Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda – Kuliner merupakan salah satu cara favorit untuk memanjakan diri sendiri, termasuk ketika berlibur ke suatu daerah. Contohnya adalah makanan khas Sunda yang memiliki rasa beragam nan lezat.

Bila Kamu bingung ingin mencoba makanan khas Sunda yang mana untuk dicoba, tidak perlu khawatir. Di bawah ini, sudah dibahas beragam kuliner khas Jawa Barat tersebut yang bisa kamu coba.

Aneka Makanan Khas Sunda

1. Nasi Liwet

Makanan khas sunda Nasi Liwet
banjarmasin.tribunnews.com

Siapa yang tidak pernah mendengar kuliner satu ini? Makanan khas Sunda ini banyak diperjualbelikan, baik di tempat wisata sekitar Jawa Barat, atau bahkan di warung-warung makan.

Nasi yang dibuat dengan cara diliwet ini memiliki rasa khas renyah dan gurih. Siraman kuah labu pada makanan khas Sunda ini membuat rasa nasi liwet menjadi semakin menyegarkan.

Selain itu, lauk yang biasa menemani nasi liwet seperti telur, sawiran daging ayam, telur rebus, dan kerupuk membuat nasi liwet sangat ampuh untuk mengenyangkan perut.

Selain itu, makanan ini harganya tidak terlalu mahal. Bila kamu pergi bersama rombongan, membeli nasi liwet dengan porsi besar akan jauh lebih menguntungkan di harga, lho!

Jika kamu mencari kuliner daerah yang cocok untuk menemani liburan di Jawa Barat,makanan khas Sunda yang ini bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk kamu!

2. Soto Bandung

Makanan khas sunda Soto Bandung
sajiansedap.grid.id

Soto umumnya memiliki kuah kekuningan dengan cita rasa kari. Namun, lain dengan makanan khas Sunda satu ini. Soto Bandung memiliki kuah yang bening dan lebih menyegarkan.

Soto yang ditemani irisan daging sapi, irisan lobak dan kacang kedelai ini merupakan salah satu alternatif mengenyangkan perut, sewaktu kamu berjalan-jalan ke daerah Sunda.

Soto ini memiliki cita rasa gurih dan sedikit manis sehingga bisa memainkan lidah Anda ketika menyantap makanan khas Sunda ini. Selain itu, soto Bandung tergolong sangat sehat!

Sayangnya, sekarang peminat soto Bandung tidak sebanyak dulu. Padahal, rasa pada soto Bandung tidak bisa kamu temukan di soto-soto lainnya.

3. Siomay Bandung

Makanan khas sunda Siomay Bandung
resepcaramasak.org

Masih dengan kuliner dari Bandung, makanan khas Sunda ini kini sudah menyebar kemana-mana hampir di seluruh daerah di Jawa Barat, bahkan sampai ke Jakarta dan Jawa Tengah.

Cita rasa yang asin manis gurih bercampur dengan bumbu kacang yang juga gurih dan kental legit membuat rasa siomay Bandung menggigit di lidah.

Di beberapa tempat, siomay bandung disajikan dengan potongan mentimun segar pencuci mulut dan sambal cocol pedas untuk menambah cita rasa makanan khas Sunda ini.

Namun, siomay Bandung cenderung lebih sedikit porsinya ketimbang makanan khas Sunda lain. Tapi tidak usah takut untuk menambah porsi, sebab harga makanan ini sangat murah.

Maka karena itu, makanan ini lebih cocok disantap sebagai cemilan sembari ngobrol-ngobrol bersama teman-teman atau keluarga. Ngobrol akan terasa lebih menyenangkan!

4. Sate Maranggi

Makanan khas sunda Sate Maranggi
tokopedia.com

Mungkin untuk kamu yang berasal dari luar Jawa Barat yang belum pernah mendengar nama sate Maranggi? Memang makanan khas Sunda ini belum seterkenal ketiga makanan di atas.

Walaupun begitu, sate Maranggi memiliki cita rasa yang sangat khas dan mengenyangkan. Apalagi, kamu bisa memilih daging apa yang kamu suka : ayam, kambing, atau sapi.

Sate Maranggi memiliki rasa manis yang ramah di lidah. Apalagi, rempah bumbu untuk penyeimbang rasa gurih makanan khas Sunda ini meresap sempurna di daging sate Maranggi.

Untuk menemani santapan satu ini, sate Maranggi ditemani sambal tomat yang rasa pedasnya tidak main-main. Bila kamu pecinta rasa pedas, maka sambal ini akan cocok denganmu.

Nah, itulah beberapa makanan khas Sunda yang bisa kamu cicip selama berlibur di daerah Jawa Barat. Menantang, bukan cita rasa dari makanan-makanan di atas? Selamat mencoba dan berkuliner ria!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.