Makanan Khas Aceh

Makanan Khas Aceh – Bagi orang luar daerah, kuliner Aceh yang paling terkenal adalah mie Aceh dan kopi Gayo. Padahal kalau mau mencari tahu lebih jauh masih ada makanan khas Aceh lainnya yang tidak kalah lezat.

Sebut saja dendeng, eungko keumamah, kue kembang loyang, dan sate matang. Kamu penasaran dengan makanan-makanan tersebut? Simak ulasan dibawah ini.

Makanan Khas Aceh yang Menggugah Selera

1. Dendeng Aceh

Makanan khas Dendeng Aceh
cookpad.com

Dendeng Aceh adalah makanan khas yang bahan utamanya memakai daging sapi dan rusa. Meskipun olahannya tanpa bahan pengawet makanan khas Aceh ini bisa tahan sampai 3 bulan.

Proses pembuatannya cukup mudah karena daging sapi dan rusa diiris tipis kemudian dikeringkan. Selanjutnya bumbu dan olahan rempah dicampurkan.

Makanan khas aceh yang satu ini cocok disantap jika disambal lado. Ada beberapa varian rasa dari dendeng Aceh yaitu manis, kari, dan asin. Akan semakin mantap jika disantap dengan nasi.

Saat ini sudah banyak masakan dendeng Aceh dalam kemasan. Jadi cocok buat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Namun kamu perlu merogoh kocek lebih karena harganya cukup mahal.

2. Eungkot Keumamah

Makanan khas aceh Eungkot Keumamah
infokuliner.com

Eungkot keumamah atau biasa disebut ikan kayu merupakan makanan khas Aceh yang banyak disukai pejuang jaman dulu berkat keawetannya tahan lama.

Makanan khas Aceh yang menggunakan bahan baku cincangan ikan tongkol ini memiliki tekstur keras seperti kayu.

Proses pembuatannya dengan direbus dan diasapi hingga warnanya menjadi coklat kehitaman. Setelah itu dilumuri tepung dan sedikit kapur agar makan tidak berjamur.

Hal unik dari makanan khas Aceh ini adalah kelezatannya akan semakin bertambah ketika dipanaskan atau dihangatkan dalam waktu lama.

3. Kembang Goyang

Makanan khas aceh Kembang Goyang

Kue kembang goyang adalah makanan khas Aceh yang berbentuk seperti bunga. Biasanya saat ada acara hajatan atau lebaran kue ini selalu disuguhkan untuk tamu yang datang.

Bentuk kuenya cukup unik yaitu bulat dengan dikelilingi ruju-ruji seperti yang terdapat pada kipas angin. Ini terjadi karena cetakan kue yang dipakai saat menggorengnya.

Kue kembang goyang sebagai makanan khas Aceh memiliki rasa yang tidak terlalu manis namun gurih dan renyah berkat adonan tepung beras dan wijen yang digunakan.

Nama lainnya adalah kembang loyang karena saat digoreng cetakan digoyang-goyang agar adonan kue terlepas.

Harganya yang murah semakin menjadi daya tarik makanan khas Aceh yang satu ini.

4. Sate Matang

makanan khas aceh Sate Matang
indonesiakaya.com

Sate matang merupakan salah satu makanan khas Aceh yang sampai sekarang masih banyak dijumpai. Bahan bakunya menggunakan daging sapi atau kambing.

Sebelum dimasak biasanya sate matang direndam terlebih dahulu menggunakan olahan rempah-rempah. Hal ini agar daging sate mempunyai tekstur lembut dengan bumbu yang meresap.

Dalam penyajiannya sate matang memiliki potongan daging cukup besar. Tidak adanya potongan lontong atau ketupat membedakan ciri makanan khas Aceh ini dengan sate lainnya.

Kemudian kuah kaldu yang terdiri dari potongan daging dan tulang yang semakin menambah selera makan penggemarnya. Selain itu kaldunya beraroma kuat berkat racikan bumbunya.

Makanan khas Aceh ini semakin nikmat karena disajikan dengan bumbu kacang dan bumbu kecap. Perut kamu bakal semakin kenyang dengan tambahan nasinya.

Mencari penjaja sate matang ini tidaklah sulit karena bisa ditemukan hampir di setiap sudut kota Aceh jadi jangan ragu untuk mencobanya.

Itu tadi adalah ulasan singkat beberapa makanan khas Aceh yang cocok kamu coba. Penggunaan berbagai rempah dan proses memasaknya yang sempurna dijamin menggugah selera makan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.