Makanan Khas Bali

Makanan Khas Bali – Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kalimat “makanan khas Bali”? Ada banyak makanan khas Bali rasanya sangat enak lho bikin ketagihan.

Selain menyajikan keindahan panorama alamnya, Bali juga memiliki deretan kuliner yang beragam dan unik.

Makanan tersebut pastinya wajib dicoba saat pergi ke sana. Apa saja itu? Inilah daftarnya.

Makanan Khas Bali yang Unik

1. Sate Kakul

Makanan khas bali Sate Kakul
resephariini.com

Makanan khas Bali yang unik pertama adalah sate kakul. Tahukah kamu apa bahan utama yang digunakan? Bahan utamanya adalah daging siput. Sate siput ini mudah ditemukan di sekitaran Bali.

Seperti sate pada umumnya, daging siput itu akan ditusuk dengan bambu. Banyak yang menganggap sate kakul adalah makanan kampung karena bahan yang digunakan, dan hal itu memang tak salah.

Makanan khas Bali ini asalnya dari kampung di Ubud. Sementara siput sendiri banyak ditemukan di sawah.

Jadi memang pada awalnya makanan ini hanya dikonsumsi oleh orang yang tinggal di desa.

Namun di zaman sekarang ini sate kakul sudah banyak dilirik orang kota terutama turis dari luar pulau dewata. Bahkan berbagai negara datang dan tak lupa mencicipi sate kakul.

Beberapa turis yang berasal dari Jepang, Amerika, ataupun Australia mulai menyantapnya. Makanan khas Bali tersebut mulai menjadi primadona selain sate lilit.

Pada umumnya sate kakul memiliki cita rasa pedas namun tak sedikit yang menciptakan variasi rasa menjadi lebih manis. Variasi ini diciptakan agar turis mancanegara lebih nyaman memakannya.

2. Nasi Jinggo

Makanan khas bali Nasi Jinggo
kintamani.id

Makanan khas Bali lezat selanjutnya bernama nasi jinggo. Nasi jinggo merupakan nasi yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Isi dari nasi tersebut adalah nasi dengan lauk pauk.

Adapun lauk pauk di dalamnya adalah saur atau serundeng, sambal goreng tempe, dan juga ayam suwir. Ada juga yang mengisinya dengan mie goreng, telur, dan juga daging sapi.

Standar enak dari makanan khas Bali tersebut adalah diukur dari sambalnya. Jika sambalnya enak maka nasi jinggonya jadi enak.

Umumnya nasi ini dibanderol dengan harga Rp 5.000,- per bungkus. Untuk ukuran nasi kepalan dengan lauk pauk nasi jinggo terbilang murah.

Dengan harga yang murah meriah kamu sudah bisa merasakan lezatnya campuran lauk dengan aroma daun pisang yang khas. Tak salah makanan khas Bali ini banyak diburu turis saat berlibur.

3. Bebek Betutu

makanan khas bali Bebek Betutu
menumasak.com

Sudah sejak lama bebek betutu dikenal menjadi makanan khas Bali yang sedap. Cita rasa pedas dengan aroma khas rempah Bali menjadi primadona banyak pelanggannya.

Dibandingkan ayam betutu, makanan khas Bali yang satu ini memiliki daging yang lebih empuk. Hal itu tak terlepas dari durasi pemasakannya yang mencapai 7 jam.

Selama itu makanan khas Bali tersebut dimasak dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, serai, kunyit, lengkuas, dan sebagainya yang akan meresap total.

Lembut daging bebek akan berpadu dengan harumnya aroma rempah. Ditambah sayur kangkung, kacang, dan sambal matang, kamu tak akan melupakan kelezatan di tiap sobekan daging bebeknya.

4. Bubur Mengguh

Makanan khas bali Bubur Mengguh
travelingyuk.com

Makanan khas Bali terakhir adalah bubur mengguh. Bubur ini berasal dari desa Teja Kuta, Buleleng. Bubur yang satu ini dibuat dari beras dan santan.

Penyajiannya adalah dengan ayam suwir berbumbu yang kemudian disiram kuah ayam. Kuah ayamnya terbilang kental. Selain itu ada juga urap sayur yang disajikan secara terpisah dari bubur.

Kamu bisa merasakan perpaduan rasa pedas dan gurih di makanan khas Bali tersebut. Bubur mengguh cocok dinikmati ketika hujan turun ataupun saat mendung.

Demikian daftar makanan khas Bali beserta ulasannya. Dari ke empat daftar makanan tersebut mana yang sudah kamu coba? Jika belum ada segera coba jika kamu berkunjung ke Bali!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.