Contoh Pidato Perpisahan

Pidato bukanlah hal yang asing lagi di masyarakat. Mulai dari lingkungan rumah hingga sekolah pasti memungkinkan siapapun untuk memberikan pidatonya.

Isi pidato juga bermacam-macam. Tergantung dari momen yang sedang dilewati.

Beberapa pidato terkenal yaitu pidato pemanasan global, bahaya narkoba, kesehatan mental, hingga yang paling terkenal yaitu perpisahan.

Contoh pidato perpisahan biasanya banyak dicari untuk dipakai terutama bagi mereka yang sedang di penghujung sekolah seperti kelas 6, 9, maupun 12.

Untuk membuat suatu pidato sebenarnya tidak sulit. Kamu hanya perlu mengembangkan poin-poin yang sudah dikarang sebelumnya.

Poin tersebut disusun guna mempermudah penulisan pidato perpisahanmu.

Kumpulan Contoh Pidato Perpisahan

Terdapat 4 metode dalam berpidato yaitu menghafal, membaca, ekstemporan, serta improptu atau spontan.

Kualitas suatu pidato tidak hanya berdasar dari isinya semata melainkan juga cara penyampaiannya. Berikut akan dibahas 4 contoh pidato perpisahan paling lengkap.

1. Contoh Pidato Perpisahan Anak TK

Yang pertama yaitu contoh pidato perpisahan anak TK. TK atau Taman Kanak-Kanak merupakan sarana belajar untuk anak di usia 4 hingga 6 tahun.

Di usia semuda itu bukan berarti mereka tidak bisa menciptakan pidato yang hebat. Terlebih jika pidato tersebut adalah pidato perpisahan.

Perpisahan menjadi momentum dimana seluruh emosi bergabung. Tanpa disadari terdapat rasa sedih dan senang secara bersamaan saat membuat ataupun menyampaikan contoh pidato perpisahan.

Rasa tersebut adalah hasil dari apa yang telah dialami selama belajar di sekolah.

Karena pidato perpisahan juga menjadi momen tak terlupakan, maka pidato sebaik mungkin akan bisa dikenang oleh banyak orang.

Jadi kamu juga harus membuat contoh pidato perpisahan dengan serius, tidak asal-asalan saja.

Di bawah ini adalah contoh pidato perpisahan anak TK yang bisa dijadikan referensi.

————————————

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Yang terhormat para guru semuanya.
Yang kami hormati orang tua kami tercinta.
Dan juga hadirin sekalian dan teman-teman yang berbahagia.

Terima kasih diucapkan teruntuk Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kesempatan berharga bagi kita semua untuk berkumpul di hari yang cerah ini dalam rangka “Pelepasan Murid Taman Kanak-Kanak Tadika Mesra Tahun Ajaran 2018-2019”.

Rasa cinta juga selalu tercurah untuk Nabi Besar Muhammad SAW yang menjadi junjungan umat muslim semuanya.

Semoga kita semua bisa mendapat perlindungannya kelak di akhirat nanti. Amin ya rabbal alamin.

Pada hari ini kami selaku murid Taman Kanak-Kanak Tadika Mesra merasa sangat berbahagia karena telah dinyatakan selesai dalam menempuh pendidikan di tahun ajaran ini. Rasa syukur selalu kami ucapkan kepada semua orang yang sudah membantu kami.

Beribu terima kasih tak henti terucap untuk seluruh guru kami tercinta yang sudah mendidik kami dengan penuh kesabaran dan hati yang selalu lapang.

Kami mohon maaf jika selama ini sudah membuat ibu dan bapak guru kesusahan karena tidak mendengarkan nasihat dengan benar.

Perjalanan kami memang masih sangat panjang. Maka dari itu, dukungan tak henti kami butuhkan dari guru beserta ayah bunda.

Kami memang merasa sedih karena harus meninggalkan sekolah dan teman-teman sekalian. Namun kami akan selalu semangat dalam belajar di tempat baru nanti.

Untuk adik-adik yang lain, kami berharap adik-adik bisa selalu semangat dalam belajar. Sehingga nantinya kita bisa menjadi generasi cerdas penerus bangsa.

Semoga ilmu dari bangku sekolah ini bisa kita amalkan dengan baik dan benar.

Akhir kata, terima kasih semuanya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga:
» Kata Kata Sedih Menyentuh Hati

2. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Kemudian contoh selanjutnya adalah contoh pidato perpisahan kelas 6 SD. Kelas 6 menjadi kelas dimana di akhir tahun ajaran adalah perpisahan untuk ke jenjang yang lebih tinggi. Maka dari itu teks pidato banyak dicari oleh murid-murid kelas 6 SD ini.

Bagi kamu yang masih bingung mencari contoh pidato perpisahan, berikut contoh yang bisa menjadi inspirasimu.

—————————

Yang terhormat Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang.
Yang kami hormati para guru dan staff SD Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang.
Serta yang terhormat para wali murid semuanya dan teman-teman yang berbahagia.

Pada acara “Perpisahan Murid SD Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang Tahun Ajaran 2018/2019” ini izinkanlah kami menyampaikan sepatah dua patah kata. Yang pertama kali tentu saja puji syukur tak hentinya kami ucapkan kepada Allah SWT.

Karena atas restu dan rahmat Allah kita semua bisa berkumpul di hari yang bahagia ini. Rasa terima kasih juga kami berikan pada semua guru yang tak lelah mengajar, membimbing, serta memberi kami ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat.

Pengalaman selama 6 tahun ini tentunya tak akan kami lupakan begitu saja. Semoga Allah akan membalas segala kebaikan bapak dan ibu guru.

Kemudian rasa terima kasih juga tercurah kepada orang tua kami yang selalu mendukung kami dalam menimba ilmu dari awal hingga akhir.

Pada kesempatan ini kami meminta maaf jikalau ada salah kata ataupun perbuatan yang tak sengaja kami lakukan.

Mungkin bapak atau ibu guru pernah kesal atau sedih atas tingkah laku kami yang terkadang nakal. Kami harap kesalahan kami bisa dimaafkan.

Untuk adik yang masih melanjutkan pendidikan di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang, teruslah rajin belajar.

Patuhi perintah guru dan jangan lakukan hal yang bisa merugikan diri sendiri kelak. Jangan lupakan jasa guru-guru jika kelak kalian lulus nanti.

Sementara untuk orang tua kami tersayang, terima kasih atas cinta dan dukungannya.

Karena dengan adanya ayah dan bunda yang selalu mendukung dan mendoakan kami, kami bisa lulus dengan tepat waktu.

Tanpa ayah dan bunda kami tidak akan bisa sampai ke tahap ini.

Demikian yang bisa kami ucapkan.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP

Contoh pidato perpisahan yang lain yaitu untuk pidato perpisahan anak kelas 9 SMP. Sama seperti kelas 6 SD, kelas 9 SMP menjadi tahun yang penuh dengan perpisahan.

Untuk bisa melanjutkan ke sekolah menengah atas, kamu semua harus bisa lulus di SMP.

Berikut adalah referensi contoh pidato perpisahan yang terbilang sederhana.

——————————-

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Yang terhormat Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Comal

Yang terhormat Guru beserta staff karyawan SMP Negeri 1 Comal.
Tak lupa teman-teman yang saya cintai.

Pertama-tama marilah kita semua memanjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Atas semua rahmat dan karunia-Nyalah kita bisa berkumpul bersama di hari yang cerah ini dalam rangka acara perpisahan sekolah.

Di kesempatan yang sakral ini izinkan ijinkan saya mewakili teman-teman untuk memberikan sepatah dua patah kata di acara perpisahan ini.

Selama bersekolah di SMP Negeri 1 Comal, kami sangatlah bangga dan bersyukur bisa dipertemukan dengan bapak dan ibu guru sekalian.

Bapak dan ibu guru telah dengan susah payah mengajar kami di sekolah. Bapak dan ibu guru sudah dengan sangat baik mendidik kami.

Tanpa memandang belas kasih ataupun asal kami. Bapak dan ibu guru sudah begitu sabar dan tak kenal lelah dalam mengajari yang baik dan buruk pada kami.

Atas jasa semua guru, kami bisa lulus dari SMP Negeri 1 Comal dengan tepat waktu dan memuaskan.

Kami selalu berharap semoga kemudahan dan kebahagiaan selalu diberikan pada semua guru yang bertugas mengajar di SMP Negeri 1 Comal.

Tak terlupakan juga untuk teman-teman seangkatan SMP Negeri 1 Comal, terima kasih banyak. Terima kasih sudah menjadi kawan dan keluarga yang hangat.

Perpisahan ini memang berat namun doa tak henti mengalir untuk kesuksesan teman-teman. Kenangan ini akan selalu teringat di benak.

Semoga teman-teman bisa meneruskan cita-cita setinggi langit. Doa selalu menyertai teman-teman semuanya.

Akhir kata terima kasih atas kesempatan yang luar biasa ini.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA

Contoh pidato perpisahan terakhir dalam daftar pidato perpisahan yaitu pidato untuk perpisahan SMA kelas 12. Di kelas ini kamu sudah lebih dewasa dari tahap sebelumnya.

Kamu juga bisa menyusun teks pidato sebaik mungkin dan nantinya menampilkan pidato dengan metode manapun yang kamu anggap cocok.

Contoh pidato perpisahan untuk kelas 12 SMA yaitu seperti yang tertulis di bawah ini.

——————————

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Kepala SMA Negeri 5 Magelang.
Yang terhormat Wakil Kepala SMA Negeri 5 Magelang.
Yang terhormat jajaran guru dan staff SMA Negeri 5 Magelang.
Yang kami hormati Bapak dan Ibu wali murid sekalian dan teman-teman yang saya cintai.

Puji syukur tak henti kami panjatkan kepada Allah SWT atas limpahan rahmat-Nya dan atas izin-Nya pula kita semua bisa berkumpul di acara pelepasan kelas 12 SMA Negeri 5 Magelang.

Di hari yang berbahagia ini, perkenankan saya mewakili teman-teman kelas 12 SMA Negeri 5 Magelang untuk mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh rekan kelas 12 yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan hingga ke tahap ini.

Kelulusan dengan hasil yang baik tentunya suatu nikmat yang patut disyukuri. Tapi jika hasilnya kurang memuaskan maka jangan berkecil hati.

Kita semua pemenang hari ini. sejalan dengan kelulusan kelas 12, rasa terima kasih tak terhitung tercurahkan kepada mereka yang berperan besar.

Untuk bapak dan ibu guru SMA Negeri 5 Magelang, terima kasih banyak atas jasa kalian yang tak terhitung besarnya.

Atas kebaikan hati kalianlah kita semua bisa lulus dan mendapat ilmu yang sangat-sangat berguna. Semoga ilmu ini bisa menjadi amanah bagi kami untuk diteruskan ke sesama.

Kemudian untuk orang tua yang senantiasa berdoa atas kesuksesan anaknya. Terima kasih banyak ayah dan bunda. Kalian adalah cahaya kehidupan kami.

Terima kasih sudah mendukung kami dengan sepenuh hati. Kami akan memberikan yang terbaik bagi ayah dan bunda semua.

Hadirin sekalian. Kenangan demi kenangan bergulir selama 3 tahun ini. SMA Negeri 5 Magelang menjadi tempat yang mana bukan hanya sekedar sekolah, namun juga rumah.

Kalian bukan hanya teman namun juga keluarga. Terima kasih sudah menorehkan kenangan indah untuk dikenang.

Tiba saatnya bagi kami untuk melanjutkan kehidupan. Semoga segala yang teman-teman usahakan bisa tercapai.

Semoga kebahagiaan senantiasa menyertai kita semua. Kami yakin Tuhan akan bersama kita semua.

Demikian sedikit ungkapan perpisahan yang bisa kami sampaikan. Jika ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi. Jika ada umur yang panjang kita pasti berjumpa lagi.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah tadi ke empat contoh pidato perpisahan yang mana masing-masing untuk tingkatan TK, SD, SMP, serta SMA. Sampaikan dengan tulus pidato tersebut.

Dengan begitu kamu akan bisa membawa suasana yang sakral di acara perpisahan sekolah nantinya. Selamat mencoba membuat teksnya.

Tinggalkan komentar