Makanan Khas Bogor

Makanan Khas Bogor – Bogor terkenal dengan destinasi wisatanya di kebun raya yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu daya tarik wisatanya adalah makanan khas Bogor yang lezat.

Sebut saja laksa, asinan, soto mie khas Bogor, dan pepes sagu. Kamu penasaran dengan kelezatannya? Simak ulasan tentang makanan khas Bogor di bawah ini.

Aneka Macam Makanan Khas Bogor

1. Laksa Bogor

Makanan khas Laksa Bogor
kagamatp.com

Laksa merupakan salah satu makanan khas Bogor yang tidak lekang oleh zaman. Kuliner ini masih bisa dijumpai di berbagai acara seperti syukuran dan pesta budaya.

Potongan ketupat, oncom, bihun, serta tauge yang disiram dengan kuah kental yang terbuat dari berbagai macam rempah membuat laksa benar-benar menggugah selera.

Porsinya semakin lengkap berkat telur, serundeng, dan kemangi yang menjadi ciri khas makanan ini.

Campuran rasa gurih dan manis akan kamu rasakan ketika mencicipi makanan khas Bogor ini.

Menemukan penjaja laksa Bogor tidaklah sulit karena masih banyak yang menjualnya.

Akan semakin mantap jika mengunjungi warung-warung laksa yang sudah melegenda di Bogor.

2. Asinan Bogor

Makanan khas bogor
indonesiakaya.com

Asinan Bogor adalah makanan khas Bogor yang terdiri dari 2 macam yaitu buah dan sayur.

Namun, seiring perkembangan zaman terdapat menu asinan Bogor yang mencampur kedua bahan tersebut.

Asinan dengan potongan buah-buahan disesuaikan menurut suplay yang ada. Biasanya terdapat potongan nanas, pepaya, bengkoang, salak, dan ubi dalam satu mangkok.

Sedangkan asinan sayur menggunakan wortel, tauge, mentimun, dan kol. Proses perendamannya memakai gula pasir dan tanpa bahan pengawet sehingga kualitas makanan khas Bogor ini terjaga.

Larutan yang disiramkan pada asinan memakai kuah cuka dengan campuran resep tergantung dari pemilik warung. Jadi akan ada rasa manis, asin, pedas, dan asam saat memakan asinan Bogor.

Kelezatannya sebagai makanan khas Bogor semakin bertambah jika dihidangkan secara dadakan sehingga potongan buah dan sayur masih dalam keadaan segar.

3. Soto Mie Khas Bogor

Makanan khas bogor yang terkenal
resepkoki.id

Soto Mie Khas Bogor memiliki beberapa varian jika dilihat dari resep yang digunakan.

Namun yang pasti bahan utama makanan khas Bogor ini adalah urat kaki sapi, babat, dan mie kuning.

Bahan lainnya menyesuaikan tergantung dari penjualnya. Namun, sekarang banyak inovasi tambahan pada racikan soto mie bogor.

Setiap porsi makanan khas Bogor ini menyuguhkan daging lembut yang terendam dalam kuah lezat berkat campuran rempah-rempah yang digunakan.

Kuah yang terbuat dari kaldu ayam dan sapi semakin terasa di lidah jika diberi perasan jeruk nipis. Hidangan ini sangat cocok disantap ketika udara di sekitar dingin.

4. Pepes Sagu

Makanan khas bogor Pepes Sagu
goodindonesianfood.com

Berbagai varian rasa akan kamu temukan saat mencoba makanan khas Bogor yang satu ini.

Ada rasa pisang, ikan pepes, petai, oncom, dan tenggiri dengan masing-masing kelezatannya.

Aromanya yang wangi akan langsung menyebar ketika daun pisang yang dipakai untuk membungkusnya dibuka. Teksturnya yang lembut semakin menambah kelezatan makanan ini.

Teknik memasaknya sama dengan pepes pada umumnya hanya saja isinya yang bervariasi membuat makanan khas Bogor ini menarik

Saat ini pepes sagu kembali menjadi makanan khas Bogor yang digemari anak muda berkat inovasi mencampur keju sebagai resepnya.

Campuran pepes sagu dan keju memang terbilang unik dan sangat menarik untuk kamu coba. Inovasi ini banyak ditemukan di kafe-kafe maupun penjual di pinggir jalan.

Itu tadi adalah ulasan tentang makanan khas Bogor yang bisa kamu coba ketika pergi ke sana.

Selain menawarkan cita rasa yang enak, harganya pun sangat murah sehingga pas di kantong.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.