakhir kali aku melihat adikmu itu sepertinya masih TK dan pendek sekali kan? Apa dia sudah lebih tinggi?

Oh ya sebelumnya maafkan aku ya, setelah aku dan keluarga harus pindah tempat tinggal ke luar pulau Jawa, kita jadi tidak punya banyak waktu bersama seperti dulu.

Apalagi beberapa tahun belakangan kami sudah jarang pulang kampung.

Kali ini, aku mau kasih kabar gembira buat Kamu. Bulan depan, aku sudah libur kuliah selama 1 bulan lebih.

Kabar baiknya, aku diperbolehkan pergi ke Jawa sendiri sama ayah.

Bagaimana? Kamu mau menampungku kan? Awas kalau Kamu gak mau menampungku tinggal di rumahmu.

Eh sudah dulu ya suratnya. Nanti kalau Kamu balas suratku, jangan lupa jawab pertanyaanku ya.

Oh ya, jangan lupa jemput aku bi bandara saat aku tiba.

Aku sudah lupa daerah disana, takutnya nanti nyasar. See you cerewet.

6. Contoh Surat Pribadi Untuk Kakak

Kalau Kamu punya kakak yang sedang belajar di luar negeri atau mungkin sedang berkarir di daerah yang jauh, bolehlah Kamu sesekali menulis surat untuk sekadar memberi kabar.

Nih ada contoh surat pribadi untuk kakak yang mungkin bisa jadi referensi Kamu buat menulis surat untuk kakakmu.

Mbak Ayang yang Kusayang

Gimana kabar mbak di Seoul? Ini sudah masuk musim dingin kan di Korea?

Apa suhunya masih sangat rendah seperti tahun-tahun kemarin?

Aku harap Mbak Ayang sehat-sehat selalu dan tidak terserang flu seperti tahun kemarin.

Oh ya mbak, dapat salam sari bapak sama ibu di rumah.

Katanya bapak sama ibuk kangen sama mbak dan nanya kapan kira-kira mbak ada waktu buat liburan di rumah?

Kalau mbak ada waktu liburan dan gak sibuk ngerjakan tugas, bolehlah mbak liburan di rumah.

Satu lagi nih mbak, ibuk khawatir mbak Ayang bakalan kena flu kayak taun kemarin.

Jadi, biar tubuh mbak tetap fit, ibu juga nitipin madu dan kunir asem buat mbak. Diminum yang teratur ya mbak.

Sudah dulu ya mbak suratnya. Lain waktu kita sambung lagi. Salam sayang dari adikmu.

7. Contoh Surat Pribadi Untuk Istri

Setelah menikah, beberapa pasangan mungkin merasa pasangannya sudah tidak lagi romantis seperti saat pacaran dulu. Mungkin Kamu salah satunya.

Nah, biar istri Kamu makin sayang, coba buatkan surat pribadi yang romantis.

Isinya bisa tiru salah satu contoh surat pribadi untuk istri berikut.

Istriku yang Kusayang

Bagaimana kabarmu di rumah? Ini sudah bulan ke-3 aku ditugaskan di luar negeri. Apa kamu kangen sama abang?

Abang disini kangen banget sama Kamu. Rasanya sepi sekali tanpa ada Kamu di sekitar abang.

Tapi jangan khawatir dek, disini abang bekerja untuk negara dan masa depan kita.

Tak lupa abang selalu menitipkan rasa rindu dalam setiap doa di sujud malam abang.

Abang selalu menitipkanmu pada Sang Pemilik Hidup agar Kamu selalu dijaga disana walaupun tanpa abang.

Tahan sebentar lagi rindumu ya dek, tinggal satu bulan lagi dan masa kerja abang akan segera berakhir.

Setelah itu kita bisa melepas rindu selama 3 bulan ini. Jaga kesehatanmu baik-baik yang dek. Salam rindu dari abang di perbatasan negeri.

8. Contoh Surat Pribadi Untuk Suami

Kalau sebelumnya ada surat dari Suami yang sedang bertugas di luar negeri.

Nih buat Kamu para istri yang sedang dilanda rindu karena ditinggal suami dinas luar kota.

Contoh surat pribadiuntuk suami ini bisa jadi pengobat rindumu.

Assalamualaikum

Ayah yang selalu Bunda rindukan

Bagaimana kabar ayah? Ayah tidak lupa makan teratur kan? Vitaminnya juga sudah diminum secara rutin kan?

Bunda dan kakak di rumah sangat merindukan ayah.

Beberapa waktu lalu kakak sempat sakit, tapi untungnya tidak parah.

Bunda sudah bawa ke dokter dan alhamdulillah sekarang keadaannya sudah lebih baik.

Ayah tak usah khawatir, kakak dan bunda disini selalu baik-baik saja.

Apalagi ada ibu dan bapak yang bantu bunda jaga kakak.

Ayah gak usah terlalu mikirin bunda dan kakak di rumah.

Ayah harus bekerja dengan giat agar bisa segera pulang.

Sampai jumpa di rumah ayah. Salam sayang dari bunda dan kakak.

Akhir Kata

Jika selama ini kamu banyak menemukan contoh surat formal, nah kali ini ganti surat non formal atau surat pribadi.

Contoh surat pribadi di atas akan membantu Kamu saat mau menulis surat pribadi baik untuk keluarga maupun teman.

Itulah tadi beberapa contoh surat pribadi yang bisa Kamu jadikan referensi kalau mau menulis surat pribadi.

Meskipun bersifat pribadi, Kamu juga harus memperhatikan kaidah penulisan yang baik dan benar ya.

Tinggalkan komentar