Gambar Bunga Hias

Gambar bunga – Ada banyak gambar bunga yang sekarang ini ada di Indonesia. Dengan berbagai gambar bunga yang ada, kamu pasti tertarik untuk memiliki salah satu dari beberapa bunga yang ada.

Bunga yang indah ini mudah sekali perawatannya. Bahkan ada beberapa bunga yang mempunyai manfaat yang bisa kamu ambil jika kamu membudayakan bunga tersebut.

Beberapa jenis bunga dibawah ini sangat indah dan memiliki banyak makna. Kamu juga bisa mengungkapkan rasa dengan memberikan bunga ini untuk pasangan kamu.

Kumpulan Gambar Bunga Hias

1. Gambar Bunga Mawar

Gambar Bunga Mawar
style.tribunnews.com

Pada gambar bunga mawar ini memang terlihat jika jenisnya sangat banyak. Ada hampir 100 spesies bunga mawar dengan warna yang beraneka ragam.

Bunga mawar dengan berbagai warna tersebut juga memiliki makna yang berbeda seperti yang sudah dijelaskan pada jenis jenis bunga mawar berikut.

a. Mawar Merah

Salah satu ekspresi cinta yang bisa kamu ungkapkan ialah dengan menggunakan bunga mawar merah.

Selain eksresi cinta, kamu juga bisa mengungkapkan ekspresi lain seperti kerinduan ataupun lainnya.

Dengan bunga mawar merah anda juga bisa mengungkapkan rasa hormat, kagum pada seseorang ataupun lainnya.

b. Mawar Peach

Sedangkan bunga mawar selanjutnya ialah mawar warna peach yang tampak seperti warna pink kekuningan. Dengan warna mawar ini, akan menunjukkan kesan kehangatan.

Selain itu, mawar yang berwarna peach juga mencerminkan kesopanan dan keseriusan, kepolosan dan juga kemurnian.

c. Mawar Kuning

Bunga mawar yang berwarna kuning ini mencerminkan adanya kegembiraan. Apalagi untuk mawar kuning yang warnanya sangat cerah juga termasuk sebuah simbol persahabatan atau kepedulian terhadap sesama.

Kamu juga bisa memberikan mawar kuning ini untuk sahabat kamu yang telah sukses dan mendapatkan sebuah prestasi sebagai salah satu lambing kejayaan.

2. Gambar Bunga Matahari

Gambar Bunga Matahari
malang.merdeka.com

Pastinya kamu sudah pernah melihat gambar bunga matahari yang banyak di pasang di mana mana. Bunga berwarna kuning yang sangat indah ini juga banyak ditanam di Indonesia.

Selain karena keindahannya, ternyata bunga matahari memiliki manfaat yang belum banyak yang mengetahuinya.

a. Bunga Matahari Penghasil Minyak

Banyak manfaat bunga matahari yang bisa kamu peroleh dengan membudidayakannya. Salah satunya ialah diambil minyak yang berasal dari biji bunga matahari.

Bunga matahari yang seperti ini memiliki biji yang cangkangnya tipis dengan kandungan minyak sangat tinggi yakni sekitar 52%.

Sehingga kelompok bunga matahari ini memang sengaja diambil sebagai salah satu bunga yang menghasilkan minyak.

b. Bunga Matahari Pakan Dan Pupuk Hijau

Selain sebagai penghasil minyak, ternyata bunga matahari juga bisa diambil manfaatnya untuk pupuk hijau.

Jenis bunga matahari ini akan diambil daunnya sebagai pupuk maupun pakan.

Itu karena bunga matahari jenis ini memiliki ukuran yang kecil dibandingkan lainnya.

c. Bunga Matahari Tanaman Hias

Selanjutnya ialah bunga matahari dengan kelompok tanaman hias. Bunga matahari ini memang mempunyai mahkota yang warnanya menarik, dengan ukuran yang sangat besar.

Bunga matahari yang digolongkan sebagai tanaman hias ini juga punya warna yang bervariasi dengan setiap cabangnya juga terdapat bunga.

3. Gambar Bunga Sakura

gambar Bunga Sakura
khasiatsakura.wordpress.com

Kamu bisa mengamati indahnya gambar bunga sakura selain kamu pergi ke Jepang.

Bunga sakura selain berasal dari jepang juga termasuk bunga nasional dari Negara jepang disamping bunga Seruni.

Warna pink yang dimiliki oleh bunga jepang ini mampu menyihir siapa saja untuk menyukainya. Ada banyak sekali jenis bunga sakura yang ada, seperti beberapa jenis berikut ini.

a. Bunga Sakura Edohigan

Jenis bunga sakura ini biasa mekar pada hari ekuinoks ketika musim semi. Jenis bunga sakura ini juga punya usia paling panjang daripada sakura lainnya.

Sakura jenis ini juga punya beberapa jenis lagi yakni varian ishiwarizakura dengan varian yamadakashinyozakura, kedua jenis sakura tersebut juga termasuk bunga sakura yang dilindungi oleh pemerintah.

Jenis bunga sakura Ishiwarizakura juga termasuk bunga sakura yang berbeda dengan jenis sakura lainnya. Yakni mempunyai corak warna putih bersih.

Sementara untuk bunga sakura dari jenis miharutakizakura juga memiliki keunikan tersendiri yakni mempunyai ranting menjuntai sangat indah.

Selanjutnya untuk bunga sakura edhohigan dari jenis Yaebenisshidare, termasuk kedalam bunga sakura dengan warna cerah dan daun yang banyak.

b. Bunga Sakura Jenis Shidarezakura

Ciri utama pada jenis sakura ini ialah tumbuh dan mekar bunga ini menyebar menyamai air mancur.

Sama halnya dengan bunga sakura jenis Someiyoshino, pada tipe ini termasuk kedalam varietas Edohigan dengan tangkai yang jatuh kebawah.

Karena benurk tangkainya itu, bunga sakura ini biasa disebut dengan sakura menangis. Selain itu, bunga sakura ini juga dikenal sebagai bunga kota Kyoto.

4. Gambar Bunga Tulip

Gambar bunga tulip
blog.misteraladin.com

Keindahan bunga tulip juga terlihat pada gambar bunga tulip yang memiliki beberapa jenis dan termasuk bunga yang memperoleh perhatian dimata dunia.

Meskipun bentuknya sangat sederhana, yakni berbentuk bunga yang masih kuncup dan tumbuh tegak, namun ada yang unik pada bunga ini.

Salah satu keunikan bunga ini ialah karena bunga ini memiliki warna yang kontras terhadap batang maupun daun yang dimilikinya.

Bunga tulip memiliki beberapa jenis yang semuanya sangat indah dan menarik.

a. Bunga Tulip Merah

Seperti hal nya pada bunga mawar merah, ternyata tulip merah juga digunakan untuk mengungkapkan perasaan cinta terhadap pasangan.

Kamu bisa mengungkapkan rasa cinta kamu pada pasangan dengan memberikan tulip merah sebagai pengganti mawar merah.

b. Bunga Tulip Kuning

Sama hal nya dengan mawar kuning, ternyata tulip warna kuning juga melambangkan persahabatan.

Warna yang sangat cerah ini tentunya juga melambangkan adanya rasa gembira dan berseri seri.

Sehingga, kamu bisa memanfaatkan bunga tulip kuning untuk diberikan pada teman yang sakit agar rasa cerianya bisa kembali dan sembuh.

c. Bunga Tulip Merah Muda

Sementara untuk bunga tulip yang berwarna pink merupakan bunga tulip yang melambangkan sebuah penghargaan atau harapan yang baik.

Hal ini bisa kamu lihat di Negara Belanda yang mengalungkan para pemenang pertandingan olahraga dengan rangkaian tulip berwarna ungu.

Bahkan sebagian orang juga biasa menggunakan bunga tulip merah ini untuk buket bunga sang mempelai wanita sebagai doa yang baik dimasa mendatang.

5. Gambar Bunga Anggrek

gambar bunga anggrek
pixabay.com

Kebanyakan gambar bunga anggrek yang ada berwarna ungu dan juga putih. Selain itu, masih ada bunga anggrek dengan jenis lain yang bisa kamu temukan di dataran Indonesia ini.

Penanamannya juga sangat mudah hanya dengan menempelkan bunga anggrek tersebut pada sebuah pohon dan membungkusnya dengan serabut dan kulit kelapa.

Bunga anggrek juga mengandung sejumlah manfaat yang bisa kamu manfaatkan dalam beberapa hal, berikut manfaat bunga anggrek yang mungkin diantaranya belum kamu tahu.

a. Sebagai Obat Dan Simbol Tertentu

Bunga anggrek ternyata juga bisa digunakan sebagai symbol cinta, kemewahan ataupun keindahan.

Bahkan dimasyarakat yunani, symbol bunga anggrek ini untuk symbol kejantanan.

Namun jika kamu beralih pada Negara tiongkok, disini anggrek digunakan sebagai bahan untuk wewangian pada kekaisaran kuno.

Sementara dinegara China menggunakan anggrek untuk bahan obat berbagai penyakit.

b. Sebagai Penghilang Stress

Berdasarkan sebuah penelitian, jika kamu membudidayakan anggrek didalam rumah, ini bisa membantu mengurangi stress yang dialami. Jadi, budidayakan bunga anggrek ini untuk penghilang stress.

6. Gambar Bunga Melati

Gambar Bunga Melati
pixabay.com

Tanaman bunga yang paling banyak di budidayakan oleh masyarakat ialah bunga melati.

Jika mengamati gambar bunga melati ini, ternyata bunga ini mempunyai beberapa jenis dan manfaat masing masing. Salah satu manfaatnya ialah sebagai tanaman obat.

a. Batang bunga melati

Jika kamu mengamati batang bunga melati ini, maka bisa disimpulkan jika bunga melati termasuk pada jenis tumbuhan semak.

Batang berkayu dan tinggi sekitar 5 cm sekaligus batang melati sangat halus bahkan juga jarang.

b. Daun melati

Ciri daun melati putih ialah daunnya majemuk dan menyirip. Hal ini berarti daun majemuk dengan anak daun yang dijumpai dikanan maupun kiri.

Selain itu, ibu tangkai daunnya juga disusun menyerupai sirip ikan.

Daun dari bunga melati ini hanya punya tangkai maupun helaian saja. Bentuknya ovale dengan pangkal daunnya bentuknya seperti setengah lingkaran dan ujungnya sedikit meruncing.

c. Bunga dari Bunga Melati

Warna bunga melati ialah putih, kuning dan merah muda. Bunga melati ini berukuran sangat kecil dengan aroma yang sangat khas sehingga bisa dijadikan sebagai terapi maupun relaksasi untuk menghilangkan stress.

7. Gambar Bunga Teratai

gambar bunga teratai
getlost.id

Kamu pasti sudah tahu jika bunga teratai ini hanya bisa hidup di air saja. Gambar bunga teratai juga menunjukkan jika bunga teratai ini mampu bertahan diatas air.

Bunga teratai banyak dijumpai di kolam ikan dengan aliran air yang tenang. Selain itu, ada beberapa manfaat yang bisa kamu ambil dari bunga teratai ini diantaranya.

1. Mengobati Batuk Darah

Salah satu manfaat bunga teratai untuk kesehatan ialah bisa menyembuhkan batuk darah.

Adanya kandungan asam nikotinat bisa dijadikan sebagai penyembuh muntah darah. Caranya dengan menjadikan jus pada rimpang teratai.

2. Mengatasi Diare disertai Muntah

Manfaat selanjutnya ialah bisa menghilangkan diare dan juga muntah. Untuk mengganti cairan dalam tubuh yang telah hilang, gunakan jus rimpang teratai ini untuk dikonsumsi.

Ada kandungan mineral dalam bunga teratai tersebut yang bisa menambah cairan dalam tubuh kamu.

Kamu juga bisa menambahkan jahe dalam jus tersebut untuk menambah khasiatnya.

3. Mengobati Disentri

Seseorang yang mengalami disentri juga kekurangan cairan dalam tubuhnya sehingga perlu mengkonsumsi jus rimpang teratai ini secara teratur.

Cara menggunakannya dengan menyediakan 50 gr rimpang teratai dan juga 10 gr jahe parut.

Peras dengan air 100cc, dan rebuslah sampai mendidih campurkan madu untuk diminum.

8. Bunga Sepatu

Gambar bunga sepatu
jenisfloraindonesia.web.id

Sebenarnya banyak macam gambar bunga sepatu yang ada didunia. Bentuk bunga sepatu seperti terompet yang memiliki diameter sekitar 6 cm sampai 20 cm.

Sedangkan putik bunga sepatu juga menjuntai diluar dan terlihat jelas. Setelah mekar, bunga dapat menghadap ke berbagai arah, bisa kebawah, samping dan juga atas.

Bunga sepatu juga ada di Negara jepang dan biasa dimanfaatkan untuk tanaman pagar.

Sedangkan bunga sepatu dibagian selatan Okinawa jepang juga disebut sebagai bunga kehidupan setelah mati.

Jadi, bunga ini akan mudah ditemukan pada pemakaman umum yang ada disana.

Selanjutnya bunga sepatu juga digunakan sebagai bahan pembuat kertas. Jenis bunga sepatu sebagai bahan kertas ini ialah dari jenis kenaf (atau Hibiscus cannabinus).

Selanjutnya bunga sepatu juga bisa digunakan sebagai bahan untuk teh. Kamu bisa mengkonsumsi teh dari bunga sepatu ketika hangat ataupun dengan dicampuri dengan es batu.


9. Bunga Kamboja

Gambar Bunga Kamboja
kabarmediablog.wordpress.com

Gambar bunga kamboja
tamantropis.com

Gambar bunga kamboja indah
style.tribunnews.com

Kamu bisa mengenal lebih dekat bunga kamboja dari gambar bunga kamboja. Biasanya bunga ini juga banyak dijumpai pada pemakaman umum.

Ada juga jenis bunga kamboja sebagai tanaman hias yakni kamboja jepang. Ada beberapa jenis bunga kamboja yang ada seperti yang sudah dijelaskan berikut ini.

a. Adenium Obesum

Kamboja jenis ini memang biasa disebut sebagai desert rose/ karoo rose. Jenis bunga kamboja ini juga banyak dijumpai di wilayah timur Afrika yakni diselatan Arabia. Bunga jenis ini sekarang telah banyak ditanam di Indonesia.

Pada habitat aslinya, bunga kamboja hidup menyemak dengan ukuran pohon antara 10-12 meter.

Namun di Indonesia sendiri ukuran pohonnya juga sangat pendek hanya sekitar 1-2 meter saja.

Sementara warna bunganya juga kebanyakan merah pada tepi petal, serta putih pada tengahnya.

b. Mengobati Bisul

Bisul merupakan penyakit yang mungkin sepele namun sangat mengganggu. Kamu juga bisa menggunakan bunga kamboja untuk mengatasi masalah bisul yang kamu alami.

Caranya sangat mudah hanya perlu panaskan daun kamboja hingga layu serta oleskan minyak zaitun dibagian daun kamboja tersebut. Selanjutnya tempel dibagian bisul sampai ramuannya mengering.

10. Bunga Bangkai

Gambar Bunga Bangkai
picswe.com

Untuk mengenal lebih dekat mengenai bunga bangkai, kamu bisa amati gambar bunga bangkai secara jelas.

Jika dilihat dari namanya tentu kamu sudah bisa menyimpulkan jika bunga bangkai baunya tidak wangi bahkan seperti bangkai.

Dibalik baunya yang tidak wangi, Bunga bangkai punya banyak manfaat untuk tubuh seperti dibawah ini.

1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat bunga bangkai yang pertama ialah bisa menjaga kesehatan pada tulang kamu.

Jadi, dengan mengkonsumsi bunga bangkai akan membuat tulang kamu semakin kuat. Bahkan akan mencegah dari masalah pengeroposan tulang.

2. Sumber energi

Kamu juga bisa menggunakan khasiat bunga bangkai ini sebagai sumber energy.

Khususnya bagi kamu yang gampang lelah atau letih karena kekurangan energy bisa mencoba mengkonsumsi bunga bangkai ini.

Sehingga rasa mudah capek dan letih bisa langsung hilang.

3. Mencegah dan Menjaga Tubuh dari Penyakit

Untuk anda yang kurang menjaga pola makan tentu bisa membuat tubuh gampang terserang penyakit.

Sehingga perlu menjaga pola makan menjadi lebih teratur dan selalu konsumsi bunga bangkai ini untuk mencegah terserang penyakit.


11. Bunga Raflesia

Gambar Bunga Raflesia
jambi.tribunnews.com

Gambar bunga rafflesia
lampungpro.com

Jika melihat dari gambar bunga raflesia tentu sudah bisa disimpulkan jika bunga ini memiliki ukuran yang sangat besar. Selain ukurannya yang besar, ternyat bunga ini juga memiliki bau busuk.

Oleh karena itu, bunga ini kerap disebut sebagai bunga bangkai. Selain itu, ada ciri ciri lain yang melekat pada bunga raflesia seperti berikut ini.

1. Bunga Yang Besar Dan Bobot Yang Berat

Diameter yang dimiliki oleh bunga raflesia memang sangat besar yakni mampu melebihi ukuran 1 meter.

Selain itu, bobot yang dimiliki oleh bunga ini juga bisa mencapai 10 kg. Ukuran tinggi bunga ini jika diukur dari tanah bisa mencapai 50 cm.

Bunga ini memiliki mahkota dengan jumlah 5 buah. Helai mahkota bunga raflesia berwarna merah dan ada bintik bintik putih telah menyebar rata pada seluruh helai mahkota raflesia.

Spesies bunga raflesia yang terkecil masih berukuran besar dengan diameter mencapai 20 cm.

2. Bukan Tumbuhan Sejati

Bunga raflesia juga tidak mempunyai akar, batang maupun daun sehingga disebut dengan tumbuhan tak sejati.

Karena ketiga organ tumbuhan tersebut adalah syarat utama sebuah organisme dengan sebutan tumbuhan sejati.

Hal itu menyebabkan bunga ini juga tidak bisa menghasilkan makanan sendiri dan membutuhkan makanan dari tumbuhan lain misalnya tanaman inang.

3. Tanaman Endoparasit

Karena bunga ini tidak mampu menghasilkan makanan sendiri, maka hidupnya sebagai parasit obligat atau parasit sejati.

Dengan begitu, tanaman ini mempunyai sulur untuk menyerap nutrisi yang berasal dari akar atau batang tumbuhan inang.

Akan tetapi sulur tersebut sifatnya merusak tumbuhan inang bahkan bisa mematikan karena telah menyerap seluruh nutrisi didalamnya.

12. Bunga Dahlia

Gambar bunga dahlia
suherlin.com

Gambar bunga dahlia cantik
tanamania.com

Gambar bunga dahlia
gambarpedia.org

Indahnya gambar bunga dahlia pastinya mampu memikat siapa saja dan ingin memilikinya.

Jenis bunga ini termasuk tanaman perdu berumbi tahunan dan berbunga hanya pada musim panas sampai musim gugur.

Negara meksiko menjadikan bunga dahlia ini menjadi bunga nasional negaranya.

Tumbuhan ini termasuk tumbuhan bunga hias dan merupakan tumbuhan tegak. Asal bunga ini adalah Negara Meksiko.

Sementara bunga ini juga merupakan tanaman hias sehingga banyak dibudidayakan.

Manfaat Bunga Dahlia

Jenis bunga dahlia yang berwarna putih juga banyak dijual karena banyak digunakan sebagai bunga dukacita.

Sementara untuk bunga dahlia lainnya juga banyak di jual sebagai tanaman luar rumah didalam polibag.

Bunga ini juga termasuk tumbuhan berubi. Dengan kandungan hampir 70% pati berbentuk inulin.

Inulin murni yang berasal dari ekstrak ubi dahlia ini juga dimanfaatkan dalam bidang kedokteran.

Inulin tersebut bisa difermentasikan enzim tertentu maupun jamur tanah bisa berubah menjadi fruktosa.

Zat tersebut ialah zat gula yang sering digunakan dalam pengawetan makanan maupun pembuatan sirup.

13. Bunga Edelweeis

Untuk mengetahui bentuk detail bunga edelweiss, anda bisa amati gambar bunga edelweeis ini.

Bunga ini termasuk bunga dengan banyak kandungan bermanfaat sebagai obat berbagai penyakit seperti diare, disentri, dan TBC.

Bunga ini juga sudah dipergunakan sebagai bahan obat alami dari dulu karena kaya akan kandungan terbaik untuk tubuh.

Bunga ini juga termasuk bunga paling dikenal oleh para pendaki. Disebabkan bunga satu ini memang habitat aslinya berada di wilayah bersuhu dingin atau dataran tinggi.

Sebutan bunga abadi telah diberikan pada bunga ini karena meskipun disimpan lama bersuhu dingin tidak akan gugur.

Hal itu karena terdapat senyawa etilen dalam bunga ini yang berfungsi sebagai penekan hormone yang mampu bertahan sampai 15 tahun.

1. Membunuh jamur, virus dan bakteri jahat

Salah satu manfaat bunga edelweiss ialah bisa membunuh jamur, virus, maupun bakteri dalam tubuh sebagai penyebab berbagai penyakit.

Biasanya jamur tersebut mampu menyebabkan penyakit flu, demam, ataupun diare.

Hal itu karena dalam bunga edelweiss mengandung anti mikroba yang bisa melawan virus, jamur atau bakteri jahat dalam tubuh kamu.

2. Menghentikan diare

Masalah diare bisa diakibatkan beberapa hal salah satunya ialah pola makan kurang teratur, konsumsi makanan pedas atau lainnya.

Jika hal ini dibiarkan saja, tentu akan membuat pencernaan dalam tubuh kamu bermasalah dan berakibat diare.

Namun, dengan bunga edelweiss ini, masalah diare kamu bisa teratasi dengan mudah.

14. Bunga Krisan

Gambar Bunga Krisan
bukalapak.com

Bunga Krisan
kirimbungamalang

Keindahan bunga krisan bisa dilihat dari mana pun salah satunya dari gambar bunga krisan ini.

Bunga ini juga termasuk bunga hias sehingga banyak masyarakat yang membudidayakan bunga krisan ini.

Salah satu alasan dibudidayakan bunga ini selain indah bunganya ialah karena bisa dijadikan sebagai minuman kesehatan.

Kelompok bunga krisan ini memang masih berkeluarga dengan bunga daisy. Karena bentuk yang dimilikinya hampir sama dengan bunga daisy, banyak yang mengira jika bunga tersebut punya manfaat yang hampir sama.

Kandungan bunga krisan yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh ialah adanya kandungan vitamin A, B, dan C.

Ada sebagian yang mempercayai jika bunga ini sangat menyehatkan tubuh ketika diminum dengan segelas anggur.

Hal ini biasa dilakukan oleh masyarakat jepang. Untuk mengetahui manfaatnya, langsung simak ulasan berikut.

1. Melindungi kesehatan jantung

Salah satu kandungan herbal yang terdapat pada bunga krisan ini ialah mampu mencegah resiko penyakit jantung.

Kandungan zat besi dalam bunga ini mampu mencegah penyumbatan pembuluh arteri jantung.

Untuk mengambil manfaat bunga ini, konsumsi secara teratur menjadi minuman kesehatan.

Karena manfaat chrysantenum dalam bunga ini mampu melindungi kesehatan tubuh kamu.

2. Menjaga fungsi mata dan telinga

Manfaat bunga krisan lainnya ialah bisa menjaga fungsi mata maupun telinga. Adanya kandungan vitamin A ternyata mampu mencegah timbulnya iritasi mata ataupun mata kemerahan.

Mengkonsumsi minuman herbal bunga krisan ini ternyata juga bisa meningkatkan pendengaran sekaligus menghindari penglihatan yang kabur.

3. Melawan infeksi bakteri

Salah satu manfaat bunga krisan ialah mampu melawan infeksi bakteri. Karena semakin banyaknya bakteri yang tersebar luas, maka tidak disadari jika bakteri tersebut bisa menempel pada tubuh kamu. Hal tersebut bisa menimbulkan terjadinya infeksi.

Kamu bisa menggunakan bunga krisan ini untuk melawan bakteri penyebab infeksi. Selain itu, adanya kandungan antispirochete dalam bunga krisan ini juga bisa mengobati penyakit lama maupun sifilis.

15. Bunga Aster

Gambar Bunga Aster
kampoengilmu.com

Bunga Aster
ilmubudidaya.com

Keindahan bunga aster ini sudah terlihat ketika kamu amati gambar bunga aster yang warnanya indah.

Bunga ini berasal dari daratan Tiongkok, namun ada juga yang berpendapat jika bunga ini berasal dari Amerika Utara.

Hal tersebut telah dibuktikan ditemukannya 600 spesies bunga aster yang tingginya antara 30 sampai 70cm.

Bunga aster ini juga banyak dibudidayakan para petani di Indonesia diwilayah pacet.

Setelah diamati bunga ini sangat mirip dengan bunga deasy serta bunga matahari yang membedakan hanyalah ukurannya saja.

Daun yang dimiliki oleh bunga aster ialah berbentuk daun tersusun.

Sementara warna bunga aster ini juga bermacam macam seperti warna putih, biru, dan juga ungu.

Sedangkan ciri khas utamanya ialah adanya warna kuning pada bagian tengah bunga aster ini.

Usia bunga aster ialah sekitar 1 tahunan. Di Indonesia bunga aster juga termasuk komponen penting dari karangan bunga.

Bunga aster ini juga tidak mengenal musim sehingga bisa mekar sepanjang tahun.

Bunga aster termasuk bunga sempurna karena bagian maupun bentuknya memenuhi syarat sebagai bunga yang sempurna.

a. Bunga Aster Kuning (Eucephalus Breweri)

Jenis bunga aster kuning ini berasal dari Amerika utara dan biasa disebut dengan aster Brewer.

Jenis bunga ini juga termasuk bunga endemik dan asli dari California pada pegunungan Sierra Nevada.

Selanjutnya bunga ini juga menyebar dari barat laut Nevada sampai barat daya Oregon.

Biasanya bunga aster kuning ini tumbuh disekitar kayu caudex, yang mempunyai ketinggian antara 10 cm sampai 1 meter. Warna bunga aster ini kuning cerah serta mempunyai diameter 5cm.

b. Aster Kayu Biru (Symphyotrichum Cordifolium)

Selanjutnya ialah jenis bunga aster yang berasal dari Amerika utara dibagian Timur.

Saat musim mekar telah tiba, skitar bulan agustus sampai bulan oktober bunga ini memiliki warna putih keunguan ataupun kebiruan dan bagian tengahnya warnanya ungu tua. Jenis aster ini juga tetap berbunga pada ketinggian 1200 mdpl.

c. Buga Aster Putih (Symphyotrichum Dumosum)

Jenis aster satu ini merupakan aster lebat yang merupakan bunga aster lama atau biasa disebut dengan aster dumosus dulunya.

Kamu bisa menemukan jenis aster ini di seluruh wilayah Amerika Serikat bagian timur. Mulai wilayah Texas sampai Florida serta dari Miaine sampai Wisconsin.

Aster jenis ini juga bisa tumbuh pada ketinggian sampai 100 cm. Memiliki warna cukup kalem, yakni putih dengan mahkota berwarna kuning pada tengahnya.

Keindahan bunga aster ini bisa anda miliki dengan membudidayakan dirumah sebagai tanaman hias.

16. Bunga Asoka

Gambar Bunga Asoka
tanamanobat.com

Meskipun bunga asoka tak setenar dengan bunga melati dan mawar, namun jangan salah, karena gambar bunga asoka tampak sangat indah apalagi bunga aslinya.

Ciri utama bunga asoka ini ialah memiliki bentuk runcing dan kecil. Bunganya juga tumbuh bergerombol yang berwarna kuning cerah kemerah merahan.

Bunga asoka juga banyak dijadikan untuk bunga hias sehingga banyak ditanam di taman ataupun pekarangan depan rumah.

Walaupun bunga ini tak memiliki bau yang wangi, namun bunga asoka juga banyak mengandung nektar. Dengan nectar tersebutlah banyak kupu kupu hinggap diatas bunga ini.

Keindahan warna cerahnya serta kupu kupu yang ada disekitar bunga ini mampu memperlihatkan pemandangan yang sangat indah.

Bunga ini juga mengandung sejumlah nutrisi penting yang banyak digunakan sebagai obat herbal.

Beberapa manfaat bunga asoka digunakan oleh Negara asalnya untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti:

a. Bunga Asoka Untuk Obat Wasir

Ramuan bunga asoka ternyata juga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan wasir yang kamu alami.

Langkah membuat ramuan dari bunga asoka juga sangat mudah, anda tinggal mencucinya dan menghaluskan bunga asoka dan merebusnya. Minum ramuan ini untuk menyembuhkan wasir dan disentri.

b. Bunga Asoka Sebagai Obat Luka Memar

Jika kamu mengalami luka memar karena jatuh ataupun terkena pukulan, maka bisa juga menggunakan bunga asoka ini untuk menyembuhkan luka memar.

Untuk menggunakan ramuan dari bunga asoka, kamu perlu mencampurkan bahan lain kedalamnya.

Misalnya saja dengan menambahkan umbi daun dewa dengan mawar yang telah dikeringkan.

Caranya dengan mencampur bunga asoka & daunnya, dengan kedua bahan tersebut, cuci bersih dan rebus menggunakan air 600 cc.

Tunggulah sampai air tersisa setengah dan konsumsi rebusan tersebut 2 kali sehari.

17. Bunga Cempaka

Gambar Bunga Cempaka
pernikdunia.com

Bunga Cempaka
agrowindo.com

Setelah melihat indahnya gambar bunga cempaka, tentu akan membuat siapa saja terpesona.

Apalagi jenis jenis bunga cempaka juga beragam. Ada yang berwarna putih, merah ataupun ungu.

Sebenarnya bunga cempaka ini punya hampir 50 spesies telah tersebar sampai ke seluruh penjuru dunia. Ada 4 jenis cempaka yang populer di Negara Indonesia.

Warna Ke 4 macam cempaka tersebut berbeda-beda, ke empat macam bunga cempaka tersebut ialah:

a. Bunga Cempaka Putih

Pasti kamu sering menemukan bunga cempaka putih ini, yang biasa disebut dengan bunga kantil.

Tanaman ini bisa tumbuh hingga 30 meter tingginya. Cirinya ialah terdapat bulu halus pada rantingnya dengan warna keabu abuan.

Daun dari bunga cempaka putih ini juga termasuk daun tunggal berwarna hijau cerah.

Ketika bunga masih muda berwarna hijau, namun setelah bunga tersebut mekar, warnanya akan berubah putih bersih.

Bunga ini juga termasuk tanaman khas jawa tengah sehingga kamu akan sangat mudah menemukannya disana.

Banyak manfaat bunga kantil ini di wilayah jawa. Salah satunya ialah digunakan pada upacara adat.

Diantaranya ialah untuk menghias pusaka, hiasan upacara pernikahan, dan upacara kematian.

b. Bunga Cempaka Merah

Meskipun bunga cempaka merah tak sepopuler dengan bunga cempaka putih, namun bunga cempaka merah tetap indah dilihat.

Bunga cempaka merah tumbuh diujung ranting dan berwarna merah muda. Bunganya berukuran 5-7 cm dan mempunyai kelopak sangat rapi.

Wanginya sangat khas seperti pada cempaka putih. Namun cempaka merah ini Cuma akan mekar dalam waktu 2 jam saja.

Sesudah itu, bunganya akan terlihat layu dan tampak seperti bunga cempaka biasa.

Jenis bunga ini sangat langka sehingga banyak kolektor tanaman yang ingin memilikinya.

Apalagi harganya sangat mahal sekuntum cempaka merah ini biasanya harganya antara 1-3 jutaan.

Mahalnya harga bunga ini karena sulitnya membudidayakan bunga cempaka merah ini. Hal tersebut juga membuat cempaka merah sangat langka.

c. Bunga Cempaka Ungu

Selanjutnya ialah cempaka ungu yang mempunyai warna ungu terang dengan aroma sangat harum.

Biasanya bunga cempaka ungu berbunga ketika awal musim hujan.

Bunga ini bisa tumbuh maksimal jika ditanam pada wilayah dataran tinggi pada suhu 20 sampai 26 derajat celsius.

d. Bunga Cempaka Kuning

Jenis bunga cempaka ini banyak disebut dengan cempaka wangi karena wangi khasnya. Ketinggian bunga cempaka ungu ini mampu mencapai 25 meter.

Sementara daunnya berbentuk telur bulat warna hijau cerah pada ujungnya juga berbentuk runcing.

Warna bunga cempaka kuning ialah kuning yang cenderung keruh namun hampir berwarna jingga.

Bunga cempaka ini sangat wangi sehingga kamu akan mencium wanginya meskipun tanpa mendekatinya.

Untuk membudidayakan cempaka kuning, bisa menanam bijinya.

Namun kamu bisa juga mencangkok bunga ini untuk membudidayakan cempaka kuning ini. Apalagi jika kamu ingin tanaman yang tumbuh tidak terlalu tinggi.

18. Bunga Flamboyan

Gambar Bunga Flamboyan
tokopedia.com

Bunga Flamboyan
tokopedia.com

Banyak bunga indah didunia salah satunya ialah bunga flamboyant yang bisa kamu amati dari gambar bunga flamboyant. Bunga ini hanya akan berbunga dalam musim tertentu.

Meskipun begitu, bunga ini banyak disukai oleh masyarakat karena tampilan dan bentuknya sangat menawan.

Bunga ini termasuk kedalam tanaman hias dan mampu mencapai tinggi sampai 12 meter.

Bunga ini banyak ditemukan pada wilayah terbuka asalkan mendapat cahaya matahari yang cukup.

Warna batangnya ialah coklat kelabu dan sangat licin. Mempunyai akar sangat kuat dan bisa menimbulkan kerusakan terhadap lapisan semen sebagai penutup jalan.

Bunga ini mempunyai cabang yang banyak dan tumbuh secara melebar atau menyamping.

Sehingga ketika tanaman ini tumbuh besar, maka akan berbentuk layaknya payung dan batangnya berkayu.

Daun pada bunga flamboyan berbentuk majemuk serta selalu tumbuh secara merapat dan bisa menghadirkan daun yang rindang.

Daunnya selalu menghijau dari musim hujan sampai musim kemarau awal. Selanjutnya daunnya akan gugur dan tinggal batangnya saja.

Apalagi ada batang dan juga ranting telah berjatuhan karena kering dan patah ketika musim kemarau tiba.

Jika kamu ingin menanam bunga flamboyant ini, pastikan jaraknya jauh dari rumah ataupun bangunan lain.

Supaya kerusakan tidak terjadi karena akar bunga flamboyant yang sangat kuat.

Selain itu, perlu adanya perawatan seperti memotong, serta merapikan cabang supaya pertumbuhan bunga flamboyant bisa lebih teratur.

Keimpulan

Itulah penjelasan beberapa jenis bunga, semoga menjadi tambahan ilmu buat kamu.

Tulisan ini juga bisa jadi referensi buat kamu yang ingin menanam tanaman hias di rumah.

Tanaman atau bunga hias di pekarangan rumah akan sangat membantu kamu menyegarkan pikiran saat duduk-duduk di pekarangan rumah.

Sehingga bagi kamu yang belum memiliki tanaman atau bunga hias di pekarangan rumah, cobalah untuk menanam satu atau dua bunga hias yang kamu sukai

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.