Makanan Khas Betawi

Makanan Khas Betawi – Betawi punya kuliner yang tak kalah nikmat dari daerah lain. Jika di Jawa kamu akrab dengan masakan manis seperti pecel dan sejenisnya, maka makanan khas Betawi ini sedikit berbeda.

Berbagai macam masakan dengan bumbu dan cara pengolahan yang berbeda siap memanjakanmu saat berkunjung ke ibukota. Seperti halnya deretan makanan ini yang siap membuatmu keroncongan.

Daftar Makanan Khas Betawi yang Lezat

1. Soto Betawi

makanan khas soto betawi
checkinjakarta.id

Makanan khas Betawi yang lezat dan terkenal pertama adalah soto betawi. Soto memang tersebar di banyak tempat di Indonesia, akan tetapi yang satu ini terbilang unik dan rasanya menarik.

Soto betawi merupakan soto yang diisi dengan daging sapi, mata sapi, hati, torpedo dan jeroan lainnya. Soto tersebut dilengkapi dengan kaldu yang berasal dari kuah rebusan sapi dan jeroannya.

Selain itu, makanan khas Betawi tersebut akan disiram dengan kuah santan dan susu.

Untuk sentuhan akhir biasanya akan diberi bawang goreng, daun bawang, tomat, seledri, serta emping.

Kamu bisa menikmati semangkuk soto betawi dengan nasi hangat dan acar. Sajian tersebut memiliki cita rasa gurih dan creamy. Perpaduan jeroan dan santannya bisa menjadi menu makan siangmu.

Bagi kamu yang tak suka jeroan tak usah khawatir. Cukup minta saja pada penjualnya untuk mengganti makanan khas Betawi tersebut dengan daging sapi saja.

Kamu bisa menemukan makanan khas Betawi yang satu ini di banyak spot di ibukota.

Harganya juga aman di kantong. Tak perlu takut kehabisan uang untuk membeli seporsi soto betawi, ya.

2. Semur Jengkol

Makanan khas betawi Semur Jengkol
resepkoki.id

Apa yang kamu bayangkan saat mendengar jengkol? Bau? Tidak enak? Rasanya aneh?

Hal itu tak berlaku di semur jengkol. Semur jengkol jadi salah satu makanan khas Betawi yang banyak disukai.

Makanan khas Betawi ini mendapat pengaruh dari Timur Tengah, India, dan Tionghoa baik dari pengolahan maupun bentuk masakan. Yang jelas semur jengkol mudah ditemukan di sekitar Jakarta.

Semur jengkol biasanya menjadi pelengkap nasi uduk yang juga khas betawi.

Dengan pengolahan yang tepat maka jengkol yang terkenal memiliki bau tak sedap bisa diolah sampai tak berbau.

Kamu bisa menikmati semur jengkol tanpa khawatir mulut jadi bau setelah makan. Kebanyakan semur jengkol yang ada sudah tidak meninggalkan bau lagi.

Makanan khas Betawi tersebut juga sudah berevolusi. Semur jengkol kini hadir dengan variasi bumbu dan topping yang bermacam-macam.

Apabila dulu semur jengkol identik dengan daging sapi maka saat ini bisa diolah bersama ayam, kambing, tempe, tahu, telur, ikan, serta banyak bahan makanan lainnya.

3. Tape Uli

Makanan khas betawi Tape Uli
http://balikami.com

Makanan khas Betawi selanjutnya adalah tape uli. Makanan ini terbilang memiliki banyak makna dan arti. Makna utama dari makanan tersebut adalah sebagai simbol budaya masyarakat betawi sendiri.

Masyarakat betawi terkenal akan budaya kekeluargaan dan silaturahmi yang selalu terjaga. Dari sanalah tape uli bisa tercipta. Pembuatannya sendiri juga bermakna dalam.

Biasanya makanan khas Betawi itu dibuat dengan pria yang menumbuk ketan. Sementara wanita yang membuat ketannya. Pembagian tugas itu adalah simbol kebersamaan yang tak bisa dilanggar.

Banyak yang mengatakan pembuatan makanan khas Betawi itu bisa gagal jika pantangannya dilanggar. Tape uli dibuat dari tape ketan, beras ketan putih, ragi tape, kelapa parut, serta garam.

4. Nasi Kebuli

Makanan khas betawi Nasi Kebuli
citarasaindonesia.co.id

Kuliner dari betawi terakhir yaitu nasi kebuli. Nasi kebuli dibuat dari banyak rempah seperti cengkeh, kayu manis, pala, kapulaga, bunga pekak, serai, daun salam, santan, daun jeruk, dan lainnya.

Makanan khas Betawi tersebut diolah bersama daging kambing yang menjadi bahan utamanya. Cita rasa gurih, pedas, dan aroma khas rempahnya bisa memanjakan lidahmu saat mencobanya.

Nasi kebuli betawi tersebut bisa kamu temukan di banyak tempat di Jakarta. Jadi tidak akan sulit menemukan makanan khas Betawi yang lezat itu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.