Aneka Kerajinan Tangan Dari Kertas

Kerajinan Tangan dari Kertas – Mempunyai kertas jangan hanya dianggurin saja dan menjadi sesuatu yang tidak berguna. Ubahlah sampah menjadi kerajinan tangan dari kertas yang bermanfaat.

Walaupun kreativitas tersebut tidak ingin dijual tetapi bisa digunakan sebagai hiasan. Kertas yang dinilai sampah bisa menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna tinggi.

Kerajinan Tangan Dari Kertas dan Cara Membuatnya

1. Vas Bunga

Kerajinan tangan dari kertas yang pertama adalah kerajinan vas bunga yang bisa diletakkan di meja ruang tamu. Cara membuatnya juga sangat mudah.

Sediakan kertas bekas bisa dari koran atau majalah, lem, cutter, tali, dan botol plastik. Sediakan juga lem tembak sebagai bahan perekat terakhir dari vas bunga.

Pertama, Kamu potong botol di bagian tengah dengan memakai pisau cutter. Kemudian, linting kertas sebanyak-banyaknya dan rekatkan kertas dengan menggunakan lem.

Setelah itu, oleskan lem pada bagian luar botol yang sudah dipotong tadi. Lalu, kertas yang sudah dilinting, tempelkan pada botol bekas. Potong lintingan kertas yang terlalu panjang.

Jika semua kertas lintingan sudah menutupi bagian botol, berikan tali untuk pemanis. Kalau mempunyai pita bisa tambahkan pita pada vas.

2. Bunga Dari Kertas

Kertas juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan dari kertas berupa bunga yang selain bisa dipakai untuk hiasan juga bisa untuk kado. Pasti menjadi kado yang sangat indah.

Dengan membuat kado sendiri, kado lebih terasa istimewa. Bahan pembuat bunga kertas juga sangat murah dan mudah. Tidak harus berkeliling tempat jauh untuk mendapatkannya.

Bahan yang diperlukan adalah kertas berwarna misalnya kertas krep atau origami, lem, gunting, dan cotton bud ukuran besar. sangat mudah Kamu dapatkan bukan bahannya?

Langkah pertama, buatlah bagian kelopak. Gunting dahulu kelopak besar di bagian bawah. Lalu, buat lengkungan kecil di bagian bawah agar tampak seperti bunga asli.

Berilah lem pada kelopak ditempelkan. Lalu, tata dengan rapi kelopak tersebut. tatalah dari kelopak kecil kemudian kelopak yang kecil.

Semakin mahir Kamu menyusun kelopak-kelopak tersebut maka bunga yang dihasilkan juga semakin kece. Tentu saja semakin menarik. Gunakanlah kertas lebih dari 1 warna.

3. Tas Jinjing

Tas jinjing juga bisa dibuat dengan seni kerajinan tangan dari kertas. Tas semacam ini lebih dikenal dengan paper bag.

Paper bag bisa digunakan sebagai tempat membawa barang-barang atau sebagai tempat kado. Jadi Kamu tidak perlu lagi membungkus dengan kertas kado.

Kamu tinggal sediakan saja kertas kado, pembolong kertas, double tape, pita atau tali. Gunting kertas kado sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.

Jangan lupa, sisakan ukuran tinggi dan panjang kira-kira 2 kali dari ukuran benda yang dimasukkan. Sisakan juga untuk tempat tali.

Langkah berikutnya, tempelkan doble tape di bagian samping dari atas hingga bagian bawah. Rekatkan ujung yang berlawanan juga supaya lebih kuat.

Pindahkan bagian sambungan kertas ke bagian samping supaya sambungan bisa tertutup dengan sempurna. Kemudian lipat sisi bawah kertas.

Lipatlah kedua ujung membentuk segitiga. Lipat sisi bawah dan atas, lipatlah hingga lebih dari setengah bagian yang terlipat. Lalu rekatkan.

Kemudian potong kertas karton sesuai dengan lebar dan tinggi bagian atas yang sudah terlipat. Sediakan lagi karton yang mempunyai ukuran sama.

Satukan karton di sisi dalam lipatan dan rekatkan. Kemudian, buat empat lubang dengan memakai pembolong dengan jarak yang sama. Jika sudah masukkan tali kemudian ikat.

4. Tempat Pensil

Kamu juga bisa membuat kerajinan tangan dari kertas lainnya berupa tempat pensil. Kerajinan ini sangat berguna supaya meja belajar anak tidak berantakan.

Untuk membuat tempat pensil Kamu harus menyediakan kertas koran atau majalah bekas, gunting dan lem. Jangan lupa bersihkan botol plastik tersebut.

Kalau tidak ada botol bekas bisa juga memakai kertas karton. Tetapi bentuk dahulu kertas karton menjadi bentuk kubus dengan bagian atas yang terbuka.

Pertama, linting kertas koran atau majalah yang sudah disiapkan tadi. Linting dengan rapi dan kencang. Jika sudah beri lem bagian ujung lintingan. Buat lintingan yang banyak.

Potong botol bekas menjadi dua bagian. Kemudian, berilah lem pada botol atau kubus karton yang sudah dibuat. Susunlah dengan rapi lintingan kertas pada botol dan karton.

Setelah semua sisi tertutupi, rapikan bagian atas dan bawah dengan menggunting kertas sesuai dengan ukuran botol dan kubus karton.

Sebagai hiasan, kamu bisa menambahkan pita. Jika suka bisa juga ditambahkan dengan bunga yang juga dibuat dari kertas. Pasti sangat menarik tempat pensilmu itu.

5. Lampu Meja

Kerajinan tangan dari kertas berikutnya pasti tidak mungkin terpikirkan oleh orang. Kerajinan tersebut adalah lampu meja. Kertas yang dipakai adalah kertas yang dipakai untuk kue.

Gunakan kertas kue dengan warna kesukaan Kamu. Kalau bisa sesuaikan dengan warna cat tembok kamar supaya lebih cocok dan indah dipandang.

Pertama-tama, siapkan juga selotip, lampu kecil, cutter dan gunting. Buatlah bunga dengan memakai gunting menjadi beberapa bentuk yang berbeda-beda.

Lipatlah kertas kue menjadi 4 atau 8 bagian. Bahkan Kamu bisa melipatnya menjadi 16 bagian. Kemudian potong sedikit di bagian ujung kertas. Buatlah bentuk bunga sesuai keinginanmu.

Pasanglah bunga-bunga kecil tadi pada lampu hias. Susun dan rapikan bunga supaya menjadi lebih menarik dan indah. Beri selotip pada bagian bawah bunga agar tidak mudah lepas.

Setelah semua bagian lampu sudah terhias dengan bunga kertas kue, lampu meja sudah bisa dipakai. Kamu bisa pasang lampu di kamar atau di ruang tamu.

6. Hiasan Kupu-Kupu

Kerajinan tangan dari kertas berikutnya adalah hiasan dinding kupu-kupu. Untuk membuatnya, kamu hanya cukup menyediakan kertas origami saja.

Cara membuatnya adalah buatlah pola kupu-kupu di kertas origami. Buat pola sebanyak kupu-kupu yang ingin dibuat. Setelah itu, lipat kertas ke depan dan belakang.

Jika sudah, ikat bagian tengah kertas dengan tali atau benang. Ikat dengan kuat supaya tidak mudah lepas. Bentangkan kertas yang dalam lipatan tanpa melepas tali.

Jadilah kupu-kupu warna-warni sesuai keinginan Kamu. Jika ingin membuat kupu-kupu seolah terbang, siapkan benang dan jarum.

Masukan benang pada lubang jarum dan tarik benang sesuai panjang yang kamu mau. Kemudian ikatlah ujung benang. Tusuk bagian belakang kertas origami dengan jarum tersebut.

Tarik benang dan ulangi terus proses tadi untuk mendapatkan rangkaian kupu-kupu. Jangan lupa memberi jarak untuk setiap kupu-kupu supaya tidak terlalu ramai.

Jika terlalu rapat juga hiasan juga tidak bagus. Jadi lebih baik jika kupu-kupu dirangkai renggang saja. Jika sudah dapat beberapa rangkaian, gantung hiasan di dinding kamar.

7. Hiasan Dinding Berupa Bintang

Kerajinan tangan dari kertas selanjutnya adalah hiasan dinding bintang. Untuk membuatnya dibutuhkan ketelatenan. Anak-anak juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Sediakan kertas origami dengan warna yang Kamu sukai. Kemudian sediakan gunting untuk memotong kertas. Jangan pakai cutter karena hasilnya pasti kurang rapi.

Langkah awal, lipat kertas menjadi dua bagian. Setelah dilipat buka kembali lipatan. Kemudian lipat lagi ke kanan dan terbentuklah persegi dengan ukuran yang kecil.

Langkah selanjutnya adalah lipat kertas hingga membentuk setengah lipatan. Kertas tersebut sudah siap untuk digunting. Buka dahulu lipatan kertas. Itulah bintang lima karyamu.

Jika sudah Kamu bisa menempelkan bintang di dinding kamar. Buatlah bintang lebih dari satu supaya kamar lebih berwarna. Jangan memakai warna senada dengan tembok.

8. Burung Kertas

Membuat burung dari kertas merupakan hal yang paling mudah bagi masyarakat. Anak-anak juga bisa membuat kerajinan tangan dari kertas bentuk burung sendiri karena mudah.

Kamu hanya tinggal membeli kertas origami. Kertas jenis ini lebih mudah untuk dibentuk dan mempunyai warna-warni yang sangat menarik.

Cara membuatnya juga sangatlah mudah. Kamu tinggal melipat kertas origami membentuk segitiga. Pastikan sisi yang berwarna ada di bagian dalam lipatan.

Kemudian, ambil satu sisi bagian kertas origami, lipat ke bagian tengah lalu lipat bagian atas ke bagian belakang. Lipatlah secara terbalik pada bagian luar kertas.

Jika sudah, lipat bagian bawah kertas ke belakang dan depan. Lipatlah sesuai dengan pola burung. Pada bagian kepala, Kamu bisa membentuk dengan melipat kertas ke bagian dalam.

Kemudian, lipat sisi bagian kiri ke sisi dalam dan lipat bagian ekor ke luar. Jadilah burung hasil karya tanganmu sendiri. Buat lebih dari satu agar bisa dipasang sebagai hiasan rumah.

9. Pop-up Card

Kerajinan tangan dari kertas berupa pop-up card pasti tidak bisa dikatakan sepele. Membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk membuatnya.

Pop-up card sendiri bisa dibentuk menjadi undangan atau kartu ucapan. Yang menerima pasti sangat terkesan pop-up card buatanmu.

Kamu cukup menyediakan kertas asturo, kertas lipat, lem, pensil, penggaris, dan gunting. Jika tidak tersedia kertas asturo bisa gunakan kertas karton.

Caranya, tekuk kertas menjadi dua bagian. Kemudian gunting kertas. Beri manik-manik jika suka sebagai dekorasi. Rekatkan manik-manik dengan lem.

Bentuk pola bunga di kertas lain. Gambar pola dengan rapi kalau perlu pakai penggaris jika dibutuhkan.

Lalu gunting pola tersebut. jika sudah satukan bunga tersebut dengan kertas asturo sebelumnya. Kalau tidak suka bunga bisa memakai bentuk lainnya.

Jadilah pop-up card yang menarik nan cantik untuk hadiah orang terkasih. Sangat mudah bukan proses pembuatannya?

10. Dekorasi Pesta

Garland juga merupakan salah satu jenis kerajinan tangan dari kertas yang bisa dibuat sendiri. Kamu cukup menyediakan kertas krep, benang, dan gunting.

Ikatlah kertas krep dengan benang dan gunting bagian bawah kertas. Buat guntingan secara acak. Jadi seperti membuat sponge mandi. Buatlah lebih dari satu.

Kemudian, ikat dan tata menggunakan tali dan pasang pada dinding yang akan dipakai untuk pesta.

11. Perahu Kertas

Kerajinan tangan dari kertas berikutnya merupakan kerajinan paling sederhana dan sudah diajarkan di sekolah semenjak masih sekolah dasar. Kerajinan itu adalah perahu kertas.

Cukup sediakan kertas saja. Supaya lebih mudah dibentuk pakai kertas yang tipis dan mempunyai bentuk persegi panjang. Kemudian lipat kertas menjadi dua bagian.

Lipat kembali kertas menjadi dua. Setelah itu buka lipatan kertas, lipat kertas dengan menyatukan ujung atas dan bawah membentuk segitiga.

Lipat kedua bagian segitiga. Jika sudah, pegang titik diagonal dan buka kertas dengan mempertahankan kedua ujungnya. Tarik ujung kertas dan ratakan topi kertas tersebut.

Ambil sudut bawah dan lipat ke bagian atas. Ulangi pada kedua bagian bawah. Tariklah secara perlahan. Perahu kertas sudah siap berlayar.

Buatlah sendiri kerajinan tangan dari kertas Kamu sendiri. Hias rumah dengan karya sendiri pasti lebih memuaskan hasilnya. Selamat mencoba.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.