Manfaat Labu Kuning

Manfaat Labu Kuning – labu kuning jika diolah akan menjadi makanan yang lezat. Selain lezat tekstur dari labu kuning ini juga cukup lembut.

Bahkan jika labu kuning ini kamu konsumsi secara rutin, maka kamu akan mendapatkan banyak manfaatnya.

Beberapa nutrisi yang terkandung pada ubi ungu seperti vitamin A, C, protein, serat, folat, dan lainnya yang membuat ubi ungu banyak manfaat.

Nah, untuk mengetahui lebih lengkap mengenai manfaat labu kuning, simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan

Berbagai serangan racun dan sel jahat yang di akibat polusi dan radikal bebas bisa ditangkal oleh nutrisi yang tekandung dalam labu kuning ini.

Labu kuning sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena banyak manfaat yang tekandung didalamnya.

Nah, jika kamu penasaran apa saja manfaat labu kuning untuk kesehatan, simak ulasannya berikut ini:

1. Rendah kalori dan tinggi serat

Manfaat makan labu kuning
nusantaranews.co

Memiliki tubuh yang ideal memang menjadi impian bagi setiap orang. nah, jika kamu sedang ingin berencana diet sehat, kamu bisa mengkonsumsi labu kuning.

Meskipun rasanya yang sangat enak jika diolah, namun labu kuning ini bisa menurunkan berat badan.

Hal ini disebabkan karena labu kuning rendah akan kalori dan karbohidrat. Sehingga labu kuning sangat cocok untuk menu diet sehat kamu. bahkan, dengan mengkonsumsi labu kuning ini, maka kamu akan kenyang lebih lama.

Kandungan serat yang tinggi yang tinggi pada labu kuning berfungsi untuk memperlambat proses pencernaan.

Mengkonsumsi labu kuning ini, Anda akan merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu bisa terhindar dari berbagai camilan yang akan membuat berat badan meningkat.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

manfaat makan labu kuning
paktanidigital.com

Daya tahan tubuh yang menurun memang bisa membuat kita mudah terserang penyakit seperti batuk atau pilek.

Tidak ada salahnya jika mulai sekarang kamu rutin mengonsumsi labu kuning untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Karena labu kuning mengandung vitamin A dan C yang bersifat antioksidan, sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

Sehingga infeksi virus, bakteri, dan jamur yang akan menyerang tubuh kamu bisa di haling.

3. Menjaga kesehatan kulit

Kulit memang harus selalu diperhatikan agar tetap sehat. Apalagi ketika keluar ruangan, pasti akan mudah terkena dampak dari sinar ultraviolet.

Nah, agar kulit kamu bisa tetap sehat, kamu bisa mengkonsumsi labu kuning secara rutin.

Kulit kamu bisa terlindungi dari dampak sinar ultraviolet jika kamu mengkonsumsi labu kuning ini karena terdapat kandungan karoten.

Selain labu kuning bisa dimakan langsung, labu kuning juga bisa kamu gunakan sebagai masker wajah. Sehingga kulit kamu bisa tetap awet muda.

Untuk membuat masker dari labu kuning ini sangat mudah yaitu dengan lumatkan seperempat cangkir labu kuning dengan tambahan satu sendok makan madu serta susu.

Setelah sudah tercampur rata, kamu bisa aplikasikan pada wajah dan diamkan kurang lebih selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

Labu kuning tak hanya mengandung karoten, berbagai mineral seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan juga terkandung pada labu kuning yang sangat diperlukan tubuh agar kulit tetap sehat dan muda.

Lebih dari itu, labu kuning juga bisa membuat kulit kulit lebih kenyal dan lembut. Maka dari itu, dengan mengonsumsi labu kuning ini bisa membuatmu lebih awet muda.

4. Menurunkan tekanan darah

Kandungan lain pada labu kuning yaitu potassium. Potassium ini bisa membantu kamu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan labu kuning ini bisa mengontrol darah agar tetap normal.

Tahukah Anda apa peran dari potassium ini? Potasium sebagai vasodilator berguna untuk membuka pembuluh vena dan arteri di dalam tubuh.

Selain itu, labu kuning ini juga memiliki kandungan zat besi yang berfungsi memproduksi sel darah merah.

Sehingga tidak heran jika labu kuning ini sering dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional penambah darah.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Banyak sekali kandungan yang terdapat pada labu kuning ini seperti kandungan folat, karotenoid, dan magnesium.

Dengan kandungan pada labu kuning tersebut sangat baik untuk kesehatan jantung kamu.

Magnesiumnya yang terkandung pada labu kuning ini bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu, juga bisa mencegah terjadinya penyakit stroke dan serangan jantung.

Bahkan, labu kuning ini juga bisa mencegah terjadinya aterosklerosis. Apa itu? keadaan di mana dinding pembuluh darah pada arteri mengeras karena pada dinding dalamnya terjadi penumpukkan lemak.

Nah, maka dari itu jika kamu ingin jantung yang tetap sehat, kamu bisa menjadikan labu kuning ini sebagai menu makanan harian Anda.

Selain murah, labu kuning ini juga sangat mudah kamu temukan di pasaran.

6. Menajamkan penglihatan

Tidak hanya wortel yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Namun, labu kuning juga bisa menajamkan penglihatan mata.

Hal ini dikarenakan labu kuning mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Karena, pada dasarnya vitamin A mampu menurunkan resiko terkena degenerasi macula.

Selain itu, labu kuning ini juga biasa digunakan sebagai ramuan alami untuk mengobati mata yang cepat lelah.

Bahkan, jika kamu bisa mengkonsumsi labu kuning secara rutin, maka degenerasai makula bisa tercegah.

Kandungan lain pada labu kuning seperti Zeaxanthin ini juga bisa membantu melindungi retina mata dari radiasi sinar UV yang sangat berbahaya.

Di dalam labu kuning ini juga mengandung Karotenoid, baik alfa maupun beta yang sangat baik bagi kesehatan mata.

Selain itu, labu kuning ini juga bisa mencegah terjadinya kebutaan di malam hari atau rabun senja.

Bahkan, manfaat labu kuning yang lebih dahsyatnya manfaat labu kuning ini baik untuk mencegah terjadinya katarak, karena kandungan Lutein dan zeaxanthin.

7. Menguragi resiko kanker

Dari dulu hingga sekaran kanker memang menjadi penyakit yang mengerikan. Sehingga banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk mengurangi resiko penyakit kanker ini.

Daripada kamu harus mengeluarkan banyak uang untuk mengurangi resiko penyakit kanker, kini kamu akan lebih mudah jika mengkonsumsi labu kuning secara rutin.

Kenapa harus labu kuning? Karena labu kuning dipercaya dapat menurunkan risiko pertumbuhan sel-sel kanker ganas dengan mengandung zat anti-kanker.

Selain itu, protein di dalam labu kuning juga cukup banyak. Sehingga labu kuning ini bisa menghambat sel jahat yang menyerang.

Tak hanya protein yang terkandung di dalam labu kuning, namun labu kuning juga mengandung vitamin C.

Sehingga, labu kuning ini menjadi makanan alternatif yang bisa membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan kekebalan tubuh yang meningkat, maka kamu tidak akan mudah terserang penyakit.

Tak hanya kesehatan tubuh yang bisa kamu dapatkan dari mengkonsumsi labu kuning ini. Namun, kesehatan kulit juga bisa Anda dapatkan.

Itulah ulasan lengkap mengenai manfaat dari labu kuning. Setelah mengetahui berjuta manfaat dari labu kuning ini, masukkan labu kuning sebagai menu makanan harian agar kamu selalu sehat.

Karena, mencegah lebih baik daripada mengobati kan? Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.