Pengertian Budaya

Pengertian Budaya – Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan budaya. Bahkan, setiap daerah di kawasan Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke memiliki budaya yang menunjukkan ciri khas masing-masing.

Kamu mungkin akan bertanya-tanya karena terlalu sering mendengar kata budaya. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan budaya? Apa saja ruang lingkup dari budaya itu sendiri?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut kerap dilontarkan masyarakat. Oleh karena itu, menyingkap arti dari budaya sangat penting sehingga pemahaman masyarakat akan semakin baik, khususnya terkait apa itu budaya.

Jika dilihat secara umum, kata budaya sesungguhnya berasal dari bahasa Sansekerta, yakni Budhayah yang memiliki arti akal atau budi.

Makna luas dari budaya adalah sebuah pola hidup ataupun cara yang sifatnya menyeluruh dan senantiasa berkembang.

Budaya pada umumnya dimiliki oleh kelompok orang di dalam sebuah wilayah atau daerah.

Biasanya, budaya merupakan warisan yang diturunkan dari nenek moyang masing-masing dan akan senantiasa diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya. Sifat budaya sendiri sangat luas dan abstrak.

Untuk pembentuk budaya, sangat banyak dan sudah menjadi kegiatan sosial manusia.

Bahasa, adat istiadat, sistem politik, agama, karya seni, pakaian, dan lain sebagainya merupakan unsur suatu kebudayaan.

Bahasa menjadi contoh dari sebuah budaya yang selalu diwariskan dari masa ke masa dan generasi ke generasi.

Dari beberapa pernyataan yang telah disebutkan, maka bisa ditarik kesimpulan sederhana bahwa budaya merupakan berbagai hal yang berkaitan dengan akal atau cara hidup yang senantiasa berkembang dari masa ke masa.

Nah, kamu tentu masih belum puas dengan definisi singkat mengenai budaya ini.

Oleh karena itu, pada tulisan ini kami akan menyajikan ulasan lengkap mengenai budaya yang bisa dijadikan sebagai salah satu acuan untuk bisa memahami secara lebih mendalam tentang apa itu budaya.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Untuk memperluas pengetahuan mengenai makna budaya, alangkah baiknya mengupas definisi budaya menurut para ahli. Para ahli memiliki pandangan yang beragam mengenai budaya.

Ada yang mendefinisikannya secara luas dan ada pula yang memaknainya secara simpel.

Terlepas dari itu, dengan mengetahui definisi atau pengertian yang beragam mengenai budaya ini, kamu bisa mendapatkan pemahaman yang kaya tentang pengertian budaya.

Nah, berikut ini adalah ulasan tentang makna budaya menurut para ahli.

1. Menurut E.B. Taylor

Budaya menurut E.B. Taylor merupakan sesuatu yang bersifat menyeluruh dan kompleks yang meliputi kesusilaan, kepercayaan, adat istiadat, seni, hukum, kesanggupan, hingga keseluruhan kebiasaan yang telah dipelajari dan dilakukan oleh masyarakat serta sudah menjadi bagian di dalamnya.

2. R. Seokmono

Sementara menurut R. Seokmono, budaya adalah sebuah usaha ataupun suatu hasil yang telah dicapai oleh manusia yang dapat berwujud benda ataupun buah pikiran masyarakat pada masa hidupnya.

3. KI Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara ternyata juga memiliki makna tersendiri mengenai budaya. Menurutnya, budaya merupakan hasil dari suatu perjuangan yang dilakukan oleh masyarakat.

Baik itu terhadap alam semesta ataupun masa yang menggambarkan suatu kemakmuran serta kejayaan kehidupan masyarakat saat mereka menghadapi kondisi yang sulit.

Yang dari rintangan tersebut mereka berhasil mencapai kemakmuran, kebahagiaan, hingga keselamatan di dalam kehidupan ini.

4. Menurut Linton

Selanjutnya akan diulas makna atau definisi budaya menurut Linton. Ia berpendapat bahwa budaya adalah suatu sikap pola serta pengetahuannya yang sudah menjadi kebiasaan yang senantiasa dilakukan dan kebiasaan tersebut diperoleh dari warisan generasi di atasnya secara keseluruhan.

5. Menurut Selo Soemardjan

Sedangkan makna budaya menurut Selo Soemardjan adalah suatu hasil karya, rasa, dan cipta suatu masyarakat.

6. Menurut Parsudi Suparian

Parsudi Suparian juga memiliki makna tersendiri tentang budaya. Menurutnya, budaya merupakan sesuatu yang melkamusi seluruh perilaku manusia.

Hal tersebut dikarenakan budaya sebagai sebuah pengetahuan yang dimiliki oleh manusia dan dipakai untuk memahami sebuah lingkungan serta seluruh pengalaman yang terjadi padanya.

Unsur Unsur Budaya

Suatu kebiasaan, pemikiran, adat dan sebagainya tidak serta merta bisa disebut sebagai budaya. Budaya memiliki syarat atau unsur tersendiri sehingga ia layak disebut sebagai budaya.

Nah, setelah mengetahui makna budaya menurut para ahli, pada artikel ini juga kami mengulas unsur-unsur budaya yang harus ada.

Tujuannya supaya pembaca tidak salah memahami sesuatu yang disebut sebagai budaya dan dapat membedakannya secara jelas.

Nah, berikut ini adalah ulasan tentang unsur-unsur budaya yang wajib diketahui.

1. Sistem Pengetahuan

Sistem ini meliputi pengetahuan mengenai kondisi alam sekitar juga sifat-sifat peralatan yang dipakai.

sistem tersebut mencakup flora dan fauna, pemahaman mengenai alam sekitar, bilangan, ruang waktu, dan tingkah laku serta sifat sesama manusia.

2. Bahasa

Unsur budaya selanjutnya adalah bahasa. Bahasa sendiri adalah suatu bentuk ucapan yang indah di dalam kebudayaan.

Selain itu, bahasa juga menjadi perantara bagi masyarakat untuk melanjutkan suatu kebudayaan.

Bahasa sendiri dibagi menjadi dua, pertama adalah bahasa lisan dan kedua adalah bahasa tulisan.

3. Organisasi Sosial Atau Sistem Kemasyarakatan

Selanjutnya yang menjadi unsur budaya adalah organisasi sosial yang pengertiannya adalah sekelompok masyarakat yang antara satu dengan lainnya merasa satu.

Organisasi sosial ini meliputi sistem kenegaraan, kekerabatan asosiasi, perkumpulan, dan sistem kesatuan hidup.

4. Teknologi Dan Sistem Peralatan Hidup

Teknologi merupakan jumlah dari keseluruhan teknik yang dimiliki oleh masyarakat yang terdiri dari cara untuk bertindak serta berbuat dalam upaya mengelola dan mengumpulkan bahan-bahan mentah.

Bahan-bahan tersebut kemudian akan dijadikan alat kerja, pakaian, penyimpanan, alat transportasi, serta kebutuhan lainnya yang berwujud material.

Sementara unsur dari sebuah teknologi yang menonjol adalah berupa kebudayaan fisik. Hal ini meliputi, alat produksi, wadah, perumahan, pakaian, tempat tinggal, alat transportasi, dan lain sebagainya.

5. Kesenian

Unsur budaya selanjutnya adalah kesenian. Sederhananya, kesenian adalah semua hasrat manusia kepada suatu keindahan atau yang biasa dikenal dengan estetika.

Keindahan tersebut umumnya muncul dari imajinasi yang kreatif. Kesenian memang memberikan kepuasan batin tersendiri kepada manusia.

Wujud Kebudayaan

Setelah mendapatkan informasi yang mendetail mengenai makna budaya menurut para ahli dan juga unsur-unsur kebudayaan, maka hal penting selanjutnya yang perlu diketahui adalah wujud kebudayaan.

Berikut ini adalah ulasan tentang wujud kebudayaan yang akan melengkapi pengetahuan kamu mengenai budaya.

1. Gagasan Atau Wujud Ideal

Kebudayaan sendiri memiliki wujud ideal yang berupa kumpulan gagasan, ide, norma-norma, nilai, peraturan dan lain sebagainya yang lebih cenderung memiliki sifat yang abstrak.

Wujud kebudayaan yang satu ini tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud ideal ini letaknya ada dalam kepala dan alam pemikiran dari masyarakat.

Apabila masyarakat menuangkan gagasan ke dalam tulisan, maka lokasi dari kebudayaan tersebut ada dalam karangan atau buku hasil karya masyarakat tersebut.

2. Tindakan Atau Aktifitas

Aktifitas sendiri merupakan suatu wujud dari tindakan yang berpola dari masyarakat. wujud kebudayaan yang satu ini kerap disebut sebagai sistem sosial.

Sistem ini hadir dalam bentuk aktifitas manusia yang antara satu dengan lainnya saling berinteraksi dan melakukan kontak serta bergaul dengan yang lainnya.

Untuk wujud kebudayaan yang satu ini memiliki sifat yang konkret karena terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

3. Artefak Atau Karya

Wujud kebudayaan yang selanjutnya adalah artefak atau karya yang menjadi kebudayaan fisik berupa hasil dari perbuatan, aktifitas, serta karya manusia yang berwujud benda-benda.

Wujud kebudayaan yang satu ini dapat dilihat, diraba, juga didokumentasikan. Dan dibandingkan dengan wujud kebudayaan yang sebelumnya, ini adalah yang wujud yang paling konkret.

Dari uraian yang telah disebutkan di atas, maka berdasarkan dari wujudnya kebudayaan dibagi menjadi dua, yaitu kebudayaan material dan kebudayaan non material.

Kebudayaan material adalah suatu bentuk kebudayaan yang benar-benar nyata dan konkret wujudnya.

Sebaliknya, kebudayaan non material adalah suatu ciptaan yang abstrak dan diwariskan dari satu generasi ke generasi yang lain, seperti cerita dongeng, cerita rakyat, lagu, hingga tarian tradisional.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian budaya dan hal-hal lain yang melingkupinya sehingga bisa dijadikan sebagai bahan pengetahuan kamu.

Dengan mengetahui apa itu budaya dan perangkatnya, tentu kini sudah bisa membedakan antara mana yang budaya dan mana yang bukan.

Semoga tulisan ini menambah wawasan kamu dan jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.