Manfaat Buah Nanas

Manfaat Buah Nanas – Buah nanas merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Buah nanas juga terkenal akan kesegaran dan manfaatnya.

Hal tersebut dikarenakan di dalam buah nanas terdapat banyak kandungan yang baik untuk tubuh kita. Oleh karena itu nanas menjadi salah satu buah yang sangat recommended untuk dikonsumsi.

Tahukah kamu bahwasanya buah nanas bukan hanya segar dan recommended untuk dikonsumsi loh, akan tetapi buah tersebut juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh kita.

Nah apakah kamu tahu apa saja manfaat dari buah nanas bagi tubuh? Yuk simak uraiannya di bawah ini.

Manfaat buah nanas untuk kesehatan

Manfaat Buah Nanas
hellosehat.com

Buah nanas memang terkenal akan kandungan vitamin dan nutrisinya sehingga tidak heran jika buah nanas sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Bahkan banyak olahan makanan dan juga minuman yang terbuat dari buah nanas.

Mulai dari salad, yoghurt, jus, selai, dodol dan lain sebagainya. Lalu apa saja sih manfaat lainnya dari buah nanas ini?

1. Menangkal sakit akibat perut kembung

Manfaat Makan Buah Nanas
magazine.job-like.com

Pernahkah kamu masuk angin dan perutmu kembung? Nah biasanya perut yang kembung akan ditandai dengan perut yang semakin membesar.

Hal tersebut dikarenakan adanya tekanan gas di dalam perut yang lebih kuat. Jika sudah begitu pasti kamu akan merasa tidak nyaman bukan?

Nah, apabila kejadian tersebut terjadi terhadapmu, tenang saja. Jangan pusing-pusing untuk mencari obat untuk perut kembungmu. Kamu bisa mengonsumsi buah nanas untuk mengobatinya loh.

Dengan mengonsumsi buah nanas ini maka makanan yang lainnya yang bisa menyebabkan refluks atau munculnya gas pencernaan akan segera reda secara alami.

Mengapa seperti itu? Hal tersebut dikarenakan kandungan dari bromelain dan juga fiber yang ada di dalam buah nanas ini mempunyai manfaat untuk memperlancar sistem pencernaan di tubuh kita.

Kandungan bromelain tersebut memiliki sifat menenangkan bagi perut kamu.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat lain dari buah nanas yaitu melancarkan sistem pencernaan. Hal tersebut dikarenakan buah nanas memiliki kandungan serat alami dan serat tersebutlah yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan tubuh kita.

Biasanya makanan yang memiliki kandungan akan serat maka akan sulit untuk dicerna, akan tetapi hal tersebut tidak terjadi pada buah nanas ini.

Buah nanas juga memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang bisa menyerap air di usus.

Nah bagi sistem pencernaan yang masih normal, maka kamu butuh mengonsumsi sebanyak 14 gram serat dari total keseluruhan 1000 kalori per harinya.

Nah takaran tersebut bisa kamu dapatkan pada nanas loh. Seperti yang dipaparkan dari Colorado State University Extension bahwa makan buah nanas setengah potong maka di dalamnya sudah mengandung 2,2 gram dari total serat makanan. Sangat luar biasa bukan buah yang satu ini?

3. Menjaga kesehatan kulit

Nanas juga sangat baik untuk kesehatan kulit loh. Hal tersebut dikarenakan nanas memiliki kandungan vitamin C yang merupakan salah satu sumber dari antioksidan.

Antioksidan tersebutlah yang memiliki peran dalam melindungi kesehatan kulit terutama melindungi dari radikal bebas karena paparan sinar matahari dan juga polusi.

Oleh karena itu jika kamu mengonsumsi buah nanas maka bisa menghindarkan kulitmu dari penuaan dini yang menjadi penyebab kulit keriput.

Bukan hanya menghindarkan dari penuaan dini saja loh, kandungan vitamin C pada buah nanas juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat.

Kamu juga bisa loh menggunakan buah nanas ini untuk mencegah kulit menghitam.

Karena di dalam buah nanas tersebut terkandung antioksidan yang sangat tinggi.

Sehingga bisa melindungi dari sinar UVA dan UVB yang bisa merusak lapisan kulit kamu dan akan merangsang produksi melanin sehingga akan mengakibatkan kulit menjadi kusam dan gelap.

4. Mencegah kanker usus

Karena nanas memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk kesehatan seperti kandungan Vitamin A, bromelain, karoten serta berbagai senyawa flavonoid, maka buah nanas ini sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan juga sinar UVA dan UVB yang bisa menyebabkan pertumbuhan kanker.

Selain itu kandungan Vitamin C dan juga antioksidan di dalam nanas juga bisa melawan sel-sel kanker dalam tubuh loh, sehingga bisa mencegah tubuh terkena kanker usus.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Kamu perlu tahu nih bahwa nanas juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata loh.

Orang yang semakin tua maka sel-sel matanya cenderung akan semakin memecah.

Nah hal tersebut lebih dikenal dengan degenerasi makula dan sebagian besar orang akan mengalami proses tersebut.

Akan tetapi ada salah satu cara terbaik untuk mencegah degenerasi makula tersebut yaitu dengan banyak mengonsumsi asupan yang banyak mengandung vitamin A.

Nah asupan vitamin A tersebut bisa kamu dapatkan di buah nanas loh sebab nanas memiliki banyak kandungan beta karoten dan juga nutrisi yang kemudian akan diubah menjadi vitamin A. Oleh karena itu nanas sangat baik untuk kesehatan mata.

Ada penelitian juga yang menyebutkan bahwa memenuhi asupan Vitamin C yang tinggi maka akan sangat membantu untuk mengurangi risiko terkena penyakit katarak.

6. Mencegah penggumpalan darah

Manfaat selanjutnya dari buah nanas yaitu dapat mencegah penggumpalan darah.

Nanas memang memiliki manfaat untuk menghasilkan hemoglobin di dalam tubuh.

Oleh sebab itu jika tubuh kamu kekurangan hemoglobin maka bisa mengakibatkan penurunan kandungan sel darah putih, anemia, osteoporosis dan juga permasalahan tiroid.

Sedangkan kandungan bromelin di dalam nanas bisa membantu untuk memperlancar peredaran darah di dalam tubuh sehingga akan mencegah penggumpalan darah.

Hal tersebut juga sekaligus bisa mencegah stroke ataupun penyumbatan arteri.

Sehingga nanas juga baik untuk menjaga kesehatan jantung kita loh.

Tentu saja penyakit jantung merupakan penyakit yang paling mematikan sehingga kita harus peduli akan pencegahan untuk penyakit jantung.

Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah nanas yang memiliki banyak kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat nanas bagi tubuh kita yang terakhir yaitu untuk menjaga kesehatan tulang.

Bukan hanya susu saja loh yang bisa untuk menjaga kesehatan tulang, buah nanas juga mampu untuk melakukannya.

Hal tersebut dikarenakan kandungan mineral mineral yang ada di dalam nanas seperti kalsium dan juga mangan bisa berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang.

Kandungan akan kalsium di dalam buah nanas sendiri bisa membantu untuk menjaga kesehatan tulang kita dan juga akan memperkuat jaringan ikat di dalam tubuh kita.

Sedangkan manfaat dari kandungan mangan di dalam nanas memiliki peran penting dalam menjaga fungsi saraf dan juga otak.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan menyatakan bahwa nanas terbukti efektif dalam penyerapan vitamin D yang bisa menyokong tubuh dalam penyerapan kalsium sehingga akan membuat tulang lebih padat dan kuat.

Nah, itulah tadi segudang manfaat dari buah nanas yang sudah kami jabarkan untuk kamu dan bisa kamu ambil ilmunya.

Jadi bagaimana, masih tidak ingin mengonsumsi nanas? Nanas memang buah yang bisa dimakan langsung, dibuat olahan makanan atau juga dijadikan sebagai minuman yang sangat menyegarkan. Yuk konsumsi nanas.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.