Aneka Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim

Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim – Membuat kerajinan tangan dari stik es krim bukan lagi hal yang sangat sulit. Semua bisa dibuat dengan bahan yang bisa didapat dengan harga yang murah.

Stik es krim yang biasanya dibuang begitu saja bisa digunakan untuk barang berguna dan bernilai ekonomis. Hanya dengan sedikit kreativitas untuk mengkreasikan stik es krim.

Kerajinan Tangan Dari Stik Es Krim Dan Cara Pembuatannya

1. Tempat Pensil Dari Stik Es Krim

Benda hasil kerajinan tangan dari stik es krim yang pertama adalah tempat pensil. Kamu bisa membuat sendiri tempat pensil sendiri agar meja kerja atau belajar lebih rapi dan cantik.

Sebagai permulaan, Kamu susun stik es krim. Menyusunnya dengan cara sejajar. Setelah semua tersusun, beri selotip di bagian bawah dan atas stik. Kemudian sediakan gelas.

Tutupi bagian luar gelas dengan menggunakan stik es krim tadi. Kemudian, ulangi lagi proses tersebut. susun kira-kira 12 batang stik saja dan tempel dengan selotip berjajar di tengah.

Berilah lem tembak di pinggiran stik dan tempel masing-masing stik dengan stik lagi di bagian atasnya. Stik tersebut yang menjadi bagian bawah dari tempat pensil.

Tempat pensil bisa dipercantik dengan memberikan sedikit ornamen seperti bunga dari plastik atau kertas. Jika punya kancing hias dengan kancing. Tempat pensil sudah siap digunakan.

2. Bingkai Foto Dari Es Krim

Kerajinan tangan dari stik es krim selanjutnya yang bisa Kamu buat sendiri di rumah yaitu bingkai foto. Walaupun dari stik, foto bisa terpajang dengan sangat cantik.

Kamu cukup menyediakan stik es krim dan lem. Gunakan lem yang mempunyai daya rekat kuat. Sediakan juga kancing baju sebagai hiasan.

Yang terpenting, Kamu harus memastikan kalau pigura harus disesuaikan dengan ukuran foto yang dipasang. Bingkai yang paling mudah dibuat adalah bingkai untuk foto ukuran kecil.

Pertama, Kamu susun secara sejajar stik es krim. Berilah lem pada bagian pinggir supaya stik tidak mudah lepas. Susun kira-kira 7 stik es krim.

Jika sudah, beri stik es krim di bagian atasnya secara melintang. Beri lem bagian pinggirnya. Setelah itu, beri lagi stik secara melintang di atasnya. Biarkan lem mengering.

Sebagai pengganti tali, Kamu letakkan stik es krim membentuk segitiga di bagian atas pigura. Jika sudah, beri hiasan berupa kancing warna-warni supaya lebih menarik.

Jika tidak punya kancing, berilah warna pada pigura dengan memakai pewarna. Beri warna sesuai dengan warna kesukaanmu. Pigura nan cantik buatanmu sudah siap dipajang.

3. Vas Bunga Dari Stik Es Krim

Kamu juga bisa membuat kerajinan tangan dari stik es krim berupa vas bunga. Vas bunga ini bisa dipakai untuk meletakkan bunga dari plastik.

Cara membuat vas juga sangat mudah. Hanya dengan bermodal stik es krim saja maka vas bunga untuk mempercantik ruang tamu bisa dimiliki.

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah melunakan es krim. Cara melunakannya adalah dengan cara merebus es krim dalam air mendidih selama beberapa menit.

Jika sudah dirasa stik sudah lunak, segera siapkan gelas kaca panjang sebagai media menyusun stik. Angkat stik satu persatu dan masukan ke dalam gelas.

Lengkungkan stik kemudian masukkan ke dalam gelas. Jangan sampai stik menjadi dingin karena jika stik dingin maka stik akan sulit untuk dilengkungkan.

Susun stik sesuai dengan kreasi yang Kamu miliki. Tidak harus semua bagian gelas tertutup. Buat semenarik mungkin. Vas bunga karyamu sudah siap untuk diberi bunga.

4. Tempat HP Dari Es Krim

Membuat kerajinan tangan dari stik es krim mudah lainnya adalah tempat HP. Gunanya agar ponsel Kamu tidak diletakkan di sebarang tempat dan bisa jadi malah hilang.

Kamu hanya cukup menyiapkan stik es krim dan lem. Sediakan cutter untuk memotong stik yang terlalu panjang supaya sesuai dengan ukuran HP.

Susun kurang lebih 4 atau 5 stik secara sejajar. Beri lem di bagian pinggir agar tidak mudah lepas. Inilah yang menjadi bagian bawah tempa HP nanti.

Lalu. Letakkan secara melintang 2 buah stik di bagian atas dan bawah alas tempat HP yang sudah dibuat tadi. Kemudian, buat lagi dengan menyusun stik secara sejajar sebanyak 3 atau 4.

Setelah itu, potong bagian bawah stik kemudian beri lem. Letakkan pada bagian alas. Bisa diletakkan secara lurus atau miring. Tergantung Kamu sukanya bagaimana.

Tunggu hingga lem mengering sempurna. Tempat hp dari stik es krim sudah jadi.

5. Lampu Tidur Dari Es Krim

Kerajinan tangan dari stik es krim yang bisa Kamu buat sendiri berikutnya adalah lampu tidur. Lampu ini bisa semakin membuat kamar lebih menarik dan nyaman untuk tempat istirahat.

Cara membuatnya juga tidak rumit. Kamu harus menyediakan stik es krim, spidol, penggaris, gunting, dan dudukan lampu dan kertas.

Letakkanlah dudukan lampu di bagian tengah. Lalu beri stik di bagian kanan dan kiri lampu. Berilah lem sebagai perekat pada permukaan stik.

Tumpuk lagi dengan stik dengan posisi yang sama seperti awal. Lampu tidur dengan bahan stik es krim akhirnya jadi juga. Mudah bukan cara membuatnya?

6. Miniatur Rumah Dari Es Krim

Bagi sebagian besar orang membuat miniature rumah merupakan hal paling sulit. Apalagi kalau dalam bentuk kerajinan tangan dari stik es krim.

Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan tingkat tinggi untuk menyelesaikan miniature rumah.

jika miniatur sudah selesai dijamin kepuasan bisa didapatkan dan ingin membuatnya lagi.

Kamu harus menyiapkan stik es krim, lem dan cutter. Susun secara sejajar stik. Berilah lem di bagian pinggir supaya stik merekat dengan kuat. Usahakan harus sejajar.

Untung membuat jendela susun stik yang sudah dipotong sebelumnya. Susun kira-kira 3 stik saja. Lalu letakkan stik secara melintang di atasnya secara berlawanan.

Untuk bagian dinding susun lagi stik secara sejajar. Potong bagian atas secara miring stik untuk meletakkan atap. Potong serapi mungkin.

Pasang jendela dengan melubangi dinding sesuai dengan jendela. Letakkan bagian dinding secara vertikal. Beri lem dahulu di bagian bawah supaya stik bisa tegak berdiri.

Kemudian, letakkan atap secara miring di bagian atas jika dinding sudah terpasang semuanya. Miniatur rumah sederhana jadi. Tinggal diberi hiasan jika diperlukan.

Kamu juga bisa mengkreasikan desain rumahmu sendiri. Tinggal melihat desain awal rumah seperti apa.

7. Miniatur Kursi Dari Es Krim

Kerajinan tangan dari stik es krim selanjutnya yang bisa dibuat adalah miniatur kursi. Kamu hanya memerlukan stik dan lem.

Cara membuatnya sangat mudah karena Kamu cukup menggabungkan stik es krim yang sudah dipotong sebelumnya. Sesuaikan panjang stik dengan keperluan. Jangan terlalu pendek juga.

Caranya susun sejajar stik. Jangan terlalu rapat. Beri sedikit jarak agar stik serupa dengan kursi.

Susun 3 stik saja untuk tempat duduk. Beri lagi stik secara melintang di bagian ujung.

Ulangi proses tadi untuk bagian sandaran kursi. Setelah itu, satukan bagian sandaran dan kursi jadi satu dengan menggunakan lem.

Jika sudah kering, Kamu harus memberikan bagian kaki. Potong 4 stik dengan ukuran panjang yang sama. Kalau tidak sama, kursi tidak bisa berdiri tegak.

Jika sudah letakkan stik secara berdiri dengan memberikan lem di bagian ujung. Lalu, biarkan lem mengering dengan sempurna. Kursi stik es krim sudah jadi.

Beri furnish jika mau. Furnish juga memberikan warna pada miniatur kursi supaya terlihat seperti kursi asli. Dengan begitu, orang yang melihat pasti suka dan terpesona.

8. Miniatur Meja Dari Es Krim

Selain miniatur kursi, Kamu juga bisa membuat kerajinan tangan dari stik es krim berupa miniatur meja. Benda ini bisa dijadikan satu dengan kursi dan rumah sebagai pajangan.

Cara pembuatannya juga sangat mudah karena hampir sama dengan pembuatan miniatur kursi. Hanya dengan metode tempel dan potong saja.

Susun kira-kira 5 atau 6 stik es krim secara sejajar. Ingat menyusunnya harus rapat dan berilah lem di bagian pinggir stik. Bagian ini yang akan menjadi bagian atas meja.

Kemudian, letakkan stik secara melintang di bagian pinggir. Stik bagian pinggir ini panjangnya disesuaikan dengan lebar meja. Jika terlalu panjang maka potonglah.

Berilah penyangga untuk kaki meja dengan cara meletakkan lagi stik es krim yang sudah diberi lem. Letakkan stik secara menyilang supaya kaki meja lebih kuat dan kokoh.

Potong bagian ujung kaki meja secara miring. Ini lebih memungkinkan kaki meja menjadi bisa berdiri tegak dibanding bagian bawah yang datar-datar saja.

Berilah warna pada meja buatanmu, bisa dengan menggunakan cat atau furnish. Jika suka warna seperti asli maka gunakan saja furnish. Miniatur meja siap mendampingi kursimu.

9. Miniatur Gazebo Dari Es Krim

Membuat kerajinan tangan dari stik es krim berupa gazebo juga sebuah khayalan. Yang terpenting siapkan semua bahan dan pastinya ketelatenan untuk membuat.

Langkah awal Kamu harus memilih desain dari gazebo yang ingin dibuat. Bagi pemula, pilihlah desain dengan model yang mudah dan simpel,

Susunlah stik secara sejajar untuk bagian alas gazebo. Lalu potong bagian ujung bawah hingga membentuk segi lima atau segi empat. Sesuaikan dengan desain gazebo yang diinginkan.

Untuk atap, harus disesuaikan juga dengan bagian bawah. Jika bagian bawah segi lima maka bagian atap juga harus segi lima. Caranya tumpuk stik membentuk segi lima.

Bagian tiang diletakkan di setiap sudut bagian bawah dengan cara vertikal. Beri masing-masing 2 stik supaya lebih kokoh karena tiang merupakan penyangga.

Kemudian, letakkan atap di atas tiang. Beri lem yang berdaya rekat kuat. Jadilah gazebo sederhana buatan Kamu.

10. Lampion Dari Es Krim

Kerajinan tangan dari stik es krim selanjutnya adalah lampion. Bagi beberapa orang, lebih mengenal lampion dari kertas bukan stik. Sekarang buatlah lampion dari stik.

Caranya susun sejajar stik. Jangan menyusun dengan rapat. Berilah jarak supaya lampu bisa mengeluarkan cahaya dengan baik. Berilah lem.

Ulangi proses tadi sebanyak 4 kali untuk membuat sisi pinggir lampion. Kemudian, tempel kertas yang sudah disesuaikan dengan lampion. Untuk cahaya pakai lilin atau lampu bohlam.

Kerajinan tangan dari stik es krim merupakan salah satu kerajinan yang mudah dibuat. Hanya saja diperlukan kesabaran dan ketalatenan supaya mendapat hasil yang maksimal.

Jadikan hasil kerajinan tangan dari stik es krim sebagi hiasan rumah. bahkan mungkin bisa dijadikan pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.