Keutamaan Bacaan Sholawat Nabi

Sholawat Nabi – Shalawat merupakan bentuk jama’ dari kata shalat yang berarti do’a, rahmat, berkah, serta inayah. Sebagai hamba Allah yang beriman hendaknya kita memperbanyak shalawat kepada junjungan Nabi agung Muhammad SAW.

Anjuran untuk memperbanyak shalawat juga telah Allah tegaskandalam firmannya pada Surat Al-Ahzab ayat 56 yang menyatakan bahwasanya Allah dan malaikat-malaikatNya bershalawat untuk Nabi, maka dari itu orang-orang yang beriman juga hendaknya bershalawat serta mengucapkan salam penghormatan untuk Nabi.

Dari ayat tersebut menjelaskan bahwa shalawat bukan hanya sekedar ucapan terima kasih kepada Nabi saja, melainkan juga menjdi ibadah yang utama.

Allah SWT menyebutkan bahwa Allah sendiri bershalawat kepada Nabi, kemudian memerintahkan para malaikatnya ikut bershalawat kepada Nabi, baru kemudian Allah memerintahkan hambaNya untuk ikut bershalawat kepada Nabi juga. Allah bershalawat kepada Nabi dapat diartikan bahwa Allah mencurahkan rahmat kepadanya.

Sedangkan malaikat bershalawat kepada Nabi berarti malaikat mendoakan Nabi agar mendapat rahmat dari Allah serta memintakan ampunan. Sementara itu, jika orang-orang mukmin bershalawat kepada Nabi itu berarti mereka berdoa supaya diberi rahmat.

Shalawat sendiri merupakan ibadah yang tidak mengenal batas alam, jarak, maupun waktu. Artinya, jika kita bershalawat maka akan menembus langit yang sangat jauh, didengar malaikat, kemudian turut mengucapkan do’a bagi orang yang mebacanya.

Nabi Muhammad SAW juga bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam tirmidzi bahwasanya manusia yang paling layak berkumpul dengan Nabi Muhammad yaitu orang yang paling banyak bershalawat kepadanya.

Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

Agama Islam memberikan kemudahan ibadah yang besar kepada umatnya. Salah satu kemudahan tersebut yaitu dengan bershalawat.

Shalawat kepada Nabi sendiri merupakan salah satu bentuk ibadah yang paling agung. Dengan bershalawat berarti kita mengucapkan rasa terimakasih kepada Nabi.

Dengan begitu malaikat pun akan turut serta mendoakannya. Shalawat sangat baik diucapkan dalam setiap hembusan nafas ataupun cukup membacanya di dalam hati saja.

Shalawat akan memberikan keutamaan serta kebaikan yang besar bagi para pembacanya. Berikut ini beberapa keutamaan shalawat Nabi yang dapat Anda peroleh.

1. Merupakan tanda cinta seorang muslim kepada Rasulullah

Bentuk kecintaan seseorang terhadap Rasulnya dapat dibuktikan dengan seberapa banyak Ia mengucapkan shalawat.

Semakin banyak Ia mengucapkan shalawat berarti menandakan semakin dalam kecintaannya terhadap Rasul Allah.

Sebagaimana para ulama mengatakan bahwa barangsiapa yang mencintai sesuatu, maka Ia akan sering menyebutnya.

2. Diutamakan saat kiamat

Salah satu keutamaan membaca shalawat secara terus-menerus yaitu akan diutamakan orang yang membaca tersebut saat hari kiamat kelak.

Hal ini sesuai dengan hadits nabi yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Mas’ud yang menyatakan bahwa orang yang paling utama di hari kiamat kelak adalah mereka yang lebih banyak membaca shalawat kepada Nabi.

3. Mendatangkan rahmat dan karunia Allah SWT

Seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya doa dapat mendatangkan rahmat serta karunia Allah SWT. Shalawat sendiri merupakan suatu ucapan doa.

Maka dari itu, seseorang yang bershalawat juga senantiasa mengundang kedatangan rahmat serta karunia dari Allah SWT.

4. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Allah pernah memerintahkan kepada Nabi musa untuk memperbanyak shalawat agar Allah senantiasa lebih dekat kepadanya.

5. Diangkat 10 derajat dan dihapus 10 keburukan

Barangsiapa yang mengamalkan shalawat 1 kali saja, maka Allah akan mengangkat derajat orang tersebut sebanyak 10 kali dan juga menghapuskan 10 kali kesalahannya.

Jika Anda secara terus-menerus bershalawat kepada Nabi, tentu akan banyak kesalahan yang dihapuskan dan juga pengangkatan derajat berkali-kali lipat.

Baca Juga:
Tata Cara Sholat Tahajud

6. Shalawat merupakan bentuk ketaatan kepada perintah Allah

Allah telah memerintahkan hambaNya untuk memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad melalui firmanNya pada surat Al-Ahzab ayat 51 yang menyatakan bahwa Allah dan malaikat-malaikatNya bershalawat untuk Nabi, maka dari itu orang-orang yang beriman juga hendaknya bershalawat serta mengucapkan salam penghormatan untuk Nabi.

Berdasarkan firman Allah tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwasanya dengan kita banyak membaca shalawat itu berarti kita sedang mengimplementasikan ketaatan kita kepada perintah Allah SWT.

7. Diharapkan dikabulkannya do’a apabila didahului dengan sholawat

Sebuah do’a yang diawali dengan bacaan shalawat akan lebih mudah dikabulkan oleh Allah. Hal ini disebabkan karena shalawat dapat mengantarkan do’a-do’a hambanya menuju langit.

Seorang sahabat Nabi bernama Ummar bin Khatab mengatakan bahwa Ia pernah mendengar bahwasannya sebuah do’a akan tertahan diantara langit dan bumi, do’a tersebut tidak akan dapat naik sampai dibacakannya shalawat kepada Nabi.

Selain itu, setiap orang yang mengawali dan mengakhiri do’anya dengan shalawt dan taslim kepada Rasulullah, maka do’a tersebut sangan mustajab karena banyaknya keberkahan shalawat yang menyertainya.

8. Mendapatkan syafa’at dari Nabi Shallalahu ‘alaihi Wasalam

Shalawat tidak hanya mendatangkan kebaikan bagi yang membacanya pada saat Ia di dunia saja, melainkan juga dapat mendatangkan syafa’at Nabi Muhammad kelak di hari kiamat.

Syafa’at dari Nabi Muhammad senantiasa dapat meringankan siksaan kita di hari akhir kelak.

9. Shalawat merupakan sebab diampuninya dosa-dosa

Shalawat juga dapat memberikan pengampunan dosa bagi mereka yang membacanya. Tak hanya dosa-dosa kecil saja, shalawat juga memberikan pengampunan terhadap dosa-dosa besar jika didasari dengan kecintaan, keimanan, serta keikhlasannya dalam membaca shalawat.

10. Mendatangkan pujian dari pendukung langit

Sebagaimana yang kita tahu bahwasanya shalawat tidak mengenal batas alam maupun jarak. Maka dari itu, saat seseorang bershalawat kepada Nabi maka para malaikat dan juga pendukung langit lainnya ikut mendengar dan turut memberikan do’a dan pujian kepada orang yang membacanya.

Demikian beberapa ulasan mengenai keutamaan shalawat Nabi yang dapat Anda peroleh. Dengan membaca shalawat secara rutin, keutamaan shalawat dapat Anda rasakan tidak hanya di dunia saja melainkan juga saat di akhirat nanti.

Hal ini disebabkan karena shalawat juga melibatkan Allah beserta malaikatNya dan Nabi Muhammad SAW langsung membalasnya. Membaca dan mengamalkan shalawat akan memberikan manfaat dan dapat menuntun Anda pada jalan kebaikan.

Oleh karena itu, ucapkanlah shalawat kapanpun dan dimanapun. Disaat kita senggang, disaat kita sedang melakukan kegiatan, atau disaat apapun usahakan untuk menyempatkan membaca shalawat.

Karena jika kita melupakan shalawat, itu berarti kita telah melupakan nabi Muhammad dan keliru dari jalan syurga, sebagaimana telah dijelaskan dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majjah.

Baca Juga:
Manfaat Ayat Kursi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.