Kumpulan Contoh Pidato Perpisahan

Contoh Pidato Perpisahan – Pidato bukanlah hal yang asing lagi di masyarakat. Mulai dari lingkungan rumah hingga sekolah pasti memungkinkan siapapun untuk memberikan pidatonya. Isi pidato juga bermacam-macam. Tergantung dari momen yang sedang dilewati.

Beberapa pidato terkenal yaitu pidato pemanasan global, bahaya narkoba, kesehatan mental, hingga yang paling terkenal yaitu perpisahan.

Contoh pidato perpisahan biasanya banyak dicari untuk dipakai terutama bagi mereka yang sedang di penghujung sekolah seperti kelas 6, 9, maupun 12.

Untuk membuat suatu pidato sebenarnya tidak sulit. Kamu hanya perlu mengembangkan poin-poin yang sudah dikarang sebelumnya. Poin tersebut disusun guna mempermudah penulisan pidato perpisahanmu.

Kumpulan Berbagai Contoh Pidato Perpisahan

Terdapat 4 metode dalam berpidato yaitu menghafal, membaca, ekstemporan, serta improptu atau spontan. Kualitas suatu pidato tidak hanya berdasar dari isinya semata melainkan juga cara penyampaiannya.

Berikut akan dibahas 4 contoh pidato perpisahan paling lengkap.

1. Contoh Pidato Perpisahan Anak TK

Contoh pidato perpisahan anak tk

Yang pertama yaitu contoh pidato perpisahan anak TK. TK atau Taman Kanak-Kanak merupakan sarana belajar untuk anak di usia 4 hingga 6 tahun.

Pada usia semuda itu bukan berarti mereka tidak bisa menciptakan pidato yang hebat. Terlebih jika pidato tersebut adalah pidato perpisahan.

Perpisahan menjadi momentum dimana seluruh emosi bergabung. Tanpa disadari terdapat rasa sedih dan senang secara bersamaan saat membuat ataupun menyampaikan contoh pidato perpisahan. Rasa tersebut adalah hasil dari apa yang telah dialami selama belajar di sekolah.

Karena pidato perpisahan juga menjadi momen tak terlupakan, maka pidato sebaik mungkin akan bisa dikenang oleh banyak orang.

Jadi kamu juga harus membuat contoh pidato perpisahan dengan serius, tidak asal-asalan saja.

Di bawah ini adalah contoh pidato perpisahan anak TK yang bisa dijadikan referensi.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat para guru semuanya.
Yang kami hormati orang tua kami tercinta.
Dan juga hadirin sekalian dan teman-teman yang berbahagia.

Terima kasih diucapkan teruntuk Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kesempatan berharga bagi kita semua untuk berkumpul di hari yang cerah ini dalam rangka “Pelepasan Murid Taman Kanak-Kanak Tadika Mesra Tahun Ajaran 2018-2019”.

Rasa cinta juga selalu tercurah untuk Nabi Besar Muhammad SAW yang menjadi junjungan umat muslim semuanya.

Semoga kita semua bisa mendapat perlindungannya kelak di akhirat nanti. Amin ya rabbal alamin.

Pada hari ini kami selaku murid Taman Kanak-Kanak Tadika Mesra merasa sangat berbahagia karena telah dinyatakan selesai dalam menempuh pendidikan di tahun ajaran ini.

Rasa syukur selalu kami ucapkan kepada semua orang yang sudah membantu kami.

Beribu terima kasih tak henti terucap untuk seluruh guru kami tercinta yang sudah mendidik kami dengan penuh kesabaran dan hati yang selalu lapang.

Kami mohon maaf jika selama ini sudah membuat ibu dan bapak guru kesusahan karena tidak mendengarkan nasihat dengan benar.

Perjalanan kami memang masih sangat panjang. Maka dari itu, dukungan tak henti kami butuhkan dari guru beserta ayah bunda.

Kami memang merasa sedih karena harus meninggalkan sekolah dan teman-teman sekalian. Namun kami akan selalu semangat dalam belajar di tempat baru nanti.

Untuk adik-adik yang lain, kami berharap adik-adik bisa selalu semangat dalam belajar. Sehingga nantinya kita bisa menjadi generasi cerdas penerus bangsa.

Semoga ilmu dari bangku sekolah ini bisa kita amalkan dengan baik dan benar.

Akhir kata, terima kasih semuanya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

contoh pidato perpisahan anak sd
elshinta.com

Kemudian contoh selanjutnya adalah contoh pidato perpisahan kelas 6 SD. Kelas 6 menjadi kelas dimana di akhir tahun ajaran adalah perpisahan untuk ke jenjang yang lebih tinggi. Maka dari itu teks pidato banyak dicari oleh murid-murid kelas 6 SD ini.

Bagi kamu yang masih bingung mencari contoh pidato perpisahan, berikut contoh yang bisa menjadi inspirasimu.

Yang terhormat Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang.
Yang kami hormati para guru dan staff SD Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang.

Serta yang terhormat para wali murid semuanya dan teman-teman yang berbahagia.

Pada acara “Perpisahan Murid SD Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang Tahun Ajaran 2018/2019” ini izinkanlah kami menyampaikan sepatah dua patah kata.

Yang pertama kali tentu saja puji syukur tak hentinya kami ucapkan kepada Allah SWT.

Karena atas restu dan rahmat Allah kita semua bisa berkumpul di hari yang bahagia ini.

Rasa terima kasih juga kami berikan pada semua guru yang tak lelah mengajar, membimbing, serta memberi kami ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat.

Pengalaman selama 6 tahun ini tentunya tak akan kami lupakan begitu saja. Semoga Allah akan membalas segala kebaikan bapak dan ibu guru.

Kemudian rasa terima kasih juga tercurah kepada orang tua kami yang selalu mendukung kami dalam menimba ilmu dari awal hingga akhir.

Pada kesempatan ini kami meminta maaf jikalau ada salah kata ataupun perbuatan yang tak sengaja kami lakukan.

Mungkin bapak atau ibu guru pernah kesal atau sedih atas tingkah laku kami yang terkadang nakal. Kami harap kesalahan kami bisa dimaafkan.

Untuk adik yang masih melanjutkan pendidikan di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang, teruslah rajin belajar.

Patuhi perintah guru dan jangan lakukan hal yang bisa merugikan diri sendiri kelak. Jangan lupakan jasa guru-guru jika kelak kalian lulus nanti.

Sementara untuk orang tua kami tersayang, terima kasih atas cinta dan dukungannya.

Karena dengan adanya ayah dan bunda yang selalu mendukung dan mendoakan kami, kami bisa lulus dengan tepat waktu. Tanpa ayah dan bunda kami tidak akan bisa sampai ke tahap ini.

Demikian yang bisa kami ucapkan.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP

contoh pidato perpisahan kelas 9 smp

Contoh pidato perpisahan yang lain yaitu untuk pidato perpisahan anak kelas 9 SMP. Sama seperti kelas 6 SD, kelas 9 SMP menjadi tahun yang penuh dengan perpisahan. Untuk bisa melanjutkan ke sekolah menengah atas, kamu semua harus bisa lulus di SMP.

Berikut adalah referensi contoh pidato perpisahan yang terbilang sederhana.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Comal

Yang terhormat Guru beserta staff karyawan SMP Negeri 1 Comal.

Tak lupa teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita semua memanjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas semua rahmat dan karunia-Nyalah kita bisa berkumpul bersama di hari yang cerah ini dalam rangka acara perpisahan sekolah.

Di kesempatan yang sakral ini izinkan ijinkan saya mewakili teman-teman untuk memberikan sepatah dua patah kata di acara perpisahan ini.

Selama bersekolah di SMP Negeri 1 Comal, kami sangatlah bangga dan bersyukur bisa dipertemukan dengan bapak dan ibu guru sekalian.

Bapak dan ibu guru telah dengan susah payah mengajar kami di sekolah. Bapak dan ibu guru sudah dengan sangat baik mendidik kami.

Tanpa memandang belas kasih ataupun asal kami. Bapak dan ibu guru sudah begitu sabar dan tak kenal lelah dalam mengajari yang baik dan buruk pada kami.

Atas jasa semua guru, kami bisa lulus dari SMP Negeri 1 Comal dengan tepat waktu dan memuaskan.

Kami selalu berharap semoga kemudahan dan kebahagiaan selalu diberikan pada semua guru yang bertugas mengajar di SMP Negeri 1 Comal.

Tak terlupakan juga untuk teman-teman seangkatan SMP Negeri 1 Comal, terima kasih banyak. Terima kasih sudah menjadi kawan dan keluarga yang hangat.

Perpisahan ini memang berat namun doa tak henti mengalir untuk kesuksesan teman-teman. Kenangan ini akan selalu teringat di benak.

Semoga teman-teman bisa meneruskan cita-cita setinggi langit. Doa selalu menyertai teman-teman semuanya. Akhir kata terima kasih atas kesempatan yang luar biasa ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA

contoh pidato perpisahan kelas 12 sma
tunaiku.com

Contoh pidato perpisahan terakhir dalam daftar pidato perpisahan yaitu pidato untuk perpisahan SMA kelas 12. Di kelas ini kamu sudah lebih dewasa dari tahap sebelumnya.

Kamu juga bisa menyusun teks pidato sebaik mungkin dan nantinya menampilkan pidato dengan metode manapun yang kamu anggap cocok.

Contoh pidato perpisahan untuk kelas 12 SMA yaitu seperti yang tertulis di bawah ini.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Kepala SMA Negeri 5 Magelang.

Yang terhormat Wakil Kepala SMA Negeri 5 Magelang.

Yang terhormat jajaran guru dan staff SMA Negeri 5 Magelang.

Yang kami hormati Bapak dan Ibu wali murid sekalian dan teman-teman yang saya cintai.

Puji syukur tak henti kami panjatkan kepada Allah SWT atas limpahan rahmat-Nya dan atas izin-Nya pula kita semua bisa berkumpul di acara pelepasan kelas 12 SMA Negeri 5 Magelang.

Di hari yang berbahagia ini, perkenankan saya mewakili teman-teman kelas 12 SMA Negeri 5 Magelang untuk mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh rekan kelas 12 yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan hingga ke tahap ini.

Kelulusan dengan hasil yang baik tentunya suatu nikmat yang patut disyukuri. Tapi jika hasilnya kurang memuaskan maka jangan berkecil hati. Kita semua pemenang hari ini.

Sejalan dengan kelulusan kelas 12, rasa terima kasih tak terhitung tercurahkan kepada mereka yang berperan besar.

Untuk bapak dan ibu guru SMA Negeri 5 Magelang, terima kasih banyak atas jasa kalian yang tak terhitung besarnya.

Atas kebaikan hati kalianlah kita semua bisa lulus dan mendapat ilmu yang sangat-sangat berguna.

Semoga ilmu ini bisa menjadi amanah bagi kami untuk diteruskan ke sesama.

Kemudian untuk orang tua yang senantiasa berdoa atas kesuksesan anaknya. Terima kasih banyak ayah dan bunda. Kalian adalah cahaya kehidupan kami.

Terima kasih sudah mendukung kami dengan sepenuh hati. Kami akan memberikan yang terbaik bagi ayah dan bunda semua.

Hadirin sekalian. Kenangan demi kenangan bergulir selama 3 tahun ini. SMA Negeri 5 Magelang menjadi tempat yang mana bukan hanya sekedar sekolah, namun juga rumah.

Kalian bukan hanya teman namun juga keluarga. Terima kasih sudah menorehkan kenangan indah untuk dikenang.

Tiba saatnya bagi kami untuk melanjutkan kehidupan. Semoga segala yang teman-teman usahakan bisa tercapai.

Semoga kebahagiaan senantiasa menyertai kita semua. Kami yakin Tuhan akan bersama kita semua.

Demikian sedikit ungkapan perpisahan yang bisa kami sampaikan. Jika ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi. Jika ada umur yang panjang kita pasti berjumpa lagi.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5. Contoh Pidato Tentang Hikmah Perpisahan

Contoh pidato perpisahan singkat
travelweekly-asia.com

Pertemuan dan perpisahan adalah satu fenomena kehidupan yang akrab dengan kehidupan kita.

Ia adalah Sunnatullah (ketentuan Allah) yang tak akan berubah, yaitu bahwa setiap pertemuan pasti akan diakhiri dengan perpisahan.

Bila kita berusaha merenungkan hal ini secara mendalam, kita akan menemukan pelajaran dan motivasi iman dan akhlak yang sangat tinggi.

Mari kita menyimak beberapa hikmah perpisahan berikut ini :

1. Seluruh fenomena kehidupan ini bersifat sementara

Perpisahan mengajarkan kepada kita bahwa seluruh fenomena hidup ini, bersifat sementara.

Perpisahan yang kita terima berupa kesehatan, kekuatan, kekayaan, pangkat dan jabatan, isteri / suami dan anak, semuanya sementara.

Demikian pula dengan penderitaan yang kita temui dalam hidup ini, berupa musibah, kecelakaan, kemiskinan, penyakit, kesedihan, semua itupun sementara.

Bukankah kita semua melihat bahwa orang-orang kaya yang kita saksikan hari ini berasal dari orang yang sangat miskin kemarin ?

Bukankah kita semua menyaksikan bahwa orang-orang berpangkat pada hari ini, berasal dari rakyat biasa kemarin ?

Bukankah kita semua pernah mendengar orang yang kaya raya, tiba-tiba jatuh miskin ? Atau orang yang berpangkat tinggi, tiba-tiba dicopot dari jabatannya ?

Bukankah kita semua telah mendengar rumah tangga yang telah dibangun bertahun dan belasan tahun, tiba-tiba pecah berantakan ?

Tentu ada beberapa pengecualian dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, tapi yang jelas dunia ini sementara !

2. Mari memperbanyak kesan yang baik

Bila seluruh fenomena dunia ini sementara, maka pelajaran kedua yang diajarkan oleh perpisahan ialah kesadaran dari kita untuk memperbanyak kesan yang baik terhadap lingkungan dan linkup tanggung jawab dimana kita berada.

Sebab secara akhlak kemasyarakatan nilai seseorang ada pada “apa kata orang, dikala kita pergi” !

Disaat kita berpisah, yang kita bawa masing-masing adalah kesan.

Berbahagia dan mulialah orang yang banyak meninggalkan kesan yang baik dan mampu menutup / menghapus kesan yang buruk.

Sengsara serta hinalah orang yang banyak meninggalkan kesan yang buruk, tanpa ia mampu menghapusnya.

Betapa banyak orang yang telah berbaring di liang lahadnya, dipuji, dihargai dan dido’akan orang dari masa ke masa

Sementara banyak pula orang yang masih dalam hidupnya telah dimaki dan dikutuk orang !

Kapan kita akan membuat kesan yang baik itu, bila bukan sekarang ?

Kapan kita akan menghapus seluruh kesan buruk yang telah lalu, bila bukan sekarang ?

Kesementaraan dunia, seringkali tidak memberikan kesempatan berulang kepada kita untuk berbuat baik, sehingga seringkali terjadi penyesalan yang tidak berguna lagi !

Kesan yang baik perlu kita sebarkan mulai kepada isteri / suami dan anak-anak kita, ibu bapak kita, sanak saudara kita, pembantu kita, para tetangga kita, sekantor kita, lingkungan pergaulan serta lingkup tanggung jawab kita semua.

3. Ridha Allah sebagai tujuan hidup

Memperbanyak kesan yang baik terhadap semua orang, seringkali menemukan kendala yang berat, terutama disaat kemauan lingkungan kita itu beraneka ragam, atau bertentangan dengan hati nurani kita.

Disaat itu kita merasakan pentingnya pegangan yang berisi prinsi-prinsip hidup yang kita jalani di dunia ini.

Islam mengajarkan kepada kita bahwa tugas hidup kita ialah beribadah kepada Allah SWT yang bertujuan untuk mendapatkan ridha-Nya.

Sebagai bahan renungan, mari kita buka firman Allah SWT dalam Surat:

1. Adz Dzariyaat (51) Ayat : 56
2. Al An”am (6) Ayat 162 – 163

Berdasarkan prinsip tersebut, seorang muslim wajib taat terhadap peraturan Allah SWT, melaksanakan ibadah kepada Allah SWT secara ikhlas dan membangun hubungan kemasyarakatannya atas dasar prinsip diatas secara bijaksana.

Kesimpulan

Diakhir penyampaian ini ada baiknya saya menyimpulkan apa yang hendak saya sampaikan sejak awal, sebagai berikut:

1. Upaya peningkatan kualitas keIslaman berawal dari renungan yang serius

2. Majelis ta’lim adalah sarana efektif untuk memotivasi diri ke arah kemajuan dalam berIslam

3. Kehidupan di dunia ini terlalu singkat untuk kita sia-siakan dengan melupakan ajaran Allah SWT.

4. Akhlaq mulia, jalan menuju sukses bermasyarakat

5. Ridha Allah adalah tujuan hidupku !

Penutup

Demikianlah penyampaian sederhana dari saya, sebagai kata perpisahan kali ini, semoga ia menjadi amal shaleh yang maqbul dan mendapat tempat yang layak dihati kita semua.

Mari kita bangkit memikirkan keselamatan diri dan keluarga kita masing-masing di akhirat kelak.

Mari kita bangkit melawan bisikan dan bujuk rayu syetan yang tidak akan pernah menginginkan kebaikan untuk kita.

Akhirnya, mari kita saling memaafkan satu dengan yang lain, sebab tak ada diantara kita yang suci dari kesalahan dan kekhilafan dan semoga tak ada diantara kita yang sengaja berniat buruk dan berkeinginan untuk menyakiti hati orang lain.

Segala puji kita kembalikan kepada Allah Yang maha Kuasa
Shalawat, salam dan berkah kita haturkan kepada Rasulullah Teladan kita
Kepada para keluarga dan segenap shahabat beliau tercinta.

6. Contoh Pidato Tentang Nilai Perpisahan

contoh pidato perpisahan menarik
virginmojito.wordpress.com

Perpisahan dalam arti perpindahan seorang atau lebih dari kelompoknya, ketempat yang lain, adalah salah satu dinamika hidup yang mengandung sejumlah nilai mahal yang wajib diraih dan dimanfaatkan secara optimal menuju cita-cita yang mulia.

Dari sudut pandang da’wah Islamiyah, perpisahan lebih sarat dengan nilai, dibanding perpisahan yang dilatar belakangi oleh faktor duniawi semata.

Karena perpindahan tempat yang telah dimusyawarahkan dari seorang aktifis Da’wah Islamiyah akan memberi kontrobusi dan efektif terhadap kemajuan dan penyebaran Da’wah Islamiyah.

Tulisan ini berupaya mengajak setiap pembaca yang budiman untuk menghayati nilai-nilai perpisahan yang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan para aktifis Da’wah Islamiyah menuju konsistensi yang utuh terhadap garis hidup ini, dijalan Allah SWt.

Urgensi Materi

Pembahasan ini dipandang penting, khususnya dalam mengantar keberangkatan salah seorang saudara kita ketempat tugas yang lain, dipandang dari beberapa faktor berikut ini :

1. Melewatkan satu fenomena penting dalam hidup ini, dan dalam da’wah, tanpa renungan, tanpa penghayatan, tanpa evaluasi adalah salah satu bentuk nyata dari kejumudan befikir yang sangat berbahaya terhadap da’wah, bahkan terhadap cara hidup berIslam !.

2. Perpisahan dalam kehidupan ini, beraneka ragam bentuk dan penyebabnya. Ada yang bersifat Ikhtiyari (atas pilihan sendiri) ada pula yang bersifat Ijbari (merupakan putusan Allah SWT yang tak ada pilihan padanya).

Dalam menyikapi berbagai bentuk perpisahan tersebut, tentu ada perbedaan antara satu dengan yang lain.

3. Perpisahan dalam rangka dan untuk da’wah Islamiyah, sangat perlu di investasikan untuk pembinaan pribadi, keluarga dan segenap team work da’wah yang berpotensi pada kemajuan dan keberhasilan.

Atas dasar semua itulah perpisahan perlu renungan !

Nilai-nilai perpisahan

Dari renungan pribadi yang sangat sederhana terhadap fenomena perpisahan dikalangan para aktifis da’wah Islamiyah, berikut ini beberapa hasilnya :

1. Perpisahan yang terencana adalah hasil pemikiran yang mendalam, musyawarah dan istikharah.

Hal ini memantapkan langkah seorang muslim dengan ikhlas, tawakkal penuh optimisme.

Ia tidak akan tergesa-gesa, tidak berbuat nekad, berbuat tanpa perhitungan.

QS : 42 : 38 QS : 24 : 62

2. Perpisahan adalah dalam rangka mewujudkan kemajuan, peningkatan dan keberhasilan diberbagai bidang.

Hal ini mencakup : Iman, Ilmu, Da’wah, Rumah Tangga, Ekonomi dsb.

QS : 4 : 97 – 100

3. Perpisahan bernilai motivasi untuk menjalin keakraban dan menegakkan kewajiban ukhuwah Islamiyah.

QS : 49 : 10 – 12

Motivasi ini sangat terasa bila kita bersalah pada salah seorang saudara kita, lalu kita bayangkan bahwa dalam waktu dekat kita akan berpisah !

Tentu kita akan segera memperbaiki hubungan dengan ikhlas dan cinta.

4. Perpisahan bernilai kedewasaan, keberanian dan kemauan keras untuk melakukan satu perubahan positif.

QS : 13 : 11

Hal ini sangat terasa pada setiap perantauan untuk menuntut ilmu dan untuk mencari nafkah.

Nilai perpisahan serupa sangat baik diterapkan untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti : merokok, musik jahiliyah, bacaan / tontonan jahiliyah, sifat boros, sifat bakhil, sifat cepat marah dsb.

5. Perpisahan bernilai ujian terhadap komitmen dan konsistensi seorang muslim terhadap Islam dan Da’wah Islamiyah.

QS : 3 : 102 – 103

Hal ini dapat dibuktikan dengan fenomena back to ma’shiyat, penyimpangan dari jalan Allah, meninggalkan da’wah yang disebabkan oleh perpisahan.

Disisi lain ada pula fenomena kemajuan dalam aplikasi Islam dan dalam aktifitas da’wah pasca perpisahan.

Beberapa langkah optimalisasi nilai perpisahan.

Jika nilai-nilai perpisahan diatas dapat kita sepakati, maka yang kita perlukan setelah itu ialah cara penerapan nilai-nilai tersebut secara optimal.

Berikut ini beberapa saran untuk itu :

1. Menerapkan kedisiplinan dan kejujuran dalam kerjasama untuk da’wah Islamiyah, sebelum dan sesudah perpisahan

2. Menerapkan program pribadi muslim secara integral dan disiplin

3. Menjadikan “sukses dalam pergaulan” adalah salah satu tujuan kepribadian

4. Membangun kebiasaan perluasan wawasan secara efektif dan rutin

5. Membangun kebiasaan belajar dari orang lain, siapapun orangnya, serta menerima kebenaran dari manapun sumbernya.

Kesimpulan 

1. Perpisahan adalah peristiwa yang penuh dengan pelajaran, tidak pantas diabaikan tanpa kemajuan

2. Banyak melakukan renungan, analisa dan perluasan wawasan, adalah kebiasaan yang perlu dibangun sesegera mungkin

3. Nilai-nilai perpisahan sangat terkait dengan nilai-nilai pertemuan. Semakin benar hasil pertemuan kita semakin besar peluang kita untuk berhasil dalam perpisahan

4. Seorang muslim yang telah menjadikan da’wah Islamiyah sebagai garis hidupnya, akan selalu bersama da’wah dimanapun ia berada

5. Ilmu, Iman, Amal, Ukhuwah dan Da’wah adalah beberapa kata kunci dalam kehidupan setiap muslim yang menanti perhatian dan perencanaan.

Penutup

Akhirnya saling memaafkan dan saling mendo’akan antar para aktifis da’wah adalah kewajiban yang tak boleh diabaikan.

Karena kesucian hati, lapang dada dan jalinan batin yang erat adalah syarat mutlak keberhasilan kita di jalan Allah SWT.

Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan taufiq, ridha dan rahmat-Nya kepada kita semua. Amiin …

7. Contoh Pidato Tentang Pesan Perpisahan

contoh pidato perpisahan
aura.tabloidbintang.com

Perpisahan dari segala bentuk dari sifatnya adalah sunnatullah yang berlaku pada semua orang.

Ia telah menjadi salah satu ciri hubungan antar manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

Ia senantiasa membawa pelajaran yang berharga bagi orang yang rajin berfikir.

Saling berpesan tentang kebaikan sebelum berpisah, adalah amal shaleh yang dianjurkan. Untuk itu hadirlah pesan berikut ini.

Pesan perpisahan

Pertemuan dan perpisahan adalah amanah Allah SWT dan amanah sesama manusia yang wajib dijaga dan ditunaikan sebaik mungkin.

Amanah Allah SWT berbentuk kewajiban untuk mentaati-Nya dan mencari ridah-Nya.

Amanah sesama manusia berbentuk menutupi aibnya, menjaga rahasianya, memaafkan kesalahannya, menerima kekurangannya, menyebarkan kebaikan nya dan bersifat jujur padanya.

Pertemuan dan perpisahan yang membawa berkah ialah yang menambah iman, menambah kedekatan kepada Allah SWT, menambah cinta tulus antar orang-orang yang beriman.

Dan sebaliknya, setiap pertemuan atau perpisahan yang tidak menambah iman malah menambah dosa, menambah kejauhan dan kelalaian dari Allah SWT, membuat permusuhan dan perpecahan, pertanda nyata kehilangan berkah dan ridha Allah SWT.

Lalu apa yang kita harapkan, apa yang kita andalkan, bila tidak diberkahi dan diridhai oleh Allah SWT ?.

Nilai motivasi iman dan kebaikan dalam setiap pertemuan dan perpisahan itulah yang selayaknya kita cari dan kita pertahankan sebagai muslim muslimah yang taat kepada Allah SWT.

Pesan terbaik dalam pertemuan dan perpisahan ialah taqwa kepada Allah SWT. Ia adalah pesan Allah, pesan seluruh Nabi dan Rasul, pesan seluruh wali Allah, pesan seluruh khatib setiap jum’at sepanjang masa dan di seluruh dunia.

Karena ia merupakan kata kunci seluruh kesuksesan duniawi dan ukhrawi yang dicari oleh semua orang.

Bila ia telah terbentuk dengan kuat, terhunjam terpatri dalam kepribadian seseorang, niscaya pengendalian dirinya akan senantiasa terjaga dan tersambung dengan Yang maha Pengendali, yaitu Allah Dzul Jalal Wal Ikram SWT.

Orang yang bertaqwa adalah orang yang sering melakukan introspeksi uang rutin dan efektif.

Ia senantiasa bekerja keras beramal shaleh dalam pengertian yang seluas-luasnya, untuk menebus seluruh dosa dan kesalahannya kepada Allah SWT, kepada sesama manusia dan kepada sesama makhluk.

Ia senantiasa berusaha menghadirkan kebesaran dan pengawasan Allah SWT dalam setiap langkahnya, bahkan dalam setiap denyut jantungnya, selama ia terjaga.

Mujahadah tersebut membuat hatinya suci, bening, ibadahnya terus meningkat, akhlaknya dari hari ke hari semakin baik dan mengagumkan, kepeduliannya terhadap umat islam semakin tinggi dan bijaksana.

Demikianlah kepribadian yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW, para sahabat dan para pemimpin Islam yang shaleh. Kepribadian seperti itulah yang kita cita-citakan.

Penutup

Umat Islam dewasa ini sesunghnya sedang menanti pemimpin-pemimpin teladan. Yaitu mereka yang mampu menerapkan apa yang ia anjurkan.

Mereka yang memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap kemajuan dan kejayaan umat islam.

Mereka yang mampu mengemban amanah dengan penuh kajujuran dan rasa tanggung jawab.

Kebangkitan umat ini sesungguhnya berawal dari kebangkitan pribadi-pribadi muslim muslimah yang sadar akan perannya dan tanggung jawabnya

Lalu mereka tekun mengembangkan kepribadian mereka dengan pola kehidupan yang diajarkan Islam, secara berkesinambungan, dengan penuh kedisiplinan dan latihan untuk semakin bijaksana.

Taqwa kepada Allaj SWT adalah ruh kepribadian yang ditiupkan oleh Islam kepada segenap muslim muslimah yang bekerja keras untuk mendapatkannya.

Dengan itu kita hidup, hanya dengan itu kita kehidupan ini akan berarti dan bermanfaat.

Mari kita saling memaafkan. Mari kita bergandengan tangan, bersatu untuk melangkah kedepan, seia sekata, secita-cita seperjuangan, dimanapun kita berada.

Mari kita saling mendo’akan untuk mendapatkan taufiq, hidayah dan istiqamah, agar kita dapat meraih Husnul Khatimah, lalu kita bersua secara abadi di Jannatul Firdaus, disamping Rasulullah SAW, para Nabi, Shiddiqin, Syuhada’ dan Shalihin, pada kehidupan yang kekal nanti. Amin …..

Akhirnya, perkenankan saya untuk mohon diri untuk segera beralih ke medan juang yang lain.

Perkenankan saya untuk menungkapkan :

“Saya cinta pada segenap hadirin dan pembaca muslim muslimah semua karena Allah”

Oleh: Mudzakkir Arif, M.A

Akhir Kata

Itulah tadi ke empat contoh pidato perpisahan yang mana masing-masing untuk tingkatan TK, SD, SMP, serta SMA. Sampaikan dengan tulus pidato tersebut.

Dengan begitu kamu akan bisa membawa suasana yang sakral di acara perpisahan sekolah nantinya. Selamat mencoba membuat teksnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.