Makanan Khas Surabaya

Makanan Khas Surabaya – Makanan khas Surabaya memiliki cita rasa yang pedas gurih, sehingga banyak sekali orang yang suka.

Jika kamu ingin coba-coba rasanya, di bawah ini adalah beberapa makanan khas dari Surabaya.

Selain rasanya enak, makanan khas Surabaya sampai saat ini masih sangat mudah ditemukan.

Bahkan, penjual makanan ini tidak hanya di Jawa Timur, tapi hampir di seluruh Pulau Jawa.

Deretan Makanan Khas Surabaya

1. Nasi Krawu

makanan khas surabaya Nasi Krawu
daftarresep.com

Nasi pulen ini, merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang banyak digemari masyarakat.

Tampilannya yang lucu, karena dibungkus daun pisang menjadi daya tarik sendiri.

Tapi tidak hanya karena tampilannya yang menarik, rasanya yang gurih dan mengenyangkan karena suwiran daging sebagai lauknya adalah favorit bagi orang-orang yang mencoba.

Apalagi, nasi krawu memiliki banyak tipe lauk. Ada jeroan, suwiran daging sapi, babat sapi, dan bahkan usus sapi. Tidak ketinggalan juga, sambal terasi yang menggugah selera.

Poin tambahan nasi krawu sendiri adalah nasi ini tersedia dalam dua opsi : nasi basah atau berkuah, dan nasi kering atau tanpa kuah. Nah, opsi ini bisa disesuaikan dengan selera kamu.

Bagi kamu para penyuka kuliner pedas, gurih namun juga manis, maka nasi krawu makanan khas Surabaya ini cocok banget untuk kamu coba!

2. Sate Klopo

makanan khas surabaya Sate Klopo
batiqa.com

Sate klopo, makanan khas Surabaya ini sangat unik mengingat sate ini menggunakan kelapa dalam proses pembuatannya. Lebih tepatnya, menggunakan parutan kelapa.

Rasa daging sapi dan daging ayam yang digunakan dalam sate klopo membuat rasa sate ini sangatlah gurih ketika dikunyah. Apalagi, daging tersebut dibalur parutan kelapa saat dibakar.

Tidak hanya itu, pelengkap sate ini yang berupa serundeng juga menambah cita rasa gurih gurih pedas. Sehingga, sate klopo sangat cocok disantap untuk kamu yang menyukai pedas.

Tidak hanya itu, jika makan sate saja dirasa kurang untukmu, kamu bisa menambah porsi makanan khas Surabaya ini agar menjadi lebih mengenyangkan dengan nasi atau lontong.

Bagaimana, tertarikkah untuk mencoba makanan khas Surabaya yang sangat unik ini?

3. Rujak Cingur

Makanan khas surabaya Rujak Cingur
123rf.com

Siapa yang belum pernah mendengar nama makanan ini? Makanan khas Surabaya alias rujak cingur sangat terkenal, bahkan penjualnya pun hampir terletak di seluruh Pulau Jawa.

Rujak satu ini sangatlah unik karena berbahan dasar hidung dan pipi sapi. Tapi, rujak cingur tetap ditemani dengan beragam buat segar seperti mangga muda, nanas, dan kedondong.

Selain rasa makanan khas Surabaya ini segar-segar gurih, sambal petis yang menemani rujak cingur juga menambah cita rasa makanan ini menjadi sedikit pedas dan menggugah selera.

Untuk lauk sampingan dari rujak cingur, biasanya ditambahkan kerupuk kanji renyah. Suatu perpaduan yang sangat pas antara bahan-bahan dari makanan khas Surabaya ini.

4. Sego Sambel

makanan khas surabaya Sego Sambel
takaitu.com

Makanan khas Surabaya yang ini, pasti sudah terbayang rasanya seperti apa. Dari namanya saja yang berarti ‘nasi sambal’ kamu sudah bisa membayangkan rasa pedas makanan satu ini.

Sego sambil sebenarnya adalah nasi biasa dengan berbagai lauk dan sambel yang bisa kamu pilih. Mau makan dengan telur dadar, tempe goreng, atau ikan semua bisa kamu pilih.

Namun, yang membedakan sego sambel dengan sambel lainnya adalah meskipun warnanya merah menyala, rasa sambel ini tidak terlalu pedas. Justru ada sedikit rasa manisnya.

Buat kamu yang ingin makan nasi sambil tapi tidak suka rasa pedas, makanan khas Surabaya satu ini cocok banget untuk kamu coba!

Nah, itulah beberapa makanan khas Surabaya yang bisa kamu coba selagi berlibur ke kota besar ini. Selamat berkuliner ria!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.