Aneka Makanan Khas Jawa

Makanan Khas Jawa – Indonesia mempunyai khasanah kuliner yang sangat beragam. Khususnya Pulau Jawa yang mempunyai makanan khas Jawa di setiap wilayahnya.

Walaupun berasal dari daerah yang sama tetapi mempunyai ciri khas sendiri dengan cita rasa yang berbeda. Mulai dari barat ke timur punya makanan khas yang patut Kamu coba.

Makanan Khas Jawa Barat

1. Batagor

Batagor menjadi makanan khas Jawa yang bisa dijadikan rekomendasi kalau ke Jawa Barat. Kamu bisa menjumpai batagor di banyak tempat karena banyak yang menjualnya di jalan.

Batagor sendiri sebetulnya merupakan singkatan dari bahan makanan tersebut yang terdiri dari bakso tahu goreng. Bahan tersebut juga ditambah dengan kulit pangsit goreng.

Sekarang ini, banyak penjaja kaki lima menjual batagor dengan harga yang murah. Rasanya juga tidak kalah enak dengan yang dijual di restoran-restoran besar.

Batagor lebih nikmat jika dimakan dengan perasan air jeruk nipis. Walaupun bukan makanan yang berat berupa nasi, dengan makan batagor ini dijamin Kamu bisa kenyang.

2. Cireng

Makanan selanjutnya yang bisa dicoba adalah cireng. Namanya terkesan aneh memang. Cireng adalah singkatan dari aci digoreng.

Aci di sini adalah sebutan bagi masyarakat Jawab Barat dalam menamai tepung kanji. Aci diuleni dan dibentuk pipih. Untuk memakannya bisa menggunakan saus kacang.

Saat ini untuk mengikuti perkembangan, cireng sudah dikombinasikan dengan saus lainnya. saus yang saat ini sedang digemari adalah saus bumbu rujak.

Rasa cireng yang gurih disantap dengan saus rujak yang manis pedas. Kalau dipadukan bisa memberikan rasa yang sangat nikmat. Apalagi kala dimakan saat hangat.

Untuk menyantap cireng, Kamu bisa mendapatkannya di pedagang kaki lima atau membelinya di supermarket. Sekarang sudah ada cireng dalam kemasan. Tinggal goreng saja.

3. Asinan Bogor

Makanan khas Jawa lainnya yang perlu dicoba adalah asinan dari Bogor. Makanan ini sudah tidak asing lagi. Turis luar negeri sekalipun sudah mengenal baik makanan ini.

Wisatawan yang berkunjung ke Bogor belum lengkap tanpa makan asinan ini. Menyantap asinan paling pas saat siang hari karena pasti sangat menyegarkan.

Bagi pecinta makanan yang bercita rasa pedas, asam, dan asin maka asinan Bogor tidak boleh dilewatkan. Dijamin tidak kecewa karena cita rasanya yang tidak ditemukan di makanan lain.

Kamu tinggal memilih ingin menyantap asinan buah atau asinan sayur. Mana yang lebih disukai. Asinan Bogor lebih nikmat kalau dimakan dengan kerupuk mi.

4. Oncom

Nama oncom pasti sudah sangat familiar di telinga. Makanan khas Jawa satu ini bisa didapatkan di hampir di seluruh wilayah Jawa Barat.

Oncom sendiri merupakan bahan makanan mentah yang berasal dari ampas tahu yang sudah difermentasi. Di atas ampas tahu hingga ditumbuhi jamur yang berwarna oranye.

Oncom tidak bisa dimakan begitu saja. Kamu perlu mengolahnya dahulu dengan mencampurnya dengan bahan lain supaya lebih enak dan nikmat.

Biasanya masyarakat Sunda memasak oncom menjadi nasi bakar atau oseng-oseng yang dicampur dengan lencak. Oncom bisa dimasak dengan cita rasa yang pedas.

Untuk membelinya, Kamu bisa membelinya di pasar-pasar. Harganya juga sangat murah meriah. Oncom juga aman kalau ingin dipakai sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

5. Tahu Sumedang

Makanan berikutnya yang menjadi incaran wisatawan saat ke Jawa Barat adalah tahu Sumedang. Sesuai dengan namanya Kamu bisa mudah membelinya di wilayah Sumedang.

Di jalanan Sumedang berderet-deret penjual tahu yang menjajakan tahu. Bahkan penjual baru akan menggoreng tahu jika ada pembeli. Jadi tahu bisa disantap dalam keadaan hangat.

Tahu Sumedang berbeda dengan tahu di wilayah lainnya. Tahu ini mempunyai tekstur yang lembut saat dimakan. Bagian luar juga sangat garing.

Rasa tahu sangat gurih. Bisa Kamu santap dengan cabai hijau atau dengan saus cabai. Cocok dimakan saat udara dingin.

Tak salah memang jika tahu Sumedang banyak digemari. Kalaupun ingin membawanya sebagai oleh-oleh juga bisa karena pedagang bisa mengemas secara khusus.

Makanan Khas Jawa Tengah

1. Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan makanan khas Jawa yang mempunyai cita rasa gurih dan mengenyangkan. Kamu bisa menikmati nasi liwet di jika ke Solo.

Nasi liwet hampir sama dengan nasi uduk dari Jakarta. Perbedaannya terletak pada pelengkap makanan yang diletakkan diatasnya.

Jika nasi uduk dilengkap dengan abon maka nasi liwet dilengkapi dengan suiran ayam yang diolah dengan santan. Telur ayam bacem juga diletakkan yang disiram dengan kuah santan.

Untuk cita rasa sedikit pedas, nasi liwet diberikan sambel goreng krecek. Semua rasa lengkap dalam satu piring nasi. Jadi tak salah banyak yang memburu makanan ini jika ke Solo.

2. Tahu Petis

Tahu petis juga makanan Jawa Tengah yang wajib dijajal. Tahu petis sendiri banyak dijumpai di wilayah Semarang yang dijual oleh penjual tahu dengan gerobak keliling.

Tahu ini sebetulnya sama dengan tahu pada umumnya. Tahu biasa digoreng garing. Yang membuatnya berbeda adalah adanya saus berwarna hitam di bagian atas tahu.

Saus hitam itulah yang disebut dengan petis. Saus petis dibuat dari rebusan udang dan ikan yang diolah hingga mengental. Rasa gurih petis ini yang membuat tahu petis lain dari yang lain.

Tahu bisa dimakan dengan cabai hijau supaya ada sensasi pedasnya. Apalagi dimakan saat tahu masih hangat dan cuaca sedang dingin. Pasti sungguh nikmat dan tak tertandingi.

3. Garang Asem

Makanan berikutnya yang bisa jadi rekomendasi adalah garang asem. Makanan khas Jawa ini merupakan lauk yang cocok dipadukan dengan nasi hangat.

Garang asem umumnya dibuat dari daging ayam kampung yang dipadukan dengan bumbu lainnya.

Untuk rasa asam diberikan tomat hijau kemudian dibungkus daun pisang.

Aroma daun pisang bisa menambah garang asem ini semakin nikmat dan sulit untuk ditolak. Untuk yang tidak suka pedas, cabai jangan dimakan.

Garang asem merupakan masakan dari Jawa Tengah yang sangat terkenal. Bahkan untuk membuatnya sendiri di rumah juga sangat mudah.

4. Lumpia Semarang

Siapa yang tidak mengenal lumpia Semarang? Makanan asli kota Semarang yang selalu diburu dengan bandeng presto. Lumpia biasa dibawa untuk buah tangan jika ke Semarang.

Lumpia Semarang diisi dengan rebung yang sudah dimasak dan dicampur dengan telur. Sekarang ini, isi lumpia semakin beraneka ragam supaya lebih enak.

Rebung bisa ditambahkan dengan suiran ayam atau udang. Tinggal Kamu ingin isi apa. Kalau suka yang original tinggal beli yang lumpia biasa saja.

Lumpia sendiri bisa dimakan secara basah atau digoreng. Semua enak. Lumpia biasanya dimakan dengan acar dan saus dari gula. Jadi rasa manis dipadukan dengan gurih.

5. Nasi Gandul

Nasi gandul menjadi makanan khas Jawa yang asli dari kota Pati. Jika berkunjung ke Pati, Kamu wajib mencoba makanan yang satu ini.

Uniknya makanan ini dimakan secara tradisional yaitu dengan alas daun jati. Ini yang membuatnya disebut dengan nasi gandul.

Nasi gandul merupakan nasi yang dimakan dengan kuah daging. Untuk daging yang dipakai adalah daging kerbau karena masyarakat pati tidak menyembelih sapi.

Makanan Khas Jawa Timur

1. Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan makanan khas Jawa yang tidak boleh dilewatkan. Walaupun namanya rujak tapi rujak cingur berbeda dengan rujak yang umumnya dibuat dari buah.

Rujak cingur dibuat dari sayur-sayuran. Bahkan, sambal rujak diberikan pisang kluthuk muda sebagai campuran. Jadi rujak ini mempunyai cita rasa yang lain.

Cingur sendiri merupakan sebutan untuk daging dari mulu sapi. Cingur mempunyai rasa gurih dan kenyal memberikan sensasi tersendiri saat menyantapnya.

Rasa pedas dari rujak sendiri bisa disesuaikan dengan selera. Jika Kamu suka pedas maka bisa meminta cabai yang banyak saat menguleg sambal rujak.

2. Sate Madura

Makanan khas Jawa satu ini pasti sudah sangat dikenal. Bahkan bisa didapatkan di banyak kota-kota lain di Indonesia. Makanan tersebut adalah sate Madura.

Sate Madura sangat cocok di lidah mayoritas masyarakat karena rasanya yang gurih. Konon katanya, ada bahan campuran petis asli Madura sebagai campuran pada sambal kacang sate.

Sate biasa dinikmati dengan lontong yang diberi irisan bawang merah mentah dan cabai. Sate Madura dikenal mempunyai cita rasa gurih manis.

Tak salah memang kalau penjual sate Madura selalu ramai pembeli. Harga untuk menikmatinya juga tidak mahal. Kantong masih tetap aman.

3. Soto Lamongan

Ada begitu banyak jenis soto yang ada di Indonesia. Salah satu soto yang terkenal dari Jawa Timur adalah soto Lamongan.

Soto Lamongan mempunyai perbedaan yang sangat mencolok jika dibandingkan dengan soto lainnya. letaknya pada kuah soto yang kental.

Soto ini bisa dimakan dengan nasi, ketupat, atau lontong. Di atas soto diberikan irisan telur dan kerupuk. Di smaping itu, soto diberi koya di atasnya supaya tambah gurih.

Koya sendiri dibuat dari bawang putih goreng yang kemudian ditumbuk halus. Supaya lebih segar, berilah air perasan jeruk nipis dan sambal. Dijamin tidak kecewa dengan rasa soto ini.

Jadi saat ke Lamongan jangan pernah tidak mencoba makanan khas Jawa yang satu ini. Kamu bisa membelinya di penjual yang ada keliling memakai gerobak.

4. Nasi Krawu

Makanan khas Jawa berikutnya adalah nasi krawu. Kamu bisa menikmatinya saat berkunjung ke kota Gresik Jawa Timur.

Nasi ini sebetulnya hampir sama dengan nasi pada umumnya. Hanya saja nasi yang pulen itu dimakan dengan alas daun pisang. Jadi nasi menjadi lebih nikmat dengan aroma daun pisang.

Sebagai lauknya, nasi krawu dilengkapi dengan jeroan sapi, daging sapi, serundeng kelapa, dan sambal terasi. Sebagai pelengkap Kamu bisa menambahkan telur asin.

5. Bakso Malang

Makanan berikut pasti sudah dikenal dan bisa jadi sudah dicoba walaupun belum berkunjung ke Malang. Benar sekali, makanan khas Jawa tersebut adalah bakso Malang.

Varian bakso Malang sendiri juga banyak. Kamu tinggal memilih bakso apa yang ingin dicoba. Kuah segar bakso sulit untuk ditolak. Ada bakso basah dan bakso goreng.

Saat ini, Kamu tidak perlu jauh-jauh ke Malang jika ingin menikmati bakso asli Malang ini. Sudah banyak resto yang menjual bakso ini dengan semua varian yang patut dicoba.

Semua makanan khas Jawa mempunyai ciri khasnya masing-masing. Semua disesuaikan dengan lidah asli warga setempat. Kalau Kamu ingin coba yang mana sekarang?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.