Niat, Doa dan Tata Cara Shalat Witir Rasulullah

Shalat Witir – Seperti yang kita ketahui, sholat adalah tiang agama, pondasi agama. Jika kita tidak mendirikan sholat, agama yang kita pegang akan runtuh dengan sendirinya. Allah telah menyuruh kita untuk melakukan ibadah sholat secara tepat waktu. Sholat sendiri terbagi menjadi 2 yaitu sholat wajib dan sholat sunnah.

Sholat wajib itu yang terdiri dari 5 waktu yaitu shubuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya. Sedangkan untuk sholat sunnah sendiri ada banyak macamnya. Salah satunya adalah sholat witir. Apakah Anda tahu sholat witir? Sholat witir adalah sholat yang jumlahnya ganjil.

Keutamaan sholat witir sendiri cukup banyak, dan pastinya, jika Anda mengerjakan sholat sunnah ini, akan mendapatkan manfaat tersendiri.

Pengertian Shalat Witir

Al-Witr secara bahasa adalah bilangan ganjil, seperti bilangan satu, tiga dan lima. seperti yang disebutkan dalam sabda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam:

إن الله وتر يحب الةتر

“Sesungguhnya Allah Maha ganjil dan mencintai yang ganjil”

Dalam hadits dijelaskan:

من استجمر فليوتر

“Barangsiapa beritinja’ -dengan baju- maka hendaknya -memakai dengan bilangan- ganjil”.

Sedangkan witir menurut istilah adalah shalat yang dikerjakan antara shalat isya hingga munculnya fajar dan menjadi penutup shalat malam.

disebutkan demikian karena shalat witir adalah shalat ganjil satu rakaat, tiga rakaat atau lebih dengan catatan tidak dikerjakan dengan bilangan genap.

Terdapat perbedaan pendapat dalam masalah shalat witir. Satu sisi dikatakan bahwa shalat witir adalah bagian shalat malam atau shalat tahajud, dan sebagian lain mengatakan bahwa ia bukan bagian dari shalat tahajud.

Hukum Shalat Witir

Terdapat dua pendapat tentang hukum sholat witir:

Pertama, Hukumnya adalah Wajib

Ini adalah pendapat madzhab Abu Hanifah, ia memandang witir dari sisi perincian makna dan dasarnya. sehingga Ibnu Mundzir berkata, “Saya tidak mengetahui seorang pun yang sepaham dengan pendapat Abu Hanifah”

Dasar pendapatnya ialah sebagai berikut:

1. Hadits marfu’ dari Abu Hurairah

من لم يوتر فليس منا

“Barangsiapa tidak pernah mengerjakan witir, maka ia bukan dari golongan kami”

2. Hadits marfu’ dari Abu Ayyub

“Witir adalah haq, barangsiapa suka mengerjakannya witir lima rakaat, maka kerjakanlah, dan barangsiapa lebih menyukai witir tiga rakaat, maka kerjakanlah, dan barangsiapa lebih suka shalat witir satu rakaat, maka kerjakanlah”. HR. Abu Daud (1422)

Baca Juga:
• Doa Sholat Tahajud

Keutamaan Sholat Witir

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa Witir dalam bahasa adalah ganjil. Allah sangat menyukai angka yang ganji, karena Allah sendiri hanya satu, tidak ada yang lain.

Maka dari itu keutamaan sholat witir sangat banyak, sehingga orang muslim sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah ini. Keutamaan sholat witir sendiri telah tercantum pada hadis seperti berikut :

“Sesungguhnya Allah itu Witr dan menyukai yang witr (ganjil).” (HR. Bukhari no. 6410dan Muslim no. 2677)

Dari arti hadist di atas, kita dapat mengetahui, bahwa keutamaan sholat witir bisa diambil karena jumlahnya yang ganjil.

Anda bisa mengerjakannya dalam satu rokaat saja, atau jika ingin memantapkan diri, Anda bisa sholat hingga 3 rokaat.

Sholat witir mempunyai makna bahwa sholat ini antara isya dan terbitnya fajar.

Maksud dari kata tersebut bahwa kita bisa mengerjakan sholat witir setelah sholat isya, sampai nanti sholat subuh tiba. Allah sangat menyukai orang-orang yang rajin beribadah.

Sholat 5 waktu adalah sebuah kewajiban, ibadah kita akan semakin mantap jika ditambah sholat-sholat sunnah lain seperti witir.

Keutamaan sholat witir yang lain adalah, sholat ini bisa dikatakan sholat sunnah penutup untuk sholat wajib atau sholat malam

Seperti kita ketahui di atas, sholat witir memang jumlahnya harus ganjil.

Tapi karena jumlah rokaat tersebut, banyak terjadi perdebatan yang melibatkan para ulama tentang jumlah sholat witir yang sesungguhnya.

Sebenarnya sholat witir tidak mempunyai jumlah rokaat tertentu.

Namun, Anda bisa melaksanakan sholat tersebut dengan rokaat yang terkecil, yaitu satu.

Anda juga bisa melakukannya dengan 3 rokaat. Sudah banyak hadis yang membahas tentang perdebatan rokaat ini.

Entah mau melakukannya satu rokaat atau tiga rokaat, yang terpenting adalah keutamaan sholat witirnya sama saja.

Setelah kita mengetahui tentang pengertian sholat witir, jumlah rokaat serta kapan pelaksanaan sholat witir tersebut, kita juga harus tahu keutamaan sholat witir.

Setiap ibadah yang dilakukan umat Islam, pasti memiliki keutamaan yang memberikan manfaat yang baik untuk orang yang mengerjakannya. Allah adalah maha pengasih lagi maha penyayang.

Jika kalian dekat dengannya, Allah akan memudahkan kehidupan kalian di dunia maupun di akhirat.

Ada 6 keutamaan sholat witir yang paling tidak harus kamu ketahui agar mau melaksanakannya. Keenamnya tersebut ialah:

1. Sholat yang Tidak Pernah Ditinggal Rosulullah

Rosulullah adalah manusia pilihan yang mendapat tempat spesial di sisi Allah, tentu Rosulullahakan rajin beribadah meski Allah sangat dekat dengannya.

Ada 3 hal yang tidak mungkin ditinggalkan oleh beliau, yaitu puasa 3 hari setiap bulan, selalu mendirikan sholat dhuha, dan yang terakhir adalah sholat sunnah witir.

Rosulullah selalu mendirikan sholat witir pastinya tahu keutamaan sholat witir itu seperti apa. Jika Anda ingin mendapatkan tempat spesial di sisi Allah sama dengan Baginda Rosul, Anda harus rajin-rajin untuk mengerjakan sholat sunnah witir.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa shalat witir adalah salah satu shalat yang sangat dianjurkan oleh Nabi:

أَوْصَانِى خَلِيلِى بِثَلاَثٍ لاَ أَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ صَوْمِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاَةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

“Kekasihku Rasulullah memberi wasiat kepadaku agar aku berpuasa 3 hari setiap bulan, mendirikan shalat Dhuha 2 raka’at dan shalat witir sebelum aku tidur” (HR. Bukhori)

Setelah melihat hadist tersebut, apakah Anda sudah bertekad untuk menjalankan sunnah-sunnah yang dikerjakan oleh Rosul? Ayo, buatlah perubahan untuk ibadah Anda.

2. Penyempurna Sholat Malam

Kenapa bisa dikatakan seperti itu? Karena sholat ini memang mempunyai keutamaan tersendiri. Keutamaan sholat witir sebagai penyempurna adalah agar sholat malam Anda bisa dibilang lebih sempurna.

Maka dari itu, setelah sholat isya, lebih baik mendirikan sholat witir. Sholat malam yang dimaksud di sini contohnya saja adalah sholat tahajud.

3. Sholat Witir Dicintai Allah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Witir adalah ganjil, dan Allah sangat menyukai angka ganjil. Jika Anda melaksanakan sholat witir dengan rutin, maka Allah akan mencintai Anda.

Namun, bukan berarti Anda hanya melaksanakan sholat witir saja, sholat wajib pun juga harus dilaksanakan.

Lakukanlah sholat witir agar lebih dicintai oleh Allah SWT. Karena Allah akan senantiasa mencintai umatnya yang juga mengutamakannya dalam hidupnya.

4. Sebagai Tambahan Sholat

Allah mencintai orang yang selalu melakukan sholat 5 waktu tanpa ada yang tertinggal dan melaksanakannya dengan tepat waktu. Tapi ada waktu di mana kita kadang akan meninggalkan sholat dan lupa untuk menggantinya.

Dengan mengerjakan sholat witir, Anda bisa menambah sholat Anda sebagai pengganti sholat fardhu yang mungkin sudah lupa untuk dijamak. Lakukanlah setiap malam setelah sholat isya untuk menambah sholat Anda.

5. Sholat Witir Disaksikan Malaikat

Malaikat adalah utusan Allah secara langsung untuk melihat umat-umatnya dan melaporkan segala perbuatannya. Anda tentu ingin bukan melakukan sholat dan dilihat oleh para Malaikat?

Sholat witir memang bisa dilihat oleh para Malaikat, dan Malaikat tersebut sudah pasti akan mencatat kebaikan Anda karena melaksanakan salah satu sholat yang sangat dicintai oleh Allah SWT.

6. Sholat Witir Lebih Baik dari Onta Merah

Mungkin banyak yang kurang mengerti tentang paribahasa ini. Maksud dari kata ini adalah, bahwa sholat witir bahkan lebih mahal atau lebih berharga dibandingkan dengan onta merah yang harganya mahal sekalipun.

Apalagi jika Anda menunaikan sholat witir sebelum adanya fajar atau ssebelum sholat subuh datang. Keutamaan sholatnya akan berkali-kali lipat nantinya.

Keenam keutamaan tersebut memang benar adanya. Hal itu sudah banyak tercantum pada hadist-hadist dan juga Al-Qur’an.

Keutamaan sholat witir yang lain juga ada. Jika Anda mendirikan sholat witir, niscaya doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Waktu-waktu sholat witir memang saat yang paling dekat dengan Allah, sehingga waktu itu juga saat dikabulkannya doa-doa yang diucapkan.

Berdoalah secara sungguh-sungguh. Lakukanlah pula usaha yang sedang kita jalani. Jangan hanya berdoa saja, karena berusaha dan berdoa adalah satu paket yang bisa mengantarkan pada impian.

Baca Juga:
• Batas Batas Waktu Sholat

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan singkat mengenai shalat witir yang merupakan shalat yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah, baik saat muqim maupun saat dalam perjalanan ke suatu tempat.

Hal ini menunjukkan bahwa shalat witir memiliki keutamaan yang patut untuk dikejar oleh setiap muslim muslimah.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.