Contoh Teks Negosiasi Singkat

Contoh Teks Negosiasi – Apakah Kamu pernah mendengar teks negosiasi? Jika biasanya dalam pelajaran Bahasa Indonesia Kamu hanya mengenal teks deskripsi atau narasi, Kamu juga harus tahu contoh teks negosiasi dan bagaimana membuatnya.

Negosiasi sendiri adalah teks yang di dalamnya memuat interaksi untuk mencapai sebuah kesepakatan tertentu antara pihak yang terlibat. Jenis dan contoh teks negosiasi juga sangat beragam.

Kumpulan Contoh Teks Negosiasi Singkat

1. Contoh Teks Negosiasi Jual Beli

contoh teks negosiasi jual beli
kinibisa.com

Contoh teks negosiasi yang paling sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah negosiasi jual beli. Negosiasi antara penjual dan pembeli masuk dalam jenis tuturan langsung.

Pada teks negosiasi jual beli ini juga harus memenuhi struktur, seperti pembuka, isi yang terdiri dari permintaan, penawaran, pemenuhan,persetujuan dan terakhir pembelian.

Meskipun demikian dalam negosiasi jual beli juga ada aturan tidak tertulis yang harus dipatuhi.

Misal salah satunya adalah tidak menawar suatu barang yang juga sedang ditawar pembeli lain.

Untuk memahami lebih baik, tentang teks negosiasi jual beli, berikut adalah contohnya.

Pembeli: “Bu, cabe seperempat berapa?”

Penjual: “15.000 bu”

Pembeli: “Gak bisa kurang bu? 12.000 deh”

Penjual: “Gabisa bu, lagi musim hujan. Cabe susah.”

Pembeli: “Yaudah bu, beli seperempat ya”

Penjual: “ Baik Bu”

2. Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik

Teks negosiasi pemecahan konflik pada dasarnya memiliki struktur yang sama dengan negosiasi jual beli. Ada bagian pembuka, isi dan penutup. Bedanya hanya ada di bagian isinya.

Di bagian isi teks negosiasi pemecahan konflik hanya ada dua bagian dimana yang paling utama adalah bagian pemecahan masalah.

Untuk memahami teks negosiasi satu ini, berikut adalah contoh teks negosiasi pemecahan konflik.

Pak Aman harus bekerja pagi hari dengan menggunakan sepeda motor. Suatu ketika tetangganya merasa terganggu suara mesin sepeda pak Aman.

Tetangga : “Selamat pagi pak, saya ingin berbicara tentang suara sepeda bapak yang mengganggu saat pagi-pagi”

Pak Aman: “Oh iya pak, saya memang harus bekerja pagi-pagi sekali. Jadi kalau menghidupkan motor mungkin mengganggu.

Tetangga: “Iya pak, jadi bagaimana kalau bapak menghidupkan motornya agak jauh dari rumah?”

pak Aman: Baik pak, Kalau begitu mulai besok, saya akan menghidupkan motor di jalan depan gang. Maaf ya pak sebelumnya.”

Tetangga: “Oh tidak apa-apa pak, dan terima kasih atas pengertiannya.”

3. Contoh Teks Negosiasi Gaji untuk Pekerja Baru

Contoh selanjutnya adalah teks negosiasi untuk menyepakati gaji untuk pekerja baru. Dialog negosiasi ini biasanya telah menempuh proses seleksi hingga sampai tahap ini.

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi Gaji secara singkat.

Staff : “Jadi, jika diterima di kantor ini Kamu ingin gaji berapa?”

Calon Karyawan: “ Sesuai dengan kapasitasnya saja Bu. Atau paling tidak sedikit di bawah UMR kabupaten.”

Staff : “Baiklah, untuk saat ini gaji kamu adalah Rp 1.500.000.

calon karyawan “Baik Bu, terima kasih banyak.”

4. Contoh Teks Negosiasi Kenaikan Gaji

Struktur teks negosiasi kenaikan gaji juga sama dengan struktur teks negosiasi lainnya.

Bagian isi dari negosiasi ini harus memberikan persetujuan kenaikan gaji yang diinginkan.

Di bawah ini adalah contoh teks negosiasi kenaikan gaji yang umumnya dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Karyawan : “Mempertimbangkan lama masa kerja saya di perusahaan ini, bisakah saya meminta kenaikan gaji Pak?”

Manager : “Hm… Kamu memang sudah lama bekerja disini. Jika minta kenaikan gaji, Kamu minta dinaikkan berapa?”

Karyawan : “ Kalau bisa kenaikan sebesar Rp 500.000 per bulan.”

Manager : “Oke, nanti akan saya diskusikan dengan divisi HRD dulu.”

5. Contoh Teks Negosiasi Kolaborasi

Antara sesama artis atau pelaku seni juga terjadi negosiasi. Apalagi jika salah satu pihak ngin mengajak artis lain untuk bekerja sama dalam proyek yang dibuatnya

Jika Kamu ingin mengajukan kolaborasi dengan artis lain, mungkin bisa meniru contoh teks negosiasi kolaborasi berikut.”

Artis 1 : “saya kemarin melihat penampilan Kamu di acar ulang tahun stasiun TV. Keren banget deh.

Artis 2: “Ah,, terima kasih. Kamu juga keren banget dancenya.”

Artis 1: “Akhir tahun nanti kita berdua sama-sama mengisi di acara yang sama lagi. Bagaimana kalau kita berkolaborasi?”

Artis 2: “wah boleh, untuk soal lagu bisa kita diskusikan lagi.”

Artis 1: “Baiklah. Terima kasih banyak

6. Contoh Teks Negosiasi Warga dan Investor

Negosiasi yang terjadi antara investor dengan warga terjadi ketika investor melihat ada peluang bagus dari bisnis yang sedang dikembangkan warga di kampung.

Dari hasil negosiasi ini harus terjadi kesepakatan antara warga dan investor, apakah investor akan menanamkan modal pada pengusaha tersebut atau tidak.

Untuk itu, cobalah pahami contoh teks negosiasi warga dan nverstor berikut.

Investor; “Apakah benar ibu yang mengembangkan cup cake kekinian ini?”

Warga: “benar pak. Ini adalah usaha rumahan yang sudah saya jalankan sejak 3 tahun lalu.”

Ivestor : “saya lihat Peluang usaha yang ibu jalankan ini cukup besar. Apa ibu sedang mencari investor untuk mengembangkan usaha ibu ini? Jika iya, ibu bisa mempercayakannya pada saya.”

Warga: “ Benarkah Pak? Kebetulan saya juga sedang mencari investor untuk mengembangkan usaha ini.”

Investor: “Kebetulan sekali. Kalau begitu, apa kita bisa bekerja sama ke depannya?”

Warga: “Tentu saja. terima kasih banyak pak.”

7. Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Rumah

Jika sebelumnya sudah diberikan contoh teks negosiasi dalam hal yang mudah dijumpai sehari-hari, lalu bagaimana dengan jual beli yang lebih besar, seperti rumah misalnya.

Karena sama-sama jual beli, maka negosiasi yang dilakukan juga harus memenuhi tujuan perbincangan, yaitu agar tercapai kesepakatan dari penawaran yang diajukan.

Untuk itulah melalui contoh teks negosiasi jual beli rumah berikut, Kamu akan tahu perbedaan keduanya.

Pembeli: “Apakah benar rumah bapak ini dijual?”

Penjual: “Iya benar.”

Pembeli: “Bapak tawarkan dengan harga berapa?”

Penjual: “Karena ini berada di kawasan strategis, saya tawarkan dengan harga 500 juta.”

Pembeli: “Tidak bisa kurang ya pak? 400 juta bagaimana pak?”

Penjual: “Tidak bisa pak. Ini sudah harga yang sesuai. Rumah ini cukup besar dengan 4 kamar dan 2 kamar mandi. Belum lagi halamannya juga cukup luas. Saya gak berani lepas dengan harga segitu.

Pembeli: “Oh baiklah pak. Terima kasih.”

Penjual: “Sama-sama”

8. Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Mobil

Negosiasi dalam hal jual beli mobil juga biasanya sedikit susah. Hal ini karena pihak pembeli pasti ingin mendapatkan mobil dengan spesifikasi yang mumpuni.

Karena itu dalam negosiasi, pasti akan ditanyakan spesifikasi dan kelemahan dari mobil yang ditawarkan. Seperti dalam contoh teks negosiasi jual beli mobil berikut.

Pembeli: “Saya dengar mobil van bapak sedang ditawarkan untuk dijual, apa benar?”

penjual: “Benar pak. Saya ingin menjual karena saya mau beli mobil tipe lain yang lebih simpel”

Pembeli: “Apa kondisinya masih baik pak?”

Penjual: “Tentu saja pak. Interior masih original, fitur audio video juga sangat lengkap di dalamnya. Mobilnya irit bahan bakar pak. Cocok digunakan untuk keluarga.”

Pembeli: “Hmmm.. benar. Ditawarkan dengan harga berapa ini pak?”

Penjual: “Karena masih dalam kondisi sangat bagus, saya tawarkan 350 juta pak.”

Pembeli: “Apa tidak boleh kurang pak?”

Penjual: “320 juta bagaimana?”

Pembeli: “Oke, deal. Bisa tolong diurus surat menyuratnya pak?”

Penjual: “Baik pak, nanti akan saya urus semuanya.”

9. Contoh Teks Negosiasi Jual Beli HP

Satu lagi negosiasi yang juga sering dilakukan adalah negosiasi jual beli HP. Apalagi HP bekas.

Negosiasi ini biasanya juga akan membahas spesifikasi barang yang ditawarkan sebelum membahas harga.

Perhatikan contoh teks negosiasi jual beli HP bekas berikut agar Kamu paham bagaimana jalannya negosiasi dalam jual beli HP.

Pembeli: “Mas sedang jual HP dengan spesifikasi yang masih bagus?”

Penjual: “ iya mbak. Barangnya masih mulus. Baru dipake 3 bulan sudah bosen. RAM nya 3 GB, memori internal 16 GB bisa ditambah eksternal juga. Lengkap ada box dan charger.”

Pembeli: “Dilepas berapa mas?”

Penjual: “1,5 juta mas. Mau?”

Pembeli: “Kurang dikit lah mas. 1,3 juta gimana?”

Penjual: “Boleh deh mas. Nanti kita langsung ketemu aja biar mas ambil barang sekaligus kasih uangnya.”

Pembeli: “Oke mas, kabari aja nanti kita bisa ketemu dimana.”

Penjual: Oke mas.

10. Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Buku

Ketika melakukan negosiasi jual beli barang habis pakai, sebagai pembeli Kamu harus pastikan kondisi barang yang akan Kamu beli. Tak terkecuali ketika Kamu mau membeli buku.

Seperti contoh teks negosiasi jual beli buku berikut. Jika Kamu bisa memastikan kondisi bukunya, Kamu akan mendapatkan buku dalam keadaan yang masih sangat bagus.

Pembeli : “Mbak ada buku sejarah perkembangan sastra Inggris kuno yang mau dijual ya?”

Penjual: “Iya mbak. Mbak mau angkut?”

Pembeli: “Kondisi bukunya gimana mbak?”

Penjual: “Masih mulus mbak. Buku materi kuliah tahun lalu. Sayang kalau dibuang. Masih utuh dan disampul depan dengan plastik. Jadi keliatan kayak baru.”

Pembeli: “Dilepas dengan harga berapa mbak?”

Penjual: “Mbak kasih harga sendiri aja. Yang masuk akal aja berapa mbak.”

Pembeli: “150 ya mbak? Soalnya saya kemarin cari yang preloved juga harganya masih segitu.”

Penjual : “Oke mbak. Untuk ongkos kirim ke alamat mbak ditanggung mbak ya?”

Pembeli: “Oke deal. Nanti uangnya saya transfer ya mbak.”

Penjual: “Oke saya tunggu. Barang saya kirim kalau uang sudah ditransfer.”

11. Contoh Teks Negosiasi Jual Beli Tanah

Yang terakhir, teks negosiasi ini juga biasa diterapkan dalam praktek jual beli tanah.

Tanah sebagai properti yang paling banyak dicari tentu memiliki nilai jual yang tinggi.

Jika Kamu hendak melakukan transaksi jual beli tanah, mungkin bisa memperhatikan contoh teks negosiasi jual beli tanah berikut.

Pembeli: “apa benar Bapak sedang menawarkan tanah di kawasan puncak untuk dijual?”

Penjual: “Iya benar pak. Bapak mau menawar?”

Pembeli: “Luasnya berapa pak? Ditawarkan dengan harga berapa?”

Penjual: “Luasnya 500m2. Lokasinya strategis pak. 500 juta masih bisa nego dikit kok pak.”

Pembeli: “450 juta gimana pak? Itu sertifikat hak milik kan pak?”

Penjual: “Sudah semua pak, bapak tinggal terima jadi. Tambah dikit lah pak, 460 gimana?”

Pembeli: “Baik pak, saya ambil. Nanti kita bisa ketemu untuk mengurus surat-suratnya.”

Penjual: “Oke pak, kalau surat-suratnya sudah selesai diurus akan saya hubungi. Sebagai jaminan bapak bisa kirim dulu uang mukanya 200 juta bagaimana?”

Pembeli: “Baik pak. Uang mukanya akan segera saya kirimkan.”

Akhir Kata

Nah, itulah tadi beberapa contoh teks negosiasi baik negosiasi jual beli maupun negosiasi lain dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi ini bisa memberi manfaat untuk kamu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.