Rahasia Bahagia Hidup Dunia Akhirat

Kunci bahagia dunia akhirat – Hampir semua orang menginginkan kehidupan yang diselimuti dengan rasa bahagia. Namun sering kali dalam perjalanan hidup ada saja aral merintang yang membuat hidup kita susah. Kebahagiaan yang hakiki sesungguhnya kebahagiaan hidup di dunia yang juga diikuti dengan kebahagiaan hidup di akhirat.

Sebagai seorang muslim, tentu kita meyakini bahwa akan ada kehidupan yang lebih kelak setelah kehidupan dunia yang hanya sementara. Oleh karena itu, kebahagiaan yang harus dipersiapkan juga bukan hanya kebahagiaan dunia saja namun juga harus diiringi dengan kebahagiaan akhirat.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah apa saja kunci bahagia dunia akhirat ?? Pasalnya, banyak sekali orang yang kaya dan hidup bergelimpangan harta namun mereka tidak menemukan kebahagiaan dalam hidupnya malah terkadang mereka merasa sengsara.

Bahkan tak jarang pula orang yang memiliki jabatan tinggi dan terhormat hidupnya resah memikirkan kalau-kalau mereka dituntut untuk melepas jabatannya atau digulingkan oleh lawan politiknya. Harta, tahta, wanita, ataupun keluarga sesungguhnya bukan menjadi kunci hidup bahagia.

Kunci Bahagia Dunia Akhirat

rahasia bahagia dunia akhirat
travel.detik.com

Untuk memperoleh kebahagiaan dunia sekaligus juga kebahagiaan akhirat tentu saja ada beberapa hal yang perlu ditanamkan.

Beberapa hal tersebut diharapkan dapat menjadi kunci hidup bahagia dunia akhirat. Adapun kunci bahagia dunia akhirat yang akan dibahas pada artikel ini adalah sebagai berikut.

1. Banyak mengerjakan shalat

Dengan mengerjakan shalat baik shalat fardhu maupun shalat sunnah hati dan fikiran kita akan terasa lebih tenang.

Karena dengan hati dan fikiran yang tenang, segala beban hidup yang sedang kita alami dapat kita selesaikan dengan baik. Kita akan lebih mampu berfikir lebih positif dalam kondisi yang tenang.

2. Banyak berdzikir

Dzikir merupakan sebaik-baiknya amalan yang dapat mendekatkan kita dengan Sang Pencipta. Karena hanya Allah lah yang memegang kunci kebahagiaan semua hambaNya.

Kapan saja Allah menghendaki untuk memberikan kunci ini, maka saat itu juga Allah akan membukakan berbagai sumber kebahagiaan. Tak hanya itu, dengan memperbanyak dzikir, hati Anda juga akan terasa lebih tenang.

3. Selalu bersyukur

Syukur akan membuat hidup kita lebih tenang dan tidak mudah merasa iri maupun dengki. Selain itu, dengan kita banyak bersyukur kita akan selalu teringat dengan segala nikmat yang sudah Allah berikan.

Syukur juga dapat mengantarkan kita untuk memperoleh nikmat yang lebih banyak dari Allah, sebagaimana janji Allah bahwa barang siapa yang bersyukur, makan akan ditambahkan lagi dengan nikmat yang lebih banyak.

4. Menjauhi perbuatan dosa

Perbuatan dosa hanya akan membuat hati kita lebih keras sehingga susah menerima segala masukan dari orang lain. Tak hanya itu, jika kita sering melakukan perbuatan dosa, hati kita akan lebih mudah terjangkit penyakit iri dan dengki.

Sementara itu, kita juga lebih mudah berprasangka buruk terhadap orang lain. Oleh karena itu, dengan menjauhi perbuatan dosa, kita akan lebih bahagia dan tenang dalam menjalani kehidupan.

5. Membantu orang yang butuh

Perbuatan membantu orang yang lebih membutuhkan merupakan suatu hal yang dapat mendatangkan kebahagian besar. Jangan terlalu memikirkan seberapa besar bantuan kita, yang terpenting adalah diikuti dengan niat tulus ikhlas.

Itulah beberapa kunci bahagia dunia akhirat yang dapat Anda lakukan. Semoga kita senantiasa dijauhkan dari jalan salah yang justru mendatangkan kebahagiaan yang semu dan fana. Karena sejatinya bahagia dunia akhirat merupakan hakikat bahagia yang paling utama.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.