Aneka Kerajinan Tangan dari Bambu

Kerajinan tangan dari bambu – Bambu adalah tanaman dengan beribu manfaat. Di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia bambu sangat mudah tumbuh subur baik secara alami maupun dibudidayakan.

Kerajinan tangan dari bambu kemudian menjadi salah satu komoditas produk Indonesia yang lebih ramah lingkungan.

Bambu selain mudah ditemukan juga memiliki banyak manfaat setelah diolah menjadi kayu bambu dan telah melalui tahap pengawetan. Tujuannya agar bambu semakin tahan lama saat sudah diolah dan dimanfaatkan.

Bambu yang sudah diolah menjadi kayu bambu dapat diproduksi menjadi berbagai macam benda-benda penunjang kebutuhan sehari-hari maupun beraneka kerajinan yang unik dengan fungsi praktis.

Kerajinan Tangan dari Bambu dan Cara Membuatnya

Selain ramah lingkungan kerajinan dari bambu relatif unik dan menarik sebagai benda-benda yang akan sering kamu gunakan sehari-hari. Berikut kerajinan tangan dari bambu beserta cara membuatnya:

1. Meja

kerajinan tangan meja mambu
jualo.com

Untuk membuat sebuah meja dari bambu kamu akan membutuhkan kayu bambu yang sudah melalui proses pengawetan, rancangan meja, gergaji, amplas, bor, cat, paku, palu, dan tali tambang. Untuk ukuran kayu bambu yang kamu butuhkan akan menyesuaikan ukuran meja yang ingin kamu buat.

Pertama potong kayu bambu sesuai ukuran dari rancangan meja yang sudah kamu buat. Potong menggunakan gergaji. Yang kedua amplas kayu bambu yang sudah kamu potong.

Selanjutnya merakit bambu sesuai rancangan meja. Bagian atas meja yaitu frame telah dilubangi dengan ukuran diameter bambu untuk kaki-kaki meja menggunakan bor kayu. Paku sudut-sudut yang menghubungkan frame dengan seluruh kaki meja.

Ikat sudut-sudut penghubung frame atas dengan kaki-kaki meja menggunakan tali tambang atau rotan. Agar meja dan kaki meja tidak goyah maka ikat tali tambang atau. Setelah bambu terakit dan membentuk meja amplas kembali seluruh permukaan meja dan plitur.

2. Kursi

kerajinan tangan kursi bambu
juraganfurniture.com

Bahan dan alat yang dibutuhkan juga sama yaitu bambu, gergaji, amplas, bor, cat, paku, palu, dan tali tambang.

Langkah pertama potong kayu bambu menjadi panjang yang sesuai dengan rancangan. Komponen akan terdiri dari frame kursi, dudukan, dan kaki-kaki kursi. Setelah pemotongan jangan lupa kayu bambu untuk diamplas halus dan bersih.

Yang kedua lubangi frame dengan bor untuk dimasukkan kaki-kaki kursi. Setelah frame dan kaki menyatu ikat sudut-sudut kursi yang saling terhubung dengan rotan atau tali tambang dengan kencang.

Langkah ketiga adalah menutup frame bagian dudukan dengan lapisan bambu yang kemudian dikencangkan dengan.

Sebagai finishing kursi dapat dicat maupun dipernish agar kursi semakin halus dan bersih untuk mempertahankan warna alaminya.

3. Lampu Taman

Untuk membuat kerajinan tangan dari bambu yaitu lampu taman dari bambu bahan dan alat yang akan kamu butuhkan adalah kayu bambu, lampu neon, gergaji, pisau, tali tambang dan penutup lampu.

Untuk panjang kayu bambu yang kamu gunakan ukuran idealnya relatif antara 1,5 meter hingga 2 meter.

Cara membuatnya cukup sederhana, pertama potong panjang bambu sesuai ukuran yang kamu butuhkan menggunakan gergaji.

Dengan pisau atau golok potong bambu menjadi rangka kelopak bunga pada setengah ujungnya saja.

Struktur kelopak bunga kemudian dibuat merekah dengan dianyam beberapa baris pada lingkarannya menggunakan rotan maupun tali tambang sehingga memberikan ruang untuk penutup lampu.

Penutup lampu kemudian dapat dimasukkan ke dalamnya beserta lampu neon.

4. Tempat Pensil

Tempat pensil dari bambu termasuk jenis kerajinan tangan dari bambu yang cukup sederhana dan paling mudah dibuat.

Tempat pensil dari bambu akan membutuhkan bahan dan alat seperti kayu bambu berbagai macam diameter, gergaji, amplas, lem, cat atau pllitur, pisau atau cutter.

Untuk jenis tempat pensil silinder kita hanya perlu memotong bambu tepat dibagian ruasnya untuk mendapat bagian alas dan beberapa centimeter diatasnya.

Jika bambu yang kamu potong masih membutuhkan alas maka bisa digunakan papan bekas yang dilem ke bagian alas bambu.

Usai dipotong amplas bambu agar bersih dan halus sebelum kamu cat maupun pernish agar tampak lebih menarik.

5. Pot Bunga

Untuk membuat pot bunga dari bambu cara dan bahannya cukup sederhana. Adapun bahan dan alat yang dibutuhkan antara lain bambu berdiameter besar, tali tambang, gergaji, paku, palu.

Diameter bambu yang digunakan harus besar untuk menampung pasir. Bambu ini kemudian dipotong pada tiap ruasnya.

Bambu yang panjangnya sudah dipotong kemudian dilubangi pada bagian badan menggunakan pisau.

Bambu-bambu yang sudah dilubangi dapat disusun sesuai keinginan kamu. Dapat memanjang seperti tangga maupun digantungkan terpisah.

Untuk menyusun gunakan tali tambang maupun paku dan pastikan bambu tetap kokoh di tempatnya.

Untuk tahap akhir isi lubang pada bambu dengan pasir dan bunga maupun tanaman.

6. Vas Bunga

Vas bunga dari bambu merupakan kerajinan tangan dari bambu yang bentuk dan cara pembuatannya sama dengan sebuah tempat pensil silinder dari bambu.

Alat dan bahan yang digunakan juga sama yaitu bambu, gergaji, amplas, cat atau plitur. Diamter bambu yang dibutuhkan bisa menyesuaikan keinginanmu.

Untuk mendapatkan bagian alas vas maka bambu yang kamu potong harus sekitar 3 sampai 5 centimeter dibawah ruas bambu.

Jika belum mendapat bagian alas maka gunakan papan yang tahan air dan ditempel pada alas.

Bambu diamplas hingga bersih dan halus. Setelah proses pengamplasan kamu bisa mengecat maupun memplitur permukaan luar bambu hingga tampak bagus dan mengkilap. Terakhir tambahkan air dan bunga untuk kamu pajang.

7. Lampu

Lampu hias termasuk kerajinan tangan dari bambu yang paling banyak diminati dipasaran karena bentuknya yang unik dan sangat menarik.

Warna coklat alami membuat lampu hias bambu cocok untuk berbagai jenis ruangan.

Jenis bambu yang digunakan adalah bambu dengan tipe ruas panjang. Untuk alat yang dibutuhkan antara lain gergaji, amplas, paku, palu, lem dan plitur.

Bambu kering menjadi panjang 15 atau 20 centimenter untuk kemudian diamplas halus dan diplitur.

Untuk tempat lampu kamu membutuhkan bagian ruas bambu. Jangan lupa amplas bagian dalam bambu.

Lubangi bagian tengah bawah bambu dengan paku maupun bor sebagai jalan kabel lampu.

Lubangi permukaan bambu membentuk motif yang menarik. Selanjutnya cat semua bagian luar bambu dan plitur halus hingga tampak mengkilap.

Setelah kering pasangkan dudukan lampu, lampu dan kabel pada bambu maka lampu hias dari bambu kamu sudah jadi.

8. Bingkai

Bahan dan alat yang akan kamu gunakan untuk membuat bingkai foto dari bambu adalah bambu dengan diameter sangat kecil, gergaji, penggaris, lem, pisau, amplas, plitur.

Tahap pertama yang perlu kamu lakukan, potong bambu yang berdiameter kecil tersebut menjadi empat bagian dengan panjang dan lebar yang sama. Kemudian amplas bersih dan halus.

Selanjutnya satukan keempat bambu tersebut membentuk persegi. Kamu bisa menggabungkan tiap sudutnya dengan lem maupun rotan. Bambu yang sudah disatukan dan membentuk persegi kemudian dicat.

9. Gelas

Gelas bambu merupakan kerajinan tangan dari bambu yang bisa kamu buat sendiri dengan mudah. Bahan dan alatnya adalah bambu tua, kuku bambu, gergaji, amplas, cutter, cat dan plitur.

Potong bambu pada bagian ruas dan tinggi gelas yang kamu inginkan. Bambu yang sudah dipotong kemudian diamplas halus pada bagian luar dan dalamnya.

Bambu yang sudah dihaluskan bisa kamu ukir menjadi motif apapun atau kamu biarkan. Baru kamu bisa mengecat dan memplitur bambu pada bagian luar dan dalamnya.

10. Tikar

Kerajinan tangan dari bambu yakni tikar bambu berbahan dasar bambu yang telah dibersihkan kulitnya sehingga lebih halus. Alat yang dibutuhkan adalah gergaji, pisau raut, golok, paku.

Bambu yang sudah siap kemudian dibelah dan disasak atau disabit sangat tipis agar lentur dan mudah disatukan nantinya.

Lapisan-lapisan bambu yang sudah siap kemudian dapat dianyam setelah diamplas halus.

Setelah dianyam kemudian potong ujung-ujung sisi menjadi rapi. Sisi-sisi kemudian dijahit untuk menutup anyaman juga agar anyaman tidak rusak.

11. Tempat HP

Bahan dan alat untuk membuat kerajinan tangan dari bambu tempat HP yaitu bambu berdiameter sedang, gergaji, tatakan, palu, amplas, cat atau plitur.

Bambu yang sudah kering kemudian dipotong dengan panjang sekitar 20 atau 25 centimeter.

Gunakan sisa-sisa bambu untuk dipotong membentuk segitiga kecil sebagai sandaran bambu agar tidak goyah.

Kemudian pada tengahnya lubangi dengan ukuran sedikit lebih panjang dari panjang ponselmu dan lebar yang cukup menggunakan tatakan dan palu.

Selanjutnya amplas halus seluruh permukaan sebelum kamu cat maupun plitur agar tampak mengkilap.

Tempat HP dari bambu pun sudah bisa kamu gunakan setelah cat dan plitur kering.

12. Sepeda

Struktur bambu yang sangat kokoh dan lentur bisa digunakan untuk membuat kerangka sepeda.

Sepeda dari bambu merupakan kerajinan tangan dari bambu dengan nilai guna dan manfaat yang lebih.

Sebuah sepeda dari bambu akan membutuhkan bambu yang sudah berusia 3-5 tahun. Dipotong menjadi kerangka sepeda yang disambungkan dengan komponen seperti brake, ban, padle, gear, dan aksesorisnya.

13. Mobil Mainan

Untuk membuat kerajinan tangan dari bambu yaitu miniatur mobil dari bambu kamu akan membutuhkan bambu yang sudah dikeringkan. Dengan alat seperti gergaji, pisau serut, lem, amplas, plitur dan cat.

Bambu yang sudah dikeringkan kemudian dipotong-potong menjadi bagian. Untuk struktur utama siapkan bambu membentuk kubus.

Pada sisi depan, kanan, kiri, belakang perlu kamu lubangi sebagai posisi jendela mobil.

Kemudian buat 2 kubus lagi yang lebih kecil namun lebarnya sama dengan badan utama mobil sebagai bemper depan dan belakang.

Beri lubang kecil pada sisi kanan dan kirinya sebagai tempat roda. Roda-roda miniatur bisa kamu buat dari bambu berdiameter 1 hingga 3 centimeter.

Terakhir cat dan plitur hingga tampak mengkilap. Miniatur mobilmu sudah jadi dan bisa kamu jadikan hiasan pelengkap ruanganmu.

Akhir Kata

Itulah beberapa kerajinan tangan dari bambu yang pastinya unik untuk kamu gunakan sebagai ornamen-ornamen di rumah, taman, maupun kamarmu.

Bambu selain mudah diperoleh di Indonesia juga mudah dikembangbiakkan atau tumbuh di iklim seperti Indonesia.

Bambu sebagai bahan dasar suatu properti selain menambah nilai estetik produk tersebut juga dijamin lebih ramah lingkungan.

Bahkan beberapa kerajinan tangan dari bambu cukup mudah untuk kita buat sendiri di rumah.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.