Contoh Surat Resmi

Contoh Surat Resmi sekolah – Sekolah adalah lembaga pendidikan resmi yang ada di Indonesia. Di dalam berkomunikasi, tentu saja ada aturan yang harus diikuti, seperti misalnya menggunakan berbagai contoh surat resmi sekolah.

Surat resmi sendiri merupakan sarana komunikasi resmi yang digunakan oleh lembaga-lembaga seperti sekolah, baik untuk berkomunikasi dengan lembaga lainnya maupun dengan orang tua murid. Seperti beberapa contoh berikut.

Beberapa Contoh Surat Resmi Sekolah

Sebagai sebuah lembaga resmi, sekolah tentu memiliki aturan-aturan sendiri yang harus dipatuhi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Tidak hanya dalam hal belajar mengajar, ketika melakukan komunikasi pun ada aturan yang harus dipatuhi.

Aturan komunikasi yang harus dipatuhi oleh sekolah dalam melakukan komunikasi itu adalah dengan menggunakan surat resmi.

Surat resmi yang digunakan oleh sekolah untuk berkomunikasi pun ada banyak jenisnya. Ada contoh surat resmi sekolah yang ditujukan untuk guru sekolah, untuk pihak sekolah lain dan untuk wali murid.

Diantara jenis-jenis tersebut pasti sudah ada struktur dan aturan dalam pembuatannya.

Dalam struktur, ada bagian yang harus ada di dalam surat, sedangkan bahasa yang digunakan adalah bahasa baku dan sesuai dengan ejaan yang baik dan benar.

Dalam pembuatan surat resmi sekolah, struktur dan penggunaan bahasa harus benar-benar diperhatikan.

Untuk struktur penulisan surat resmi sekolah hampir sama dengan penulisan surat resmi lainnya.

Surat resmi harus memiliki Kop surat, yang berisi tentang data dan identitas sekolah. Mulai dari nama sekolah, alamat sekolah, nomor telepon dan fax sekolah.

Bahkan, saat ini dengan perkembangan teknologi di bidang pendidikan, dalam identitas sekolah biasanya juga dicantumkan laman resmi atau website sekolah, email dan akun sosial media yang dimiliki oleh sekolah.

Struktur selanjutnya yang harus ada di dalam surat resmi adalah pihak yang dituju. Dalam hal ini biasanya pihak yang dituju dalam surat resmi sekolah adalah orang tua / wali murid.

Di bawahnya, ada pembuka yang biasanya tertulis salam pembuka serta penghormatan kepada penerima surat.

Yang tak kalah penting dalam struktur penulisan surat resmi sekolah adalah isi surat. Isi ini adalah maksud dari dikirimkannya surat tersebut.

Bagian akhir ada penutup, termasuk di dalam ada salam penutup yang diikuti dengan pemberian tanda tangan dan nama terang.

1. Contoh Surat Resmi Sekolah Dasar

Jenjang pendidikan paling dasar yang ada di Indonesia adalah sekolah dasar. Saat sekolah dasar memang belum ada banyak kegiatan yang dilakukan di sekolah.

Surat resmi ini yang biasanya digunakan sebagai sarana komunikasi antara pihak sekolah dengan pihak lain juga tidak begitu banyak digunakan.

Surat resmi sekolah yang sering dibuat oleh pihak sekolah misalnya surat undangan untuk wali murid menghadiri rapat wali murid. Atau, contoh lainnya misalnya surat pemberitahuan pengambilan rapor.

2. Contoh Surat Resmi Sekolah SMP

Jenjang setelah sekolah dasar dalam struktur pendidikan di Indonesia setelah sekolah dasar adalah sekolah menengah pertama (SMP).

Skalanya yang lebih besar mungkin membuat surat resmi yang dikeluarkan juga semakin banyak.

Surat resmi sekolah SMP biasanya juga tak jauh dari pemberitahuan kegiatan yang dilakukan sekolah.

Misalnya saja, salah satu contoh surat resmi sekolah yang sering dibuat di jenjang SMP adalah surat pemberitahuan dan persetujuan.

Contoh paling sering dijumpai adalah surat pemberitahuan adanya karyawisata. Kegiatan karya wisata yang dilakukan oleh sekolah membutuhkan persetujuan dari orang tua wali murid.

Inilah gunanya adanya surat yang dikirimkan sekolah, yaitu untuk memberitahukan tentang adanya agenda yang akan dilaksanakan serta persetujuan dari orang tua agar siswa boleh mengikutinya.

3. Contoh Surat Resmi MTs

Jenjang pendidikan menengah pertama di Indonesia selain SMP juga ada MTs (Madrasah Tsanawiyah). Madrasah Tsanawiyah ini adalah sekolah setingkat SMP berbasis Islami.

Sama seperti penulisan surat resmi sekolah lainnya, penulisan surat resmi untuk sekolah MTs juga memiliki aturan penulisan dan bahasa yang digunakan.

Sedikit berbeda dengan penulisan surat resmi sekolah lainnya, struktur yang digunakan untuk sekolah MTs terdapat beberapa perbedaan.

Perbedaan yang paling bisa dilihat adalah pada bagian kop surat, dimana di bagian lembaga yang mengeluarkan biasanya bukan Dinas Pendidikan saja, namun juga Kementrian Keagamaan.

4. Contoh Surat Resmi SMA

Surat resmi sekolah tidak selalu berisi tentang pemberitahuan rapat atau permintaan persetujuan untuk mengikuti kegiatan tertentu.

Jenjang SMA yang merupakan jenjang yang lebih tinggi dibandingkan jenjang pendidikan menengah pertama, tentu membuat sekolah harus memberikan perhatian lebih pada siswa siswinya.

Selain pemberitahuan rapat atau pengambilan rapor, contoh surat resmi sekolah lainnya yang dikeluarkan oleh SMA adalah surat pemberitahuan kegiatan belajar.

Surat pemberitahuan kegiatan belajar ini dibuat untuk mengingatkan orang tua agar mengawasi kegiatan belajar anak-anaknya menjelang ujian kelulusan.

Karena bersifat resmi biasanya orang tua akan memberi perhatian pada surat dari sekolah ini.

5. Contoh Surat Resmi SMK

Di Indonesia, selain SMA, ada juga jenis sekolah yang secara khusus sudah mengarahkan siswa pada potensi non-akademiknya, yaitu SMK.

Selain lembaga atau sekolah yang mengeluarkan, contoh surat resmi sekolah SMK juga tidak berbeda jauh dengan surat resmi lainnya.

Sedangkan untuk isi, isi surat resmi untuk sekolah SMA selain tentang kegiatan akademik siswa, permohonan persetujuan, juga biasanya pemberitahuan pelaksanaan praktik lapangan.

Tujuan dibuatnya surat resmi ini adalah untuk mensosialisasikan program sekolah yang berbeda dengan kegiatan sekolah SMA.

Misalnya, yang paling sering ditemui adalah sura dari sekolah yang memberitahukan tentang kegiatan praktek kerja lapangan.

6. Contoh Surat Resmi MAN

Seperti halnya yang dijelaskan sebelumnya, contoh surat resmi sekolah pada MAN juga memenuhi struktur susunan penulisan surat resmi lainnya.

Yang membedakan pada penulisan surat resmi untuk sekolah MAN, lembaga yang mengeluarkan surat adalah Kementrian Keagamaan.

Untuk isi sendiri, isi surat resmi MAN juga seputar kegiatan belajar mengajar yang ada di sekolah maupun kegiatan lainnya.

7. Contoh Surat Resmi Undangan Sekolah

Diantara banyaknya surat resmi sekolah yang ada, surat resmi yang berisi tentang undangan sekolah adalah contoh surat yang paling sering dijumpai.

Surat ini adalah surat yang dikeluarkan oleh sekolah untuk mengajak orang tua siswa untuk melakukan kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

Contoh kegiatan sekolah yang sering diadakan sekolah dan mengundang orang tua siswa misalnya undangan untuk menghadiri pengambilan rapor siswa.

Karena sifat kegiatannya yang resmi, maka surat undangan yang dikeluarkan juga merupakan surat undangan resmi.

8. Contoh Surat Resmi OSIS

Sudah umum diketahui jika OSIS merupakan organisasi di sekolah yang sifatnya resmi. Sebagai organisasi resmi di sekolah, OSIS sering membuat kegiatan-kegiatan yang sifatnya resmi.

Kegiatan yang dilakukan oleh OSIS tidak hanya dibuat untuk siswa-siswi di satu sekolah saja, namun juga antar sekolah bahkan antar daerah.

Karena memiliki agenda yang sifatnya sangat penting dan besar inilah maka setiap surat yang dikeluarkan oleh OSIS merupakan contoh surat resmi sekolah.

Tanda untuk mengetahui apakah sebuah surat masuk dalam kategori surat resmi adalah adanya stempel sekolah resmi yang ada di dalamnya.

Selain itu, di dalamnya pasti ada kop surat yang menjadi karakteristik utama dari surat resmi.

9. Contoh Surat Resmi Undangan Rapat

Yang terakhir adalah surat undangan rapat. Sesuai namanya, surat ini dibuat untuk mengundang pihak lain di luar sekolah untuk mengikuti kegiatan rapat yang diselenggarakan di sekolah.

Penerima surat ini biasanya adalah staf atau guru dari sekolah tersebut. Bisa juga undangan rapat diberikan kepada guru atau kepala dari sekolah lain.

Selain dikirimkan kepada sesama sekolah, surat resmi undangan rapat juga diberikan kepada orang tua wali murid untuk menghadiri rapat di sekolah.

Surat resmi undangan rapat yang diberikan kepada orang tua biasanya ditujukan untuk menghadiri rapat yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar siswa.

Sementara surat resmi undangan rapat yang ditujukan untuk pihak atau instansi lain dibuat untuk tujuan pembahasan kurikulum dan metode pembelajaran di kelas.

Untuk memberikan gambaran lebih pada Anda, Berikut ini adalah contoh surat resmi sekolah yang umumnya dibuat.

PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 28 SURABAYA
Jl. Ir. Soekarno No. 234, Kota Surabaya
Telp. 021-674896
Email: [email protected]


Surabaya, 12 Februari 2019
Nomor: 016/SMAN28/02/2019
Perihal: Pemberitahuan Kegiatan Bimbingan Belajar

Kepada Yth.
Bapak/Ibu/orang tua/Wali siswa
Kelas XII SMA Negeri 28 Surabaya

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan sudah berlangsungnya kegiatan belajar mengajar di tahun ajaran baru serta semakin dekatnya waktu menuju pelaksanaan Ujian Nasional dan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi, Kami mengeluarkan imbauan kepada bapak ibu orang tua wali murid untuk selalu mengawasi kegiatan belajar di sekolah.

Selain itu, guna menunjang kegiatan belajar siswa siswi, SMA Negeri 28 Surabaya juga sudah menyiapkan program khusus. Program tersebut adalah program belajar tambahan di sekolah.

Pelajaran tambahan ini akan dibagi ke dalam dua kategori, yaitu:

1. Intensif persiapan Ujian Nasional
2. Bimbingan Belajar intensif Persiapan untuk Ujian Masuk Perguruan Tinggi.

Berdasarkan hal tersebut, perlu bapak ibu ketahui bahwasannya program intensif menjelang pelaksanaan ujian sudah mulai dilaksanakan sejak minggu pertama awal tahun pelajaran baru.

Program intensif ini juga akan dilaksanakan setiap hari Senin-Kamis setelah jam pelajaran berakhir, yaitu mulai pukul 13.30-15.30.

Berkaitan dengan program intensif bimbingan belajar persiapan untuk ujian masuk perguruan tinggi, dengan ini Kami juga ingin menyampaikan pemberitahuan.

Untuk merancang program dan sosialisasi program tersebut, Kami pihak sekolah ingin mengundang bapak/ibu wali murid untuk hadir dalam rapat bersama wali murid dan dewan guru.

Rapat tersebut Insha Allah akan dilaksanakan pada:

Hari/ tanggal: Sabtu, 16 Februari 2019
Waktu : 09.00- selesai
Tempat: Aula utama SMA Negeri 28 Surabaya
Perihal: pembahasan pelaksanaan program intensif persiapan ujian seleksi masuk perguruan tinggi.

Demikian surat pemberitahuan ini Kami buat. Atas perhatiannya dan kerja sama dari bapak dan ibu wali murid, Kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Hormat Kami,
Kepala SMAN 28 Surabaya

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang surat resmi yang digunakan di sekolah beserta contoh surat resmi sekolah. Dengan penjelasan dan contoh yang sudah diberikan semoga Kamu bisa memperoleh informasi lebih tentang cara membuat surat resmi yang baik dan benar.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.