Makanan Khas Kalimantan

Makanan Khas Kalimantan – Keberagaman Indonesia tidak hanya terlihat dari budayanya, tetapi juga dari makanan khas tiap daerah. Makanan khas Kalimantan menjadi keunikan yang ada di Indonesia.

Para wisatawan wajib mencoba makanan khas yang ada saat berkunjung ke Kalimantan. Makanan khas ini tersebar di berbagai daerah di Kalimantan.

Makanan Khas Kalimantan Barat

1. Asam Pedas Tempoyak

Makanan khas bernama Asam Pedas Tempoyak ini tepatnya berasal dari Ketapang. Secara umum, makanan ini memiliki cita rasa asam pedas dan berkuah.

Bedanya, kamu akan menemukan tempoyak dalam makanan khas ini. Tempoyak merupakan daging durian yang telah difermentasi dan menjadi santapan utama.

Penyuka durian akan langsung jatuh cinta pada asam pedas tempoyak karena olahannya yang unik. Rasa durian yang khas akan dipadu dengan bumbu asam pedas yang nikmat.

Apabila kamu tidak menyukai durian, kamu bisa memilih menu asam pedas yang menggunakan ikan patin. Perbedaannya hanya pada bahan utama, bumbu asam pedas yang digunakan sama.

Makanan khas Kalimantan ini akan terasa sangat nikmat bila disantap dengan nasi hangat dan dijadikan santapan saat pagi atau siang.

2. Mie Sagu

Hidangan mi merupakan hidangan yang biasa. Namun, di Kalimantan Barat kamu akan menemukan hidangan mi yang berbeda dari mi lainnya dan menjadi makanan khas Kalimantan.

Bahan baku yang digunakan bukanlah tepung, melainkan sagu. Mi sagu merupakan makanan khas yang berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat.

Mi sagu sering disantap sebagai sajian utama saat sarapan atau hanya sekadar dijadikan makanan selingan saat istirahat. Kamu bisa menemui mi sagu di berbagai warung yang tersedia.

Mi sagu khas Kalimantan Barat berbeda dengan mi sagu dari daerah lain. Di daerah lain, mi sagu disajikan kering sedangkan di Kalimantan Barat menggunakan kuah kaldu sebagai pelengkap.

Makanan Khas Kalimantan Timur

1. Ayam Cincane

Awalnya, ayam cincane hanya disajikan saat acara penting seperti kelahiran atau pernikahan.

Makanan khas Kalimantan ini termasuk sebagai sajian utama yang disajikan dengan utuh.

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak warung yang mulai menyediakan makanan khas ini. Wisatawan dan penduduk setempat dapat mencoba kapanpun dan di manapun.

Ayam cincane menggunakan ayam kampung sehingga cita rasanya terasa sangat gurih.

Bumbu yang digunakan beragam, seperti jahe, kemiri, lengkuas, dan rempah-rempah lainnya.

Ayam cincane dimasak dengan dibakar dalam bara api atau digoreng. Ayam cincane terasa nikmat disantap dengan nasi putih. Kamu juga bisa menambahkan jeruk sebagai penambah rasa.

2. Ayam Suwir Cabai Hijau

Bagi kamu pecinta pedas, ayam suwir cabai hijau harus masuk dalam daftar makanan yang kamu coba saat berada di Kalimantan Timur. Makanan khas Kalimantan ini memiliki keunikan tersendiri.

Ayam suwir cabai hijau menggunakan bahan utama daging ayam suwir. Ayam suwir tersebut ditumis bersama daun bawang, daun salam, jahe, lengkuas, bawang bombay, dan rempah lain.

Cita rasa pedasnya berasal dari cabai hijau. Kamu juga bisa menemukan beberapa sajian ayam suwir cabai hijau yang ditambah dengan cabai merah untuk menambah rasa pedas.

Makanan Khas Kalimantan Selatan

1. Soto Banjar

Siapa yang tidak mengenal soto? Kalimantan Selatan memiliki makanan khas Kalimantan dalam bentuk soto yang bernama soto banjar. Banyak warung yang menjajakan soto banjar.

Daging dan sayur yang digunakan untuk soto banjar tidak jauh berbeda. Dibandingkan dengan soto pada umumnya, kuah soto banjar terlihat lebih bening.

Apabila penyajian soto pada umumnya menggunakan nasi, kamu akan diberikan ketupat ketika memesan soto banjar di Kalimantan Selatan. Kamu juga bisa menambahkan sambal di sotomu.

Makanan khas Kalimantan ini jangan sampai terlewatkan saat berwisata ke Kalimantan Selatan. Coba dan rasakan perbedaan soto banjar dengan soto lainnya.

2. Patin Baubar

Sajian ikan memang tidak pernah membosankan. Saat berkunjung ke salah satu kota di Kalimantan Selatan, kamu bisa mencoba patin baubar bersama nasi hangat.

Kalimantan Selatan terkenal dengan sungainya. Oleh karena itu, banyak warga yang mengolah makanan ikan seperti ikan patin dan menjadikannya makanan khas Kalimantan.

Ikan patin disajikan secara utuh dengan cara dipepes. Berbagai rempah digunakan sebagai bumbu patin baubar. Selanjutnya, ikan patin tersebut dibakar dalam tungku sampai masak.

Makanan Khas Kalimantan Utara

1. Kepiting Soka

Saat berkunjung ke salah satu kota di Kalimantan Utara, kamu wajib mencoba salah satu makanan khas Kalimantan di sini, yaitu kepiting soka.

Kepiting yang menjadi bahan utama sajian kepiting soka dipilih yang rendah lemak sehingga cocok bagi siapapun. Berbagai kandungan nutrisi dalam kepiting juga sangat baik untuk tubuh.

Kepiting soka disajikan dalam tumis saos. Bumbu yang digunakan akan masuk dan meresap dalam daging kepiting sehingga cita rasanya akan sangat terasa.

Kamu akan merasakan kombinasi rasa asam, manis, dan pedas saat menikmati kepiting soka. Sajian kepiting soka ini dapat dinikmati bersamaan dalam acara makan besar.

2. Nasi Subut

Nasi subut berbeda dari nasi lainnya. Makanan khas Kalimantan ini tidak menyajikan nasi putih dalam sajiannya, melainkan menggunakan nasi berwarna ungu.

Jangan terburu khawatir dengan adanya pewarna buatan dalam nasi subut. Nyatanya, warna ungu nasi subut ini berasal dari ubi jalar ungu sehingga warna yang dihasilkan adalah alami.

Nasi subut bisa ditemukan di Kabupaten Tana Tidung yang merupakan asal dari nasi subut. Nasi subut dibuat dengan menanak nasi bersamaan dengan ubi jalar ungu dan jagung.

Kamu akan merasakan nasi yang gurih dan sedap. Bumbu yang digunakan cukup sederhana untuk menyajikan makanan ini, yaitu garam dan penyedap rasa.

Makanan Khas Kalimantan Tengah

1. Kalumpe

Kalumpe atau karuang merupakan makanan khas Kalimantan berupa sayuran berkuah. Nama kalumpe berasal dari bahasa Dayak Maanyan dan Dayak Ngaju.

Kalumpe merupakan sajian berwarna hijau. Rasanya yang cukup pahit berasal dari daun singkong.

Namun, kamu akan tetap merasakan kenikmatan dan rasa gurih dari bumbunya.

Bahan dasar kalumpe adalah daun singkong yang ditumbuk halus dan terong kecil. Bumbu yang ditambah seperti lengkuas, bawang putih, dan bawang merah membuat kalumpe terasa nikmat.

Kamu bisa menikmati kalumpe dengan nasi hangat. Tanpa nasi hangat pun kalumpe tetap terasa nikmat dan dapat menemani waktu berliburmu di Kalimantan Tengah.

2. Bangamat

Bangamat atau Paing merupakan makanan khas Kalimantan khususnya Dayak. Bangamat memanfaatkan daging kelelawar besar jenis pemakan buah.

Sebelum proses memasak, kelelawar dibersihkan dulu. Selanjutnya baru dimasak dengan bumbu dan daun yang membuat rasa bangamat terasa asam.

Kamu yang belum terbiasa makan daging selain ayam atau kambing, akan merasa aneh mencoba bangamat. Namun, penduduk setempat sangat menyukai bangamat karena rasanya unik.

Kamu bisa menikmati bangamat bersamaan dengan sulur keladi yang dipotong atau sayur oncom. Pisang kipas juga dapat menemanimu menikmati bangamat.

Itulah bermacam-macam makanan khas Kalimantan dari berbagai provinsi. Pastikan kamu menyempatkan diri untuk mampir ke tempat yang menjajakan makanan khas tersebut.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.