Tata Cara Sholat Tahajud

Tata cara sholat tahajud – Salah satu sholat yang memiliki keutamaan yang sangat besar adalah sholat tahajud yang telah menjadi ibadah unggulan para salafus sholeh.

Sholat ini merupakan sholat paling utama setelah sholat fardhu lima waktu.

Keutamaan sholat tahajud memang sangatlah banyak dan akan kita jelaskan secara rinci pada poin keutamaan sholat tahajud.

Agar bisa mendapatkan keutamaan sholat tahajud secara sempuna, maka hendaknya memahami dengan baik tata cara sholat tahajud seperti yang diajarkan oleh Nabi shallallahu alihi wa sallam.

Pembahasan mengenai sholat tahajud ini sangatlah banyak, diantara yang perlu dipahami dengan baik ialah niat sholat tahajud, doa sholat tahajud, dan yang terpenting ialah tata cara sholat tahajud yang benar.

Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan satu persatu.

Niat Sholat Tahajud

Salah satu perkara yang yang harus diperhatikan dalam setiap ibadah ialah niat.

Niat bisa mempengaruhi nilai suatu ibadah, bahkan bisa jadi penentu diterima tidaknya ibadah itu di hadapan Sang Pencipta Allah Azza Wajalla.

Demikian juga dengan sholat tahajud, harus dikerjakan dengan niat ikhlas karena mengharapkan ridho Allah semata, bukan karena ingin mendapatkan pujian manusia.

Sholat tahajud mengandung banyak keutamaan bagi orang yang mengerjakannya bila ia menunaikannya dengan niat ikhlas, dan semua keutamaan itu akan lenyap bila pelakunya mengerjakannya karena riya.

Niat sholat tahajud cukup dihadirkan dalam hati dan tidak perlu diucapkan dengan lisan karena niat tempatnya di hati dan tidak perlu diucapkan.

Bila seseorang hendak mengerjakan sholat tahajud dan telah ada keinginan dalam hatinya untuk mengerjakan sholat tahajud karena mengharapkan ridho Allah, maka itulah niatnya.

Keutamaan Sholat Tahajud yang Harus Diketahui

Setiap muslim meyakini bahwa setelah meninggalkan dunia ini, maka ia akan menuju ke alam kubur kemudian selanjutnya akan menuju alam akhirat yang mana hanya ada dua pilihan yakni surga atau neraka.

Kedua pilihan ini akan ditentukan oleh amalannya ketika hidup di dunia.

Untuk itu tidak heran jika setiap muslim berlomba-lomba untuk mempersiapkan kehadiran masa-masa tersebut.

Memperbanyak amalan, menjauhi maksiatan, menjalankan sunah adalah beberapa contoh upaya-upaya yang bisa diusahakan, khususnya oleh Anda.

Keinginan besar untuk bisa meraih ridho dan kemaslahatan hidup mendorong setiap orang untuk selalu melakukan banyak kebaikan karena setiap kebaikan yang ada memiliki keutamaan tersendiri, baik ibadah-ibadah wajib maupun ibadah sunnah.

Salah satu sunnah yang sangat dianjurkan dilaksanakan adalah sholat tahajud.

Mengapa sholat tahajud menjadi salah satu sunnah yang dianjurkan sekali untuk ditunaikan?

Hal itu karena ada banyak sekali keutamaan sholat tahajud. Berikut ini beberapa keutamaan dari sholat tahajud.

1. Sholat paling utama setelah sholat tahajud

Sholat tahajud adalah salah satu sholat sunah yang mungkin saja sering diakui oleh banyak orang sebagai sholat sunah yang sulit sekali untuk ditunaikan.

Hal ini terjadi karena sholat tahajud dilaksanakan pada waktu seperempat hari setelah tidur dan sebelum subuh.

Tidak heran jika sulitnya dalam pelaksanaannya membuat setiap orang bersemangat untuk bisa menunaikannya dan ketika terbangun dari tidur segera mengambil wudhu dan menunaikan sholat tersebut.

Dengan adanya keutamaan sholat tahajud itulah Anda yang merasa susah bangun sebelum subuh bisa membiasakan diri mulai dari sekarang.

Baca Juga:
• Tata Cara Sholat Witir

2. Sholatnya orang-orang shalih

Golongan orang-orang shalih adalah golongan yang selalu diidam-idamkan oleh setiap umat. Shalih artinya patuh dan takwa kepada Allah.

Orang-orang yang percaya dengan kemahakuasaan Allah tentu saja selalu berupaya untuk bisa menjalankan hal-hal yang positif, yang diperbolehkan, dianjurkan dan bahkan diwajibkan oleh Allah.

Dorongan untuk membekali diri dengan hal-hal yang disukai dan dicintai oleh Allah akan membuat seseorang selalu termotivasi untuk memperbaiki diri dan mencapai shalih.

Salah satu yang bisa Anda upayakan adalah dengan menunaikan sholat tahajud karena ada banyak sekali keutamaan sholat tahajud yang bisa Anda raih.

3. Mendapatkan jaminan masuk surga

Surga menjadi salah satu titik yang ingin dicapai oleh setiap orang.

Ketakutan terhadap murka Allah menjadikan setiap orang selalu memiliki keinginan untuk melakukan semua hal yang bisa memberikan kepada dirinya jaminan untuk bisa masuk surga.

Kehidupan yang ada di dunia adalah kehidupan yang fana sedangkan kehidupan setelah kematian adalah kehidupan yang kekal sehingga wajib sekali untuk mempersiapkan masa tersebut.

Nah, salah satu keutamaan sholat tahajud adalah mampu memberikan jaminan kepada Anda bisa masuk surga.

4. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan

Keimanan dan ketakwaan seseorang sangat mungkin sekali mengalami fluktuatif. Artinya, kedua hal tersebut akan naik dan akan turun sesuai dengan kondisi seseorang.

Maka dari itu tidak heran jika upaya-upaya untuk menjauhi kemaksiatan mesti sering dilakukan karena dengan kemaksiatan tersebut maka keimanan dan ketakwaan seseorang tentu juga akan menurun.

Salah satu cara paling efektif untuk bisa kembali meningkatkan keimanan dan juga ketakwaan bagi seseorang adalah dengan menjalankan sholat sunah tahajud.

5. Waktu terbaik untuk mengulangi hafalan Al-Qur’an

Ibadah dalam islam ada banyak sekali macamnya. Ibadah tersebut bahkan sudah terangkum secara jelas dalam rukun islam. Rukun islam yaitu shalat, sholat, puasa, zakat dan haji.

Lima perkara tersebut menjadi rukun yang wajib dilaksanakan oleh setiap orang, kecuali haji karena hanya yang mampu saja yang dianjurkan untuk melakukan hal tersebut.

Selain itu, ada ibadah-ibadah lainnya yang memberi kesempatan kepada Anda untuk bisa mendapatkan pahala yang melimpah dari Allah salah satunya adalah membaca Al-Qur’an.

Bagi beberapa kalangan, membaca Al-Qur’an saja tidak cukup sehingga cara menghafal adalah salah satu cara yang sering ditempuh.

Nah, waktu paling sesuai bagi Anda untuk mengulangi hafalan adalah seusai sholat tahajud sebagai salah satu keutamaan sholat tahajud.

6. Pelakunya mendapatkan ridho Allah

Mendapatkan ridho dari Allah adalah satu pencapaian bagi seseorang yang memang pantas karena segala keinginan yang dikehendaki secara langsung dikabulkan oleh Allah.

Sholat tahajud bisa menjadi sarana bagi Anda yang sedang melakukan hajat, minta petunjuk pada Allah atau mungkin karena hati merasa bimbang karena sesuatu.

Salah satu keutamaan sholat tahajud adalah mampu menghadapi kondisi yang sedang Anda rasakan tersebut.

Semakin sering Anda sholat tahajud, semakin mudah pula Anda meraih ridho dari Allah.

Baca Juga:
• Doa Sholat Hajat

7. Penghapus dosa

Dosa yang dikerjakan oleh manusia ternyata bisa terhapuskan, salah satunya dengan menjalankan sholat sunah.

Keutamaan sholat tahajud yang satu ini wajib Anda kejar dan Anda capai karena dosa yang dilakukan baik sengaja ataupun tidak sengaja akan lebih mudah terhapuskan.

Bagi Anda yang masuk dalam golongan orang-orang yang ingin bertaubat juga dianjurkan sekali untuk membiasakan diri menunaikan sholat tahajud.

8. Sholat yang disukai oleh Allah

Salah satu solat sunah yang disukai oleh Allah adalah sholat tahajud. Hal ini tentu karena perjuangan untuk bisa mendirikan sholat tahajud lumayan besar.

Setiap orang harus mengupayakan dirinya bangun di seperempat malam dan melawan rasa dingin serta kantuk.

Di waktu yang mujarab ini, setiap orang bisa menyampaikan semua keinginan dan sedih pilunya kepada Allah sehingga tangan-tangan kuasa Allah akan dengan cepat menyelesaikan segala situasi buruk yang menimpa seseorang. 

9. Menenangkan jiwa

Jiwa yang tenang, hati yang lapang, kebahagiaan yang hakiki menjadi salah satu tujuan bagi hidup.

Harta bukanlah satu-satunya ketercapaian dalam diri seseorang karena ketenangan jiwalah yang dicari.

Ketika diri merasa tenang maka segala kesulitan dan permasalahan dalam hidup akan dilalui dengan mudah.

Segala kesulitan akan selesai tepat waktu. Semakin tenang jiwa seseorang maka rasa untuk saling bersyukur selalu meningkat dengan mudah.

10. Mendapatkan berbagai kemuliaan

Salah satu keutamaan sholat tahajud yang dicari dan dikejar oleh setiap orang yaitu ingin mendapatkan kemuliaan.

Kemuliaan tersebut sudah tentu akan membuat seseorang dengan mudah meninggalkan kesenangan duniawi dan cenderung mementingkan kehidupan setelah kematian dengan mempersiapkan bekal pahala dan amal salih.

Orang-orang yang dimuliakan oleh Allah adalah orang-orang yang beruntung, orang-orang yang dijamin masuk surga, dan orang-orang yang masuk dalam golongan orang yang salih.

Sudah tentu posisi tersebut menjadi posisi yang sangat ingin dicapai oleh setiap orang.

Sholat tahajud akan memberikan banyak sekali manfaat bagi Anda. Selain manfaat yang bisa Anda dapatkan, keutamaan sholat tahajud juga bisa Anda raih dengan lebih mudah.

Ada banyak sekali keutamanaan tahajud salah satunya adalah bahwa tahajud adalah hal yang terbaik dan Allah menyukai hal-hal yang baik.

Di sepertiga malam tersebut Anda bisa berdoa kepada Allah, meminta pertolongan, memudahkan segala kesulitan sehingga diri Anda akan semakin siap setiap kali mendapatkan masalah.

Baca Juga:
• Tata Cara Mandi Wajib

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.